Hidup memang seperti jalan raya seringkali kena macet, tapi dengan strategi ini kamu bisa lebih siap menghadapi “kemacetan” dalam hidup

semangat Sumber Foto : ipoenkgraphic.deviantart.com

Hidup penuh liku-liku ada suka ada duka~~

Benar, kayak yang dilagu. Kalau nggak ada lika liku bukan hidup namanya. Hari ini menyenangkan besoknya nangis bercucuran. Sekarang lancar dua hari ke depan penuh hambatan.

Gitu terus nggak berhenti, tinggal gimana kita menjalani hidup. Duh dalem…

Nah buat kamu yang lagi dirundung masalah dan mengalami jalan buntu, Wovgo kasih strategi yang sip supaya kamu nemu jalan keluar.

1. Mengalami jalan buntu, cobalah curhat pada yang terdekat.

Semua orang tentu mengalami masalah atau hambatan dalam hidupnya. Tapi itu bisa dilancarkan kembali dengan jalan berbagi. Cobalah sharing dengan orang lain, atau kerabat terdekat.

Dengan bercerita pada yang terdekat, Wovger bisa mencari solusi atau bersama-sama mencari solusi atas hambatan yang sedang dihadapi. Beban mental yang kamu rasa akan terasa lebih ringan loh.

Ingat! Memendam bukan solusi, yang ada jadi bom waktu bagi kestresan kamu.

2. Jangan biarkan kamu menjadi emosional.

Perasaan dan sikap emosional seringkali muncul dari alam bawah sadar. Emang udah sifat alami manusia namun jangan biarkan ini berlarut-larut.

Emosional akan menambah ruwetnya hambatan sekaligus nggak segera memecahkan masalah.

Diperlukan kemampuan dan kesiapan mental dalam menghadapi segala hambatan yang silih berganti.

Solusinya ada pada diri Wovger sendiri, menahan atau justru meledak-ledak. Hal ini sulit dikontrol tapi nggak ada salahnya untuk mencoba tak sering emosi dalam menghadapi kesulitan. Jangan biarkan amarah menggelapkan hati nuranimu.

3. Buatlah suatu keputusan untuk menuntun ke jalan keluar.

Hambatan emang selalu datang disaat yang tak terduga. Belum selesai yang satu muncul yang lain.

Pastikan Wovger menetapkan satu keputusan untuk membantu mengarahkan ke jalan keluar. Benang kusut harus dicari ujungnya tapi kadang dipotong di tengah, juga bisa jadi solusi yang lebih instan.

Setelah kamu menetapkan tujuan dan putusan, jangan lupa untuk komitmen. Hal ini mungkin cara yang klasik tapi tanpa komitmen, keputusanmu juga nggak akan sepenuhnya jalan.

Keputusan bisa jadi solusi sementara untuk menghadapi masalahmu. Jadi jangan segan-segan untuk berpikir jangka panjang, persiapan naik level terhadap hambatan yang akan datang.

4. Sisihkan waktu untuk sekadar merenung.

Merenung bukan tidur atau diam saja tanpa berpikir, justru itu adalah ajang untuk mencari jawaban.

Wovger bisa melakukan percobaan ketika mengalami hambatan dengan cara merenung selama 48 jam ke depan. Coba di-flashback apa yang bikin kamu terhambat. Setelah itu cobalah mencari solusi dengan menghilangkan kata-kata “Saya harus…”, gantilah menjadi “Saya memilih untuk…”

Dibandingkan dengan “Saya harus menjadi orang yang sukses” lebih baik berkata “Saya memilih untuk mulai menabung dan mulai melamar pekerjaan”. Hal ini lebih sederhana dan meringankan bukan?

Cenderung lebih ada tindakan daripada sekedar mengatakan “Saya harus…”. Kamu jadi bisa mengontrol diri kamu dan lebih spesifik dalam meraih cita-cita yang diinginkan.

Merenung banyak caranya, dan ini salah satu cara agar kamu bisa dapetin solusi yang lebih cepat. Jangan lupa juga untuk mencatat segala pilihan kamu agar lebih sistematis.

5. Selalu Upgrade kemampuan dan skill kamu.

Wovger nggak pernah tau persoalan macam apa yang akan datang, kamu hanya bisa meraba dan mulai mengisi kekosongan dengan cara belajar sesuatu.

Contohnya, sering ikutan seminar, pelatihan-pelatihan, mantengin video tutorial di YouTube, baca-baca tulisan kayak gini. Siapa tau karena kamu udah punya wawasan tambahan, masalah kamu cepet kelar deh.

Peningkatan skill juga nggak selamanya dibarengi dengan masalah yang hadir, tapi nggak ada salahnya kamu mencoba menambah ilmu.

Aplikasi aja di-upgrade terus, masa iya kamu enggak?

6. Traveling menjadi alternatif yang pas untuk menjernihkan pikiran.

Kalau Wovger udah melakukan yang Wovgo anjurkan dan nggak kunjung dapat pencerahan, bersemedilah di Gua.

Gua yang dimaksud adalah Gua yang keren bisa dijadikan ajang selfie alias bersenang-senang. Iya, hiburlah diri kamu dengan travelling. Kaburlah sejenak dari segala hambatan, nggak ada salahnya untuk menanggalkan masalah sementara.

Yakinlah, inspirasi nggak hanya datang dari satu tempat, bisa aja ketika kamu berlibur justru jalan keluar datang di sela-sela hari yang menyenangkan.

****

Tetaplah menjadi orang yang berjiwa positif ya…

Image credit ipoenkgraphic.deviantart.com