Saat travelling ke Makasar, Wovger diwajibkan untuk mengunjungi tempat-tempat berikut ini!

Makassar

Kawasan Indonesia Timur memang tidak ada habis-habisnya untuk mempesona para wisatawan dengan berbagai panorama keindahan. Ada banyak wisata pantai dan surga bawah laut yang siap membuat para wisatawan betah berlama-lama.

Salah satunya adalah Makasar. Makasar yang berada di Sulawesi Selatan ini memang memiliki banyak sekali tempat wisata yang berkaitan dengan Pantai dan panorama Bawah laut.

Wovgo akan memberikan beberapa rekomendasi buat Wovger tempat-tempat wisata di Makasar yang sangat layak untuk dikunjungi.

1. Taman Nasional Bantimurung, Sang Kingdom Of Butterflies Yang Menawan.

Taman Nasional Bantimurung

Foto : www.motherandbaby.co.id

Taman Nasional Bantimurung merupakan cagar alam dengan luas 480 km2 yang memiliki begitu banyak koleksi kupu-kupu. Lokasinya sekitar 45 km di sebelah utara Makassar.

Jika Wovger kesini, Wovger akan disambut oleh jutaan kupu-kupu dengan corak-corak menarik nan indah. Taman ini terkenal dengan banyaknya jenis kupu-kupu. Pada 1856 Sir Alfred Wallace mengunjungi tempat ini dan dia menyebut daerah ini sebagai ‘Kingdom of butterflies‘ atau ‘Kerajaan kupu-kupu’).

Selain menikmati indahnya kupu-kupu yang beterbangan, disini Wovger juga bisa berwisata di air terjun Bantimurang. Air terjun dikawasan ini memiliki ketinggian 15 meter. Ada beberapa gua yang dapat Wovger jelajahi di belakang air terjun. Air terjun dan gua ini berada di dalam sebuah hutan tropis yang indah dengan tebing kapur.

Saat mengunjungi tempat ini, Wovger akan benar-benar dimanjakan.

2. Benteng Fort Rotterdam, Napak Tilas Sejarah Kebesaran Gowa-Tallo.

Benteng Fort Rotterdam Makassar

Foto : travel.grivy.com

Benteng ini sebenarnya sudah ada sejak jaman kerajaan Gowa-Tallo. Awalnya dijaman kerajaan Gowa-Tallo, benteng ini diberi nama Benteng Ujung Pandang. Tapi setelah dikuasai Belanda, Benteng ini diganti nama menjadi Benteng Fort Rotterdam dan digunakan sebagai pusat penampungan rempah-rempah di Indonesia bagian timur.

Benteng ini memiliki arsitektur unik, berbentuk seperti penyu atau kura-kura (kalau dilihat dari atas). Disini Wovger bisa jalan-jalan sambil menikmati keindahan bangunan-bangunan tua dan nuansa nyaman di kawasan benteng.

Fort Rotterdam Makassar Indonesia

Foto : Wikipedia

Selain itu, didalam kawasan Benteng Rotterdam ini juga ada museum La Galligo. Didalam museum ini banyak referensi mengenai sejarah kebesaran Makassar (Gowa-Tallo).

Oia, dulu Pangeran Diponegoro juga sempat diasingkan disini. Wovger saat kesini pasti akan menemukan sebuah plang kusam yang akan menunjukan arah penjara Pangeran Diponegoro waktu diasingkan oleh Belanda dulu.

Wovgo sangat merekomendasikan untuk Wovger mengunjungi Benteng ini dikala senja. Matahari senja yang berwarna orage akan menambah eksotisnya penampakan Benteng Fort Rotterdam ini.

3. Pantai Akkarena, Dengan Romantisme Sunset Yang Epic.

Pantai Akkarena Makassar

Foto : hellomakassar.com

Selama ini mungkin Wovger hanya mengetahui Pantai Losari sebagai icon wisata Pantai Di Makasar. Padahal di Makasar juga ada pantai Akkarena yang tak kalah menawannya. Pantai Akkarena hanya berjarak 4 kilometer dari pusat kota.

Saat disini Wovger akan disuguhkan pemandangan laut yang indah. Ada sebuah dermaga yang bisa Wovger telusuri untuk bisa menikmati suasana laut lebih dekat. Dari dermaga ini juga, Wovger bisa menikmati indahnya sunset yang begitu indah.

Ada banyak fasilitas wisata yang bisa Wovger nikmati disini seperti waterfox, fly spot, banana boat, jet sky, kano, dll. Sungguh tempat yang wajib dikunjungi.

4. Pelabuhan Paotere, Menikmati Melihat Langsung Aktifitas Nelayan Bugis.

Pelabuhan Paotere Makassar

Foto : tanpaide.blogspot.com

Jika Wovger ingin melihat bagaimana kapan Phinisi yang terkenal itu, kunjungi saja pelabuhan ini. Paotere adalah suatu pelabuhan perahu yang merupakan salah satu pelabuhan rakyat warisan tempo doeloe yang masih bertahan dan merupakan bukti peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo sejak abad ke-14 sewaktu memberangkatkan sekitar 200 armada Perahu Phinisi ke Malaka.

