Jangan di rumah aja! Jelajahi kuliner khas Jawa Timur yang bikin kamu terlena

Lontong Balap

Meskipun bukan acara kuliner tapi Wovgo merasa wajib banget memberikan referensi tentang kuliner daerah, yang pastinya nggak ada duanya.

Entah itu kamu udah pernah mencoba atau belum, yang penting diasikin aja deh.

So, cuma di daerah Jawa Timur aja bakal kamu temui kuliner macam ini.

1. Nasi Krawu.

Nasi Krawu

Foto : www.tokomesin.com

Sayang banget kalau kamu datang ke Gresik tanpa sempat menjajal penganan bernama Nasi Krawu ini.

Nasi Krawu merupakan perpaduan yang supersip antara nasi putih pulen yang pastinya masih hangat dengan daging suwir bumbu, jeroan sapi, serundeng dua macam warna  (ada yang warna rada kuning ada yang kecoklatan) dan sambal terasi mahapedas.

Dikemas dalam sebuntal daun pisang alias dipincuk, jadi dibikin kayak segitiga gitu daunnya. Harganya sekarang Rp 12.500 sampai 15.000, hmmm…kapan lagi kamu coba kuliner yang satu ini.

Nasi Krawu paling pas dikonsumsi ketika sarapan. Jangan ragu untuk berkeliling kota dan berburu kuliner yang satu ini, ya!

2. Lontong Balap.

Lontong Balap

Foto : resepmasakantop.com

Lontong yang satu ini, bisa kamu temui di Kota Surabaya tapi tak jarang ada di kota Sidoarjo atau Gresik. Biasa, kuliner juga bisa nomaden.

Dinamakan lontong balap karena adanya mitos yang mengatakan kalau dulu si penjual menggunakan pikulan untuk menjajakan dagangannya. Lantaran berat, si penjual akhirnya berjalan tergesa-gesa seolah-olah seperti sedang balapan.

Lontong balap terdiri dari potongan lontong, tahu goreng kemudian disiram kuah taoge atau kecambah. Oh ya, jangan lupakan Lentho-nya, berbahan dasar kacang merah kecil-kecil dicampur teri berbumbu. Bentuknya bulet-bulet garing. Harganya juga enak dikantong sekitar Rp. 8000 sampai 10.000.

3. Tahu Campur.

Tahu Campur

Foto : resephariini.com

Kamu bisa temukan di daerah Jawa Timur sepanjang Lamongan, Surabaya, Gresik dan Sidoarjo. Kadang di Mojokerto juga ada namanya ‘Tahu Campur Lamongan’. Bingungkan? Sama.

Meskipun menjadi ambigu, makanan yang satu ini tetap disatu tempat adanya cuma di Jawa Timur.

Kudapan ini seharga Rp 9000 sampai Rp 12.000, aksesorisnya terdiri dari daging sapi sebutannya Kikil, sayur selada, kecambah atau taoge, mie kuning, tahu goreng, terus disiram kuah kaldunya si Kikil dan nggak bisa disebut Tahu Campur kalau nggak ada perkedel singkong. Perkedel dari singkong? Penasarankan, segera icip-icip deh ya..

4. Rujak Cingur.

Rujak Cingur

Foto : dapuranda.com

Kuliner yang satu ini khasssss banget. Asalnya dari Kota Surabaya tapi sekali lagi sering nomaden dimana-mana, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto.

Hal ini ada pengaruhnya sama jarak kota-kota tersebut, karena deketan sama Surabaya. Bahan bakunya pun akhirnya nggak jauh-jauh dari situ. Terutama bahan utamanya yaitu petis.

Kalau kamu mampir Kota Sidoarjo jangan lupa oleh-oleh petis darjo-nya, sering banget digunakan Rujak Cingur.

By The Way, Rujak Cingur adalah makanan yang cukup unik. Campuran antara rujak manis dan gurih dari cingur dan gorengan tahu tempe. Tapi jangan bayangkan akan disiram bumbu rujak gula merah ya.

Detailnya, Rujak Cingur ini terdiri dari Cingur sapi (mulut sapi), identik sama hidungnya si sapi yang udah dimasak gitu, tahu tempe goreng, lontongnya jangan lupa, sayur mayur yang udah dikukus seperti kangkung, kecambah, mentimun. Mentimun ini ada dua jenis mentimun, yang udah di kukus sama yang masih mentah. Serta kumpulan buah-buahan segar seperti bengkuang, nanas, dan mangga muda.

