Travel Blogger, Pahlawan Pariwisata Tanpa Tanda Jasa

Marischka Prudence

Kalo bicara tentang Indonesia, kita sama-sama setuju lah ya Indonesia itu keren banged. Pesona keindahan wisata, budaya dan kuliner indonesia emang udah sampe kekelas dunia. Banyak wisatawan-wisatawan dari luar negeri yang sudah sangat terpikat dengan kekayaan Wisata, Budaya, dan Kuliner Indonesia.

Tapi pernah gak sih Wovger berfikir, gimana sih para wisatawan asing ini bisa sampe tau pesona keindahan ini. Atau gimana proses promosi spot-spot wisata baru di Indonesia yang selama ini belum terjamah. Selama ini yang kita tau yah proses promosi ini dilakukan oleh pemerintah, atau artis terkenal yang dijadikan duta wisata gitu. Tapi pernah tau gak si kalian gaes, bahwa ada para Travel Blogger yang ikut turut andil dalam mempromosikan hal-hal keren di Indonesia ini.

Tak banyak yang tau bahwa selama ini Travel Blogger cukup berperan aktif dalam promosi pesona wisata Indonesia ini. Mereka menulis segala hal mengenai Indonesia yang akhirnya dibaca oleh para turis lokal atau manca negara ini sebagai acuan untuk mengexplorasi Indonesia. Bisa dibilang Travel Blogger inilah malahan yang menjadi ujung tombak promosi pariwisata Indonesia.

Ada banyak Travel Blogger populer di Indonesia yang menulis segala kekayaan wisata Indonesia. Wovgo akan menunjukan beberapa Travel Blogger ini yang sudah berjasa menjadi pahlawan dalam hal promosi tentang Indonesia.

1. Marischka Prudence (marischkaprudence.blogspot.co.id)

Marischka Prudence

Foto : marischkaprudence.blogspot.com

Pemilik web blog ini adalah Marischka Prudence. Dulunya dia adalah seorang pembaca berita, tapi setelah meninggalkan dunia jurnalistik, ia akhirnya lebih banyak menulis didalam blog pribadinya.

Web blog ini membahas banyak hal tentang hobby Marischka dalam mengexplorasi banyak tempat wisata termasuk Indonesia. Oia, Marischka juga cukup terkenal dikalangan pengguna instagram. Di akunnya @Marischkaprue, ia sering memposting fotonya dengan aktivitas Yoga disemua tempat yang ia datangi. Terakhir follower instagramnya dia sudah mencapai 55.6k.

2. Trinity (naked-traveler.com)

trinity naked traveler

Foto : trinity naked traveler

Wovger perlu mengacungi jempol perempuan ini dengan kenekatannya dalam melakukan travelling. Awalnya, perempuan ini hanya nekat melakukan berbagai perjalanan tanpa modal yang banyak. Sampai akhirnya dia mendokumentasikan perjalanannya itu dalam blog sejak 2005.

Dari blognya ini juga, dia akhirnya mampu menerbitkan buku serial The Naked Traveler sejak 2007 hingga saat ini. Konon kabarnya bukunya juga akan diangkat sebagai film layar lebar.

3. Barry Kusuma (www.alambudaya.com)

Barry Kusuma

Foto : wego.co.id

Selain sebagai seorang Travel Blogger, dia juga seorang fotografer. Dia sering mengunjungi tempat-tempat unik di Indonesia dan mengabadikannya dalam foto dengan hasil jepretan yang sangat pro. Selain berbicara tentang kegiatan travelling di Indonesia, di web blog pribadinya dia juga sering memberikan tips fotografi.

Selain membaca tulisannya, Wovger juga bisa menikmati hasil jepretannya di akun instagram atau flickrnya yang lebih lengkap.

4. Dina & Ryan (duaransel.com)

Dina & Ryan Dua Ransel

Foto : Duaransel

Mereka berdua merupakan pasangan suami istri yang tidak punya tempat tinggal tetap. Mereka hingga saat ini sudah mengelilingi lebih dari 40 negara. Di webblog pribadi mereka banyak diceritakan banyak hal tentang travelling mulai untuk kawasan Indonesia atau negara-negara diluar negeri lain. Banyak tips yang sering mereka bagikan juga. Selain itu, buat para pembacanya juga diberi kesempatan untuk merequest kartu pos dari negara-negara tertentu. Wovger bisa coba request tuh.

5. Ariev Rahman (backpackstory.me)

Ariev Rahman

Foto : Lostpacker

Ariev pada dasarnya adalah seorang karyawan swasta. Tapi disela kesibukannya menjadi seorang karyawan, dia selalu menyempatkan diri untuk bisa melancong terutama mengexplorasi Indonesia. Ariev yang sering melemparkan guyonan, menunggu presiden mengangkatnya menjadi mentri pariwisata.

Diblognya, Ariev bercerita banyak hal tentang tips travelling dan hal-hal pendukung lainnya. Oia, dia juga sudah menerbitkan beberapa buku.

6. Bowie Holiday (traveljunkieindonesia.com)

traveljunkieindonesia

Foto : Facebook The Travel Junkie

Jika membuka webnya, Wovger pasti tidak percaya jika ini adalah milik orang Indonesia. Tapi percayalah web blog ini adalah milik orang Indonesia. Bowie resmi menulis di traveljunkie sejak 2010. Agak sedikit berbeda dengan blog yang ditulis Travel Blogger Indonesia kebanyakan, Bowie menuliskan blognya dengan menggunakan bahasa inggris.

Tapi walaupun menggunakan bahasa Inggris, dia tak lupa membahas berbagai tempat wisata Indonesia juga. Mungkin dengan cara seperti ini juga yang akhirnya bisa memberi tau banyak orang asing mengenai pesona keindahan di Indonesia.

7. Amalla Vesta (theswankytraveler.com)

Amalla Vesta

Foto : Instagram

Amalla Vesta juga menuliskan blognya dengan bahasa Inggris. Disini dia banyak sekali membahas berbagai pengalaman perjalanan yang dia alami terutama di Indonesia dan berbagai tempat lain didunia. Seperti pada umumnya, disini Amalla Vesta membahas berbagai hal tentang tips travelling dan berbagai hal penunjangnya.

***

Masih ada banyak lagi sebenarnya Travel Blogger di negeri ini yang cukup berpengaruh. Tapi setidaknya kita sekarang sama-sama tau bahwa orang-orang semacam merekalah yang menjadi ujung tombak promosi pariwisata di Indonesia dan kita cukup layak menyebut mereka sebagai pahlawan dalam bidang yang mereka kerjakan. Oia jika Wovger tau Travel Blogger lain, bisa ditambahkan di komentar yah.