Hari Kesehatan Nasional Ke-51, Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri dengan berperilaku “CERDIK”

generasi sehat

Seperti judulnya, “Hari Kesehatan Nasional Ke-51, Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri dengan berperilaku “CERDIK”“, ya tentu harus mengisi hal-hal dengan prilaku CERDIK untuk menciptakan generasi sehat yang siap membangun negeri. Apa aja yang perlu kamu lakukan agar tetap sehat?

Wovgo udah catatin untuk kamu nih, kegiatan simpel yang bikin kamu panjang umur dan menjadi generasi yang sehat.

1. Cek Kesehatan Secara Berkala.

Cek Kesehatan Secara Berkala

Foto : puskesmas1cilongok.blogspot.com

Cek kesehatan berkala salah satunya adalah dengan Medical Check up secara rutin. Medical check up ini berguna untuk memonitor kondisi tubuh kamu jauh hari. Penyakit serius dapat diketahui lebih jeli dengan cara ini.

Beragam Medical Check up dapar diperoleh di Rumah Sakit manapun, kamu bisa memilih sesuai kebutuhanmu. Meliputi :

  • Anamnesa dan Pemeriksaan fisik : Berupa wawancara terhadap keluhan yang dirasakan dan pemeriksaan tubuh seperti pada umumnya.
  • Rontgen Foto Thorax : Pemeriksaan rontgen pada dada untuk mendeteksi adanya kelainan pada jantung dan paru-paru.
  • Elektrokardiografi : Pemeriksaan rekam jantung untuk menilai irama dan aktivitas jantung.
  • Treadmill : Sama halnya Elektrokardiografi, dia memeriksa apakah ada tanda-tanda penyumbatan pembuluh darah pada jantung.
  • USG (Ultrasonografi) : USG dilakukan bukan untuk wanita hamil aja, semua orang bisa. Bertujuan untuk menilai organ-organ dalam rongga perut (abdomen).
  • Pemeriksaan Laboratorium : Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi kelainan pada tubuh juga namun melalui sampel darah, urine dan fases.

Dari serentetan Medicak Check Up ini mana sekiranya yang cocok untuk kamu? Demi menjaga kesehatan nggak ada salahnya untuk dicoba.

2. Enyahkan Rokok!

stop merokok

Foto : www.thepleng.com

Lagi-lagi soal rokok. Emang kemana-mana rokok itu udah jadi label kematian. Dalam satu batang rokok menyimpan penyakit-penyakit yang mematikan.

Seperti pepatah klasik kesehatan, mencegah lebih baik daripada mengobati. Begitu pula dengan merokok. Dampak merokok, menurut Lily S. Sulistyowati, Kepala Pusat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan, dapat berbeda-beda pada setiap orang.

Hal yang bisa dilakukan adalah

  • “Menghindari” berkumpul dengan teman-teman perokok (Hindari Rokok dan Asapnya). Sebab, teman perokok itu dapat mempengaruhi kamu. Entah dari asapnya atau ajakan untuk merokok. Pastinya hindari secara halus ya agar tidak terjadi salah paham. Ingat! Dengan cara halus! Syukur-syukur kamu bisa mengajak mereka untuk berhenti dari merokok
  • Jangan malu mengatakan bahwa diri kita bukan perokok.
  • Bagi yang udah terlanjur merokok, yakinlah bahwa rokok bukan sarana pergaulan. Dengan tidak merokok juga bisa banyak teman. Dengan tidak merokok, juga bisa membuatmu terlihat lebih keren!
  • Kalau kamu perokok akut yang ingin berhenti merokok, hindari sesuatu yang berkaitan dengan rokok, baik itu sponsor, iklan, poster atau rokok gratis.
  • Perbanyak menambah wawasan tentang bahaya rokok. Dengan banyak mendapatkan informasi tentang bahaya rokok, maka dapat meningkatkan kesadaran untuk tidak merokok.
  • Lakukan kegiatan positif lainnya, seperti olahraga, membaca, makan permen karet, menulis, baca artikel di Wovgo, atau hobi lain yang menyenangkan. Daripada ingat-ingat untuk membeli rokok.

3. Rajin Aktivitas Fisik.

Rajin Aktivitas Fisik

Foto : unycommunity.com

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, melakukan kegiatan positif seperti olahraga lebih berguna daripada mengingat untuk membeli rokok.

Hal ini jelas ada hubungannya dengan tindakan cerdik kita untuk membangun Indonesia sehat. Rajin aktivitas fisik salah satunya.