Pokoknya tumpah ruah banget, habis itu disiram deh sama bumbu petis ulek yang rasanya lezat banget. Uniknya lagi kamu bisa pesen dalam dua jenis sebutan, Matengan atau Campur. Kalau Matengan itu tandanya tanpa buah-buahan dan timun mentah sedangkan Campur ya campur semuanya.

Meski porsinya yang kelihatannya banyak tapi harganya nggak lebih dari Rp 20.000, mulai dari Rp 8000 kalau kamu lagi di daerah Gresik atau Sidoarjo hingga Rp 17.000 kalau kamu mampir ke Surabaya.

5. Lontong Kupang.

Lontong Kupang

Foto : citraaisyah.blogspot.com

Bukan anak Sidoarjolah kalau nggak tau yang namanya Lontong Kupang. Perpaduan antara Lontong dan Kupang diimbuhi kuah kaldunya si Kupang. Ditambah lagi Lentho yang diremas terus ditaburin diatasnya.

Kupang itu sejenis kerang yang mini sekali, seukuran beras jadi kalau disajikan bentuknya kayak segenggam beras yang dikuah-in.

Pasangan si Lontong Kupang ini biasanya sate kerang pedas, duh lumer di mulut pokoknya. Harganya juga tergolong murah Rp 8000 loh…

6. Brem…Brem bukan suara motor tapi jajanan asli Madiun.

Brem Madiun

Foto : berrykitchen.com

Setelah muter-muter di kota Surabaya dan sekitarnya, beralih ke agak jauhan yaitu Kota Madiun.

Madiun punya seabrek makanan yang hits banget di lidah kamu. Kalau kamu jalan-jalan kesana pastikan mencicipi kudapan Brem Madiun ya.

Jajanan ini nggak bikin kenyang tapi enak buat cemilan di siang hari. Pasalnya, ada sensasi dingin dan meleleh waktu kamu lahap.

Warna originalnya yang kuning terbuat dari fermentasi tape berhasil jadi pusat perhatian wisatawan yang berkunjung ke kota Madiun.

Dalam sekotak, biasanya isi 5 potong  dihargai Rp 6000 sampai Rp 7000 tergantung rasanya. Ada rasa original, coklat dan strawberry.

7. Rujak Soto.

Rujak Soto

Foto : resepmasakan14.blogspot.com

Orang Banyuwangi jagoannya Rujak Soto. Emang demen banget menggabungkan dua makanan sekaligus.

Selain Rujak Soto ada Pecel Rawon dan Buntut Rawon. Hayo loh…

Jangan mendadak heran, karena bayanganmu yang aneh-aneh itu akan tergantikan dengan rasanya yang out of the box. Uu-wee-nak!

Rujak bisa jadi campuran berbagai makanan, asin maupun manis, seperti halnya Rujak Cingur. Bahkan bisa ‘dikawinkan’ sama makanan berkuah kuning soto.

Kalau belum kesampaian ke Banyuwangi, bayangin aja dulu. Irisan lontong terhidang di mangkuk, lalu ada sayuran lengkap seperti kangkung, kecambah, bunga turi dan kacang panjang. Ada tahu tempe goreng terus semuanya disiram bumbu kacang kental. Ditaburi bawang goreng dan seledri.

Ini belum jadi loh, masih harus dilengkapi jeroan sapi seperti usus, babat dan juga kikil. Ditambah emping dan kerupuk udang. Siram lagi dengan kuah soto. Fuala…jadilah Rujak Soto.

Rujak Soto bisa ditemukan di banyak tempat, salah satu yang paling terkenal adalah kedai Losari, Banyuwangi, Jawa Timur.

Letaknya dekat dengan Pendopo Sabha Swagata, yang merupakan kediaman Bupati Banyuwangi. Harganya yang cuma 10.000 bikin kamu nagih sekaligus merasakan sensasi makan dua jenis makanan dalam satu mangkuk.

8. Kaldu Kokot.

Kaldu Kokot

Foto : junantoherdiawan.com

Kaldu Kokot asli Madura. Makanan ini juga unik, selain cuma dijumpai di daerah Madura aja, tampilannya juga mirip sama bubur kacang ijo.

Bahan dasarnya memang dari kacang ijo, yang bikin unik ada rasa soto-sotonya.

Kaldu kokot berasa asin gurih dengan aroma daging yang kuat karena menggunakan kikil sapi dan bumbu rempah. Makanan ini makin terasa sedap dengan taburan bawang merah goreng dan seledri. Harganya juga murah meriah sekitar 15.000 seporsi. Apa sih yang enggak buat perut kamu..

