Ini dia tempat wisata di Banjarnegara yang siap membuat Wovger semua meleleh

Candi Arjuna Sumber Foto : siskanurifah.wordpress.com

Apa Wovger tau kabupaten Banjarnegara itu dimana? Mungkin masih banyak yang belum tau yah, tapi jika bicara Dataran Tinggi Dieng pasti tau donk. Nah Dataran tinggi Dieng ini ada di 2 Kabupaten, yaitu Wonosobo dan Banjarnegara.

Kabupaten Banjarnegara menggunakan bahasa jawa ngapak yang cenderung agak keras. Jadi kalo Wovger datang kesini semua orang bakalan terlihat antagonis semua. Hehe. Tapi tenang, orang Banjarnegara itu baik-baik dan ramah-ramah kok.

Di Banjarnegara ternyata juga memiliki banyak sekali destinasi wisata yang Wovger harus kunjungi. Jika mungkin selama ini Wovger hanya pernah ke kawasan dataran tinggi Dieng nya saja, coba dech telusuri bagian lain dari Kabupaten Banjarnegara ini dan bersiap-siaplah terpesona.

Komplek Candi Arjuna, Tempat Festival Potong Rambut Gimbal.

Komplek Candi Arjuna

Foto : www.pegipegi.com

Secara administratif kawasan yang ada di Dieng ini masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara. Dikawasan ini Wovger akan menemukan beberapa candi yang saling berdekatan yaitu candi Arjuna, Srikandi, Puntadewa, Sembadra.

Ohiya disini jugalah tempat pelaksanaan Dieng Culture Festival atau festival potong rambut anak-anak yang gimbal. Saat disini, Wovger bersiap-siap saja untuk meleleh karena melihat susunan perbukitan yang indah banged. Pecah dech.

Kawah Candradimuka. Melihat Langsung Legenda Tempat Penempaan Si Gatot Kaca.

Kawah Candradimuka

Foto : www.wisatadieng.com

Di area dataran tinggi Dieng memang banyak sekali kawah yang bisa Wovger kunjungi. Salah satunya ya kawah Candradimuka ini. Menurut legenda cerita pewayangan, disinilah Gatotkaca waktu kecilnya ditempa hingga memperoleh kesaktiannya. Ohiya kawah ini masih sangat aktif, jadi saat kesini Wovger bisa melihat aktivitas dikawah ini dengan bau belerangnya.

Kawah Sileri, Mempesona Dibalik Kabut.

Kawah Sileri Banjarnegara

Foto : websprogramming.com

Kawah sileri adalah salah satu kawah juga yang ada di kawasan dataran tinggi dieng ini. Kawah Sileri merupakan kawah vulkanik aktif yang berada di lereng gunung Pagergedang. Disini Wovger akan melihat banyak sekali kabut uap hasil dari aktivitas kawah. Jika pagi hari Wovger kesini, Wovger akan bisa melihat uapnya dan akan merasakan hangat disekitaran kawahnya.

Telaga Dringo, KW Supernya Ranukumbolo.

Telaga Dringo Banjarnegara

Foto : www.yukpiknik.com

Jika Wovger tinggal di sekitar Banjarnegara dan mungkin belum bisa untuk mengunjungi Ranukumbolo karena jauh, Wovger bisa mencoba untuk mengunjungi Telaga Dringo ini. Yah bisa dibilang telaga ini KW supernya Ranukumbolo lah, walaupun gak terlalu mirip juga tapi lumayan lah keindahannya.

Telaga ini masih ada dikawasan Dieng tepatnya di desa Pekasiran, kecamatan Batur, Banjarnegara. Telaga Dringo berada pada ketinggian 2.222 mdpl, jadi lumayan dingin juga disini.

Untuk bisa kesini, Wovger harus tracking dulu layaknya naik gunung. Nanti ditelaga ini Wovger bisa berkemah dan menikmati indahnya Telaga Dringo dengan puas.

Waduk Mrica. Menjadi Saksi Mata Waduk Terpanjang Di Asia Tenggara.

