Hal simpel yang harus kamu lakukan agar tetap sehat

Sehat

Kamu nggak suka olahraga tapi ingin lebih sehat? Kamu nggak ingin jadi vegetarian tapi ingin lebih sehat? Kamu nggak suka sayuran dan olahraga tapi ingin lebih sehat? Bisa banget.

Kalau Wovger browsing di internet tentang tips menjaga kesehatan, artikel yang muncul pasti menyarankan tips yang berat-berat. Olahragalah, minum jus ini-itu, harus kayak gini, nggak boleh kayak gitu. Huftt…!

Padahal ada cara-cara sederhana yang dengan mudah bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Daftar di bawah ini akan memberi tahu tips-tips sederhana agar tetap sehat. Tenang, mereka gampang banget kok buat dipraktikkan.

1. Tinggalkan kopimu. Ganti dengan teh hijau atau jus.

Siapa yang tidak jatuh cinta dengan aroma wangi kopi dan rasanya yang beraneka ragam? Kopi cocok menjadi sahabat siapa saja. Kapan saja. Panas-panas enaknya minum es kopi. Dingin-dingin enaknya minum kopi panas.

Tapi sayangnya unyunya rasa kopi tidak baik untuk kesehatan. Kafein bisa merampas energi dalam tubuh dan meningkatkan stres dan merusak kesehatan secara keseluruhan.

Boleh minum kopi tapi nggak sering-sering. Karen meski ada kelemahannya, ada beberapa kelebihan yang terdapat dalam kopi : Sruput terus kopinya, wahai pecinta kopi. Karena kamu akan mendapat beragam manfaat ini, yang tentunya bagus untuk kesehatan.

Jika ingin tetap sehat, yuk ganti secangkir kopi dengan teh hijau atau jus buah.

2. Tinggalkan gadgetmu minimal 1 jam setiap hari.

Apa hubungannya gadget sama kesehatan? Hubungannya banyak! Gadget banyak membuang waktu dan tidak baik untuk kesehatan mata.

Radiasi yang dihasilkan gadget bisa menyebabkan mata minus. Ia juga membuat Wovger menjadi pasif. Hanya duduk-duduk saja lihat gadget sepanjang hari. Matikan gadgetmu dan pergilah ke luar. Nikmati segarnya alam sekitar.

3. Kurangi minuman manis. Biasakan minum air putih.

Tubuh kita sudah terlalu banyak gula. Tidak butuh lebih banyak gula. Nasi yang kita makan saja sudah mengandung gula yang dibutuhkan tubuh. Untuk apa tambahan gula dari makanan/minuman lain?

Agar lebih sehat, ganti minuman manis yang biasa Wovger beli ketika makan di luar dengan air putih. Apapun makanannya, minumnya air putih.

4. Perhatikan posisi dudukmu.

Posisi duduk berpengaruh terhadap kesehatan tulang. Lebih dari 8 jam kita duduk dalam sehari, Kalau dikalikan dengan 365 hari berarti sudah beribu-ribu jam kita duduk. Jangan sampai ribuan jam itu terlewati dengan posisi salah duduk. Kesalahan posisi duduk bisa memicu timbulnya penyakit tulang seperti lordosis, kifosis, atau skoliosis.

5. Buat seseorang tertawa dan tertawalah bersama mereka.

Siapa bilang hanya kesehatan fisik saja yang penting. Kesehatan psikis juga penting lho karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Imbangi kesehatan fisik dengan kesehatan psikis. Caranya dengan membuat seseorang tertawa.

6. Pikirkan 5 hal yang harus disyukuri dalam kehidupanmu.

Cara lain untuk menyeimbangkan kesehatan fisik adalah dengan bersyukur. Catat sedikitnya 5 hal yang mampu membuatmu bersyukur setiap hari.

Bersyukur memberikan kesempatan diri sendiri untuk menghargai pemberian Sang Pencipta. Orang-orang yang tidak bersyukur adalah orang-orang yang sakit jiwanya.

7. Gunakan setidaknya 30 menit untuk belajar ilmu baru yang berguna bagi kariermu.

Selain jantung dan paru-paru, organ dalam yang harus dijaga kesehatannya adalah otak. Cara untuk menjaga otak agar tetap sehat adalah dengan belajar.

Luangkan waktu 30 menit setiap hari untuk belajar ilmu baru yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu geluti.

Misalnya kamu bekerja di bagian marketing. Luangkan 30 menit untuk belajar tentang marketing. Kebiasaan ini membuat otakmu tetap sehat.

8. Minum air putih 2 liter karena semua anggota badan tergantung pada air putih.

Ngeri lho kalau asupan air putih yang masuk ke tubuh kurang dari 2 liter setiap harinya. Coba bayangkan motor Wovger di rumah. Dia nggak mau jalan kalau nggak diisi bensin. Nah sama dengan tubuh kita.

BACA JUGA : Nggak hanya jatuh cinta aja yang punya tanda-tanda. Kurang minum air mineral juga loh! Inilah yang terjadi ketika tubuh kekurangan air mineral!

Air putih berfungsi sebagai energi dan pelumas organ-organ dalam tubuh agar mereka mau bekerja. Motor aja yang benda mati nggak mau jalan. Apalagi tubuh yang benda hidup.

***

Praktikkan semua kebiasaan sederhana di atas. Dijamin deh Wovger jadi lebih sehat. Menjaga kesehatan itu gampang kok. Tubuh kita sudah diatur sehat secara otomatis oleh Sang Pencipta. Cukup dengan tidak merusaknya berarti kita sudah menjaga kesehatannya.