Mungkin bagi kebanyakan orang akan merasa aneh ketika melihat desain bubur kacang ijo tapi rasanya asin dan gurih. Biar kamu nggak penasaran datengin aja Madura-nya dan langsung cobain Kaldu Kokot.

9. Becek Menthog.

Becek Menthog

Foto : warungnuuk.blogspot.com

Mampir daerah Tuban gih, selain mencicipi aneka sea food ada juga Becek Menthog yang bisa jadi pilihan perut kamu.

Becek Menthog adalah makanan yang berbahan dasar Menthog, semacam bebek dengan kaki dan leher lebih pendek, warnanya putih kayak angsa. Nah, Menthog tadi dimasak menggunakan bumbu kari kental yang pedas.

Kalau kamu merasa kasihan makan si Menthog, terkadang di kedainya menyediakan ayam, atau daging kambing dan sapi. Tak jarang juga menjual sate bebek.

Harga yang dipatok Becek Menthog ini juga meriah banget di kantong sekitar Rp 20.000an.

Yuk ke Tuban…

10. Orem Orem.

orem orem

Foto : duhita-hartono.blogspot.com

Dari Tuban mari loncat ke Kota Apel.

Malang nggak hanya terkenal sama Apelnya, tapi juga makanan khas lain berbahan dasar Tempe. Nggak jarang juga tempe bukan sekedar digoreng melainkan dibuat makanan olahan lain seperti Orem-Orem.

Orem-Orem adalah masakan kuliner yang berbahan dasar irisan tempe lalu dimasak bersama kuah santan kental. Penyajiannya seperti ketupat yang diiris kemudian ditambah aksesoris tauge, tempe dan disiram kuah sayur dicampur santan.

Rasa Orem-Orem mirip sayur lodeh dan sedikit pedas, bisa ditambah kecap manis dan sambal sesuai selera. Selain itu disediakan kerupuk dan berbagai gorengan kacang-kacangan, seperti tempe goreng atau Mendol goreng sebagai pelengkap.

Jika pesan Orem-Orem aja harganya sekitar Rp. 7.000, tambah topping ayam jadi Rp 10.000 atau tambah dengan Telur asin jadi Rp.8000 per porsi. Diimbuhi krupuk bawang yang enak, semakin melengkapi makanan khas ini.

11. Bledus khas Lumajang.

Bledus khas Lumajang - Grontol

Foto : elliprakoso.blogspot.com

Bledus bukan Debus apalagi Wedhus…

Bledus ini adalah makanan yang terbuat dari jagung pipil kering kemudian direndam semalaman, terakhir bledus ini direbus dalam waktu yang lama. Jangan lupa di kasih topping kelapa parut. Biasanya dikasih cairan gula merah biar ada manis-manisnya.

Kudapan ini bisa dijumpai di kota Lumajang, orang desa bilang ‘panganane wong ndeso’ atau makanannya orang desa. Tapi jangan salah kudapan ini menyehatkan loh, karena terbuat dari jagung dan udah mulai langka juga.

Desainnya yang mirip pop corn tapi bantat karena direbus ini bikin candu. Rasa asin, gurih, manis dan menyehatkan nggak sebanding sama harganya yang cuma Rp 1000 per bungkus. Kamu cukup mengeluarkan uang Rp 5000 bisa kenyang deh perutmu.

12. Onde-onde Mojokerto.

Onde-onde Mojokerto Bo Liem

Foto : makanondeonde.wordpress.com

Siapa yang nggak kenal sama Onde-Onde. Meski sering dijumpai dibanyak kota nggak cuma Jawa Timur aja tapi kampung halamannya tetap dari Mojokerto Jawa Timur.

Jajanan yang terbuat dari tepung ketan dalamnya di isi kacang hijau jadi primadona Kota ini.

Bentuknya yang bulat imut, diselimuti wijen pada bagian luarnya sering dijadikan oleh-oleh khas para pengunjung. Apalagi dihidangan dalam kondisi hangat.

Paling popular, kalau kamu kesana jangan lupa mampir ke Onde-Onde Bo Liem, Harga sepaket onde-onde isi 10 biji hanya Rp 35.000. Cocok banget buat sanak saudara kamu di rumah.

****

Nah itu dia beberapa makanan khas yang ada di Jawa Timur yang wajib kamu coba. Yang merasa belum absen makanan khas daerahnya bisa tulis di kolom kometar ya…