Saat Wovger ke Semarang, kalian wajib mengunjungi 10 destinasi berikut ini

Semarang Sumber Foto : blog.tukangmakan.com

Wovger pasti tau kota Semarang donk. Semarang sering banged masuk acara misteri, terutama Lawang Sewunya. Tapi dibalik ketenaran mistiknya Lawang Sewu, ada banyak hal mnarik lho yang ada di Semarang.  

Semarang adalah ibukota provinsi Jawa Tengah dan merupakan kota Metropolitan terbesar kelima di Indonesia. Kota ini sangat layak untuk Wovger explorasi karena ada banyak banged hal-hal menarik yang siap membuat Wovger terpesona.

Ada banyak destinasi yang bisa Wovger kunjungi. Tapi Wovgo akan merekomendasikan beberapa tempat yang sangat wajib dikunjungi saat Wovger ke Semarang.

Masjid Agung Jawa Tengah, Tempat Asik Dan Menawan Untuk Sholat Berjamaah.

Masjid Agung Jawa Tengah

Foto : www.skyscrapercity.com

Wovger pasti tidak akan mau melewatkan untuk bisa sholat jamaah di Masjid Agung Jawa Tengah ini. Selain bisa beribadah, Wovger juga akan dimanjakan dengan arsitektur yang sangat epik.

Arsitekur Masjid ini sangat unik. Ada campuran gaya arsitektur Jawa, Islam, dan Romawi. Gaya Romawinya sangat kentara dari 25 pilar yang dibangun dipelataran. Gayanya menyerupai Colloseum Roma.

Masjid Agung Jawa Tengah ini dibangun diatas tanah 10 hektar. Masjid ini dibangun pada tanggal 6 September 2002, dan diselesaikan pada 14 November 2006.

Suasana di Masjid ini juga sangat nyaman. Kalo sudah waktunya sholat, bisa segera merapat kesini nih.

Lawang Sewu, Mempesona Dengan Suasana Mistisnya.

Lawang Sewu Semarang

Foto : trendezia.com

Lokasi lawang sewu tepat persis dijantung kota Semarang. Wovger jangan sampai dech melewatkan mengunjungi tempat ini. Tempat ini merupakan gedung bersejarah yang ada di Semarang. Dulunya gedung ini pernah digunakan sebagai gedung pemerintahan dan pusat kantor kereta api. Selain bentuk arsitektur kuno nan indah, gedung ini juga memiliki keunikan yang tidak boleh Wovger lewatkan. Seperti namanya, gedung ini memiliki pintu yang sangat banyak. Disini juga dipajang foto-foto arsitektur bangunan tempo dulu, dan yang tidak kalah menarik adalah penjara bawah tanah yang fenomenal.

Di area Penjara Bawah Tanah inilah yang konon terkenal paling angker. Wovger bisa coba uji nyali nih disini.

Menikmati Arsitektur khas Tiong Hoa Di Klenteng Sam Po Kong.

Klenteng Sam Po Kong Semarang

Foto : myhotelmyresort.com

Klenteng Sam Po Kong Semarang

Foto : myhotelmyresort.com

Wovger ingin menikmati suasana tiongkok saat jaman kerajaan? Bisa coba dech melipir ke Sam Po Kong. Arsitektur Klenteng Sam Po Kong sangat kental sekali dengan gaya tiongkok di masa-masa kerajaan. Saat berkunjung kesini, Wovger akan disambut oleh Patung Laksamana Cheng Ho setinggi 10 meter yang didatangkan langsung dari Cina.

Kompleks Pecinan, China Town Ala Semarang.

Kompleks Pecinan Semarang

Foto : www.sewamobilsemarang.org

Wovger saat kesini pasti seperti merasakan berada di setting film nya Jackie Chan. Kompleks pecinan ini seperti China Townnya Semarang. Di kawasan ini sangat kental sekali dengan budaya tionghoa atau Cina.

Disini Wovger bisa menikmati berjalan-jalan sambil merasakan atmosfer kental budaya Cina. Wovger juga bisa mengunjungi Klenteng-klenteng dengan nilai historisnya masing-masing.

Setiap Jumat, Sabtu dan Minggu, Wovger bisa mendatangi Waroeng Semawis. Ini merupakan festival kuliner dikawasan pecinan yang berlokasi di gang Warung Pecinan. Festival ini hadir mulai pukul 18.00 hingga tengah malam.

Ada banyak makanan yang ditawarkan disini. Mulai dari makanan khas Semarang sperti lumpia, hingga makanan khas oriental atau China Food.

Kota Lama atau Kota Tua, Sang Little Netherland Yang Mempesona.

Kota Lama Semarang

Foto : www.yukpiknik.com

Tempat ini menjadi destinasi wajib buat Wovger yang menyenagi hal-hal berbau historikal. Disini ada banyak bangunan lama dengan arsitektur khas Eropa. Di Kota Tua ini Wovger juga bisa melihat kanal-kanal air yang masih ada hingga kini. Hal inilah yang menjadikannya dijuluki “Little Netherland”.