Disebutkan dalam sebuah penelitian dari University of Southampton, dengan beraktivitas fisik seperti meningkatkan massa otot dapat memberikan efek positif terhadap tulang. Diyakini massa otot yang kuat berpengaruh pada  perkembangan tulang yang akan menjadi sehat.

Temuan ini juga menunjukkan aktivitas fisik yang baik adalah dengan melakukannya sejak usia dini untuk memaksimalkan pertumbuhan otot dan tulang.

4. Diet Seimbang.

Diet Seimbang

Foto : www.beritanetizen.com

Banyak yang salah kaprah tentang diet seimbang.

Pada dasarnya, diet yang seimbang berarti mendapatkan jenis dan jumlah makanan dan minuman yang tepat untuk memasok nutrisi dan energi demi menjaga sel-sel tubuh, organ dan jaringan serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan normal.

Jadi tujuannya bukan asal kurus dan nggak makan ya

Adapun jenis makanan yang dapat dikelompokan untuk diet seimbang meliputi :

Jenis Susu yang terdiri dari keju bebas lemak atau rendah lemak (1%), Yogurt bebas lemak atau rendah lemak baik yang beku atau biasa dan susu atau buttermilk yang mengandung bebas lemak (skim) atau rendah lemak (1%).

Jenis Buah-Buahan seperti buah stawberrry, pisang,  apel, alpukat, anggur, kurma, jeruk, mangga, melon, jeruk, nanas, kismis dan buah-buahan kering lainnya tanpa pemanis.

-Daging dan Kacang-kacangan seperti daging merah dari sapi atau kambing. Pilih yang memiliki lemak sedikit. Untuk kacang terdiri dari kacang polong, almond, hazelnut, selai kacang, biji bunga matahari atau kenari. Jika susah mendapatkan pilihlah makanan olahan kacang seperti tahu dan tempe bisa menyeimbangkan diet kamu.

Jenis sayuran seperti memilih Brokoli, kembang kol, wortel, mentimun, kacang hijau, selada, kentang, lobak, bayam, labu, ubi jalar, tomat. Kamu bisa mendapatkan nutrisi dari sayuran dengan membuat jus sayuran dengan rendah gula.

Jenis makanan pokok. Meskipun kamu diet,tetap saja karbohidrat seperti nasi masih diperlukan oleh tubuh. Atau kamu bisa menggantinya dengan makan nasi merah dan roti gandum.

– Jenis minyak untuk diet. Konsumsi minyak untuk orang diet boleh saja asal nggak berlebihan. Jenis minyaknya pun hendaknya ditentukan seperti minyak rendah lemak atau jenis minyak nabati yang dapat mendukung diet seimbang.

Dari sekian macam jenis makanan jangan lupa untuk selalu minum ari putih. Kamu dapat menyempurnakan diet seimbang dengan asupan air mineral 8 gelas perhari yang dapat membantu proses metabolisme tubuh.

5. Istirahat Cukup.

Istirahat yang cukup

Foto : kamasitala.blogspot.com

Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan memperbaiki beberapa sel-sel yang telah mati dan membantunya untuk bergenerasi kembali demi memperbaiki kinerja anggota tubuh secara optimal.

Sehingga untuk keesokan harinya bisa bekerja dengan baik lagi, seperti halnya alat-alat elektronik, pasti memerlukan istirahat. Kalau nggak istirahat udah pada kepanasan tuh gimana dengan manusia?

6. Kelola/Manajemen Stres.

bahagia

Foto : www.lookbook.id

Manajemen stres berfungsi sebagai alat untuk ‘memasang kembali’ sistem alarm tubuh. Dimulai dari belajar untuk mengindentifikasi masalah sekaligus menerapkan solusinya.

Mungkin terlihat susah tapi ini jalan satu-satunya untuk mencari tau apa penyebab stresmu. Stres bisa dari banyak hal, tapi kebanyakan berputar pada hal tekanan pekerjaan, keluarga atau keuangan.

Setelah mengetahui apa yang menjadi pokok permasalahan, mulailah melakukan strategi untuk menghadapinya dan selesaikan.

Kamu bisa mencari dukungan dari orang-orang terdekat seperti keluarga dan sahabat untuk menyelesaikannya. Jangan lupa, lakukan meditasi, yoga sebagai langkah relaksasi.

Praktekkan selalu sikap positif dan jangan ragu melakukan self-talk.