5. Pulau Samalona, Pulau Wisata Yang Mempesona.

Pulau Samalona Makassar

Foto : jalanjalanyuk.com

Wisata laut di Makasar memang sangat epic. Salah satu keindahan laut yang sangat menawan dengan pantai pasir putih dan airnya yang jernih adalah laut disekitar Pulau Samalona ini. Disini Wovger akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat keren.

Wovger bisa menikmati berjalan-jalan menyusuri pulau sembari menikmati indahnya pesona pulau. Buat Wovger yang menyukai dunia bawah laut, Wovger bisa melakukan snorkling juga disini. Yang tentu saja keindahan bawah lautnya itu bener-bener edan dech.

Untuk menuju kesini, Wovger bisa menyewa perahu motor dari dermaga Pantai Losari atau dari dermaga Benteng Rotterdam dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

6. Pantai Losari, Sang Icon Wisata Pantai Makasar

Pantai Losari Makassar Sunset

Foto : jayanjayan.com

Jika bicara Pantai Losari, yang ada dibenak adalah trand mark tulisan “PANTAI LOSARI” yang besar dan pesona sunset yang petttjjjaaahhh abies. Wovger pasti sangat ingin menikmati sunset di pantai Losari ini.

Pantai ini sudah sangat terkenal dikalangan pecinta travelling. Jadi jika Wovger berkunjung ke Makasar, jangan sampe melewatkan berwisata ke Pantai ini.

7. Pulau Kayangan, Alternatif Lain Pulau Wisata Yang Masih Mempesona Tentu Saja.

Pulau Kayangan Makassar

Foto : panduanwisata.id

Selain pulau Samalona yang menjadi sebuah Pulau Wisata, Makasar juga mempunyai Pulau Kayangan yang tidak kalah indahnya. Disini Wovger bisa menikmati berwisata dipulau yang begitu indah dengan pemandangan laut yang luar biasa.

Saat Wovger kesini, dipesisir barat pulau kayangan yang menghadap kelaut lepas, Wovger bisa melihat laut biru dan sunset disore hari yang sangat epic.

Sementara di sebelah timur, pulau ini berhadapan langsung dengan pelabuhan Makassar, jadi Wovger bisa menyaksikan aktifitas kapal serta gemerlap lampu pada malam hari yang sangat mempesona.

8. Tanjung Bira, Keindahan Pantai Di Selatan Makasar.

Tanjung Bira Makassar

Foto : rianytam.wordpress.com

Sebenarnya Tanjung Bira letaknya cukup jauh dari kota Makassar. Jaraknya kurang lebih sekitar 200 km di selatan Makassar. Tapi pesona keindahan di Tanjung Bira ini, sangat sayang untuk Wovger lewatkan.

Disini Wovger akan disambut dengan indahnya pemandangan pasir putih yang begitu lembut dengan air lautnya yang sangat jernih. Kawasan ini sangat memanjakan bagi Wovger yang hobby menikmati panorama bawah laut. Di Tanjung Bira, Wovger bisa melakukan aktivitas diving dan snorkeling.

9. Taman Laut Nasional Taka Bonerate, Surga Bagi Para Pecinta Diving.

Taman Laut Nasional Taka Bonerate Makassar

Foto : www.likethisadventure.co.id

Wovger adalah seorang penggemar diving, tentu saja ini adalah spot wajib untuk dikunjungi. Taman laut ini terletak di Kota Benteng, Kepulauan Selayar. Taman Laut Taka Bonerate adalah kawasan terumbu karang (atol) yang terluas di Asia Tenggara dengan tingkat biodiversitas yang sangat tinggi. Taman Laut Taka Bonerate menjadi tempat tinggal bagi sekitar 242 spesies karang, 526 spesies ikan karang berwarna-warni dan 112 spesies alga makro.

Taman Laut Nasional Taka Bonerate Makassar

Foto : www.triptrus.com

Tentu saja pemandangan bawah lautnya terlihat begitu indah dengan berbagai biota laut yang ada. Jika Wovger beruntung, kalian bisa juga menjumpai lumba-lumba, bahkan hiu dan paus. Oia, untuk menyelam disini Wovger harus mengantongi ijin dari Balai Taman Nasional dulu yah. Sangat direkomendasikan untuk menyelam diantara bulan April-Mei.

***

Makasar masih memiliki banyak sekali pesona tempat wisata yang tidak akan habis untuk diexplorasi. Ada banyak pantai dan pulau-pulau yang masih belum bisa Wovgo sebutkan. Buat Wovger yang ingin menambahkan bisa menambahkan di komentar yah. Yok, sama-sama lestarikan wisata alam kawasan timur Indonesia.