Ada banyak bangunan seperti Stasiun kereta Api Tawang, Nilmij, Marba, Taman Sri Gunting, Gereja Gedangan, Marabunat dan De Speigel yang memperlihatkan gaya arsitektur Eropa pada abad 17. Tapi ada Landmark yang cukup menarik disini yaitu Gereja Blenduq, sebuah bangunan berusia lebih dari 2.5 abad.

Pantai Marina, Memberikan Vitamin Sea Saat Berwisata Di Semarang.

Pantai Marina Semarang

Foto : ransel.club

Berada di dekat pesisir utara Jawa, menjadikan Semarang memiliki beberapa spot pantai yang menarik. Salah satunya adalah Pantai Marina.

Disini Wovger bisa menikmati suasana pantai ditepian pantai dengan nyaman, karena ada banyak pohon-pohon yang membuat kondisi menjadi teduh. Wovger juga bisa melakukan jogging disini karena ada track jogging yang bisa Wovger pakai.

Tapi sayangnya pantai ini kurang recomended jika Wovger ingin bermain air. Jika Wovger ingin bermain air, Wovger bisa mengunjungi Pantai Maron atau Pantai Tirang. Di kedua pantai ini, airnya cukup jernih dengan bibir pantai yang landai. Jadi sangat nyaman untuk bermain air.

Pagoda Buddhagaya Watugong, Menjadikan Wovger Berasa Di Film Kera Sakti.

Pagoda Buddhagaya Watugong Semarang

Foto : djurnal.com

Pagoda dan Vihara Watugong merupakan tempat ibadah bagi saudara kita yang beragama Budha. Wovger disini akan sangat terpesona dengan bangunan pagoda yang indah dengan ornamen epik.

Pagoda ini adalah pagoda tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 45m. Pagoda ini terdiri dari tujuh tingkat. Setiap tingkat memiliki patung Dewi Kwan In berjumlah 4 buah dan menghadap keempat penjuru.

Wovger bisa nih foto-foto disini sambil memakai cosplay Kera Sakti.

Air Terjun Kali Pancur, Mempesona Dengan Pemandangan Alam Yang Epic.

Air Terjun Kali Pancur Semarang

Foto : hellosemarang.com

Sebenarnya ada beberapa wisata alam terutama air terjun yang ada di Semarang. Tapi air terjun ini menjadi yang paling recomended karena medannya yang lebih bersahabat dan pemandangannya yang petttjjjaaahhhh abies.

Untuk menuju kawasan air terjun, Wovger harus menyusuri tangga dengan pemandangan sekitaran yang begitu asri. Sesampainya di lokasi bersiaplah menganga karena air terjun ini terlihat begitu indah. Disini Wovger bisa juga berfoto ria, karena ada banyak spot photogenic yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Jika Wovger menginginkan sesuatu yang lebih extream, Wovger bisa mengunjungi wisata air terjun Curug Benowo yang memiliki medan dan jalur trackking yang lebih memacu adrenalin.

Bercengkrama Dengan Kawanan Kera Di Goa Kreo.

Goa Kreo Semarang

Foto : kotawisataindonesia.com

Konon kabarnya Goa Kreo merupakan petilasan Sunan Kalijaga saat mencari kayu jati untuk membangun Mesjid Agung Demak. Disini ada banyak kera yang berkeliaran dan bisa Wovger ajak bercengkrama.

Selain bercengkrama dengan kawanan kera ini dan berjalan-jalan menyusuri kawasan ini sembari menikmati keindahan alamnya, disini Wovger juga bisa menikmati pesona waduk Jati Barang.

Simpang Lima Semarang, Bersenang-senang di Pusat Keramaian Warga Semarang.

Simpang Lima Semarang

Foto : Wikipedia

Belum lengkap rasanya jika ke Semarang tapi tidak mampir ke Simpang Lima. Simpang Lima merupakan pusat keramaian kota Semarang. Simpang lima ini merupakan pertemuan dari lima jalan yang menyatu, yaitu Jl. Pahlawan, Jl. Pandanaran, Jl. Ahmad Yani, Jl. Gajah Mada dan Jl A Dahlan. Di sekitarnya berdiri hotel-hotel berbintang dan pusat-pusat perbelanjaan yang bisa Wovger kunjungi.

Ditengah-tengah kawasan terdapat alun-alun atau lapangan luas yang disebut Lapangan Pancasila. Disini menjadi area terbuka umum, dimana menjadi tempat nongkrongnya orang Semarang.

Oia, jika Wovger ingin kesini disarankan saat malam hari. Karena saat siang hari, Semarang akan sangat panas dan tentu saja dimalam hari suasana yang dihadirkan Simpang Lima akan lebih mempesona.

***

Inilah spot-spot yang wajib Wovger kunjungi jika berkunjung ke Semarang. Jangan lupa memberikan rekomendasi lain di kolom komentar supaya kita bisa sama-sama mengexplore tempat wisata lain di Semarang.

Foto utama : blog.tukangmakan.com