Waduk Mrica Banjarnegara

Foto : it.avatar-nusantara.com

Wovger tau, dimana waduk terpanjang di Asia Tenggara? Yups, itu ada di Indonesia dan tepatnya di Banjarnegara. Waduk terpanjang itu bernama waduk Mrica. Total panjangnya mencapai 6,5 km, dan luasnya mencapai 1.250 hektare.

Waduk ini juga dikenal dengan nama Bendungan Panglima Besar Jendral Soedirman. Fungsi utama waduk ini adalah untuk PLTA, tapi sebagaimana areal di sekitar Waduk Mrica juga dikembangkan sebagai area wisata yang bisa Wovger kunjungi.

Karena Banjarnegara ada diatas gunung dan tidak punya wisata pantai, anggap saja ini sebagai penggantinya.

Curug Sirawe, Dengan Suara Gemuruh Air Terjun Yang Menenangkan Jiwa.

Curug Sirawe Banjarnegara

Foto : idiengtour.blogspot.com

Lokasi curug Sirawe ini berada di dusun Bitingan, desa Kepakisan, kecamatan Batur, Banjarnegara. Curug ini memiliki tinggi sekitar 80 meter dengan keasrian alam disekitarnya yang meneduhkan.

Tepat di bawah guyuran air terjun ini terdapat kolam kecil yang terbentuk alami. Wovger bisa mencoba membasuh muka dengan air disini, seger banged bro. Ohiya, untuk menuju lokasi curug ini, Wovger harus trekking selama sekitar setengah jam. Tapi jangan khawatir, perjalanan trekkingnya sangat worth it lah dengan pemandangan yang ditawarkan.

Curug Pitu, Mempesona Dengan 7 Air Terjun Bertingkat.

Curug Pitu Banjarnegara

Foto : www.javapromo.com

Yups sesuai namanya yaitu Curug Pitu, Curug ini memiliki 7 air terjun bertingkat yang siap mempesona Wovger semua. Lokasi curug ini berada di desa Sigaluh, kecamatan Sigaluh, Banjarnegara. Untuk bisa manjelajahi 7 tingkat air terjun yang ada di curug pitu, Wovger bisa melewati anak tangga yang telah disediakan.

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas, Kebun Binatang Ala Banjarnegara.

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara

Foto : jendelakatatiti.wordpress.com

Jika Wovger mengunjungi Banjarnegara bersama keluarga, tidak ada salahnya Wovger mengunjungi  Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas  ini. Lokasinya sangat dekat, dengan kota Banjarnegara, hanya sekitar 1km dari pusat kota.

Disini Wovger bisa melihat banyak koleksi binatang bersama anak-anak dan keluarga.

Selain bisa melihat para binatang, Wovger juga bisa menikmati suasana pemandangan menawan lembah Sungai Serayu — yang bertemu Sungai Merawu dan Palet di sisi barat.

Wovger tidak usah kuatir kepanasan atau repot-repot membawa payung, lokasinya sangat teduh dengan pepohonan.

Memacu Adrenalin Dengan Rafting Sungai Serayu.

Rafting Sungai Serayu Banjarnegara

Foto : mozatrans.com

Buat Wovger yang menyukai tantangan, Wovger bisa mencoba rafting di sungai serayu. Rafting disungai serayu ini panjangnya 14-26 km dengan tingkat kesulitan grade III-IV. Coba dech, pasti seru.

Surya Yudha Park, Dengan Landmark Kota New York Dan Singapura Yang Bersandingan.

Surya Yudha Park Banjarnegara

Foto : www.suryayudha.com

Letak Surya Yudha Park tidak jauh dari alun-alun kota Banjarnegara. Disini juga merupakan tempat untuk rekreasi keluarga yang bisa Wovger kunjungi. Surya Yudha Park sangat unik. Mereka menampilkan miniatur patung Liberty dan Merlion yang merupakan landmark kota new york dan singapura dengan saling bersandingan.

Surya Yudha Park merupakan taman rekreasi air terlengkap di Banjarnegara dengan konsep wisata terpadu. Fasilitas yang bisa Wovger nikmati disini seperti hotel berbintang, arena olahraga, rafting, serta wisata outbound.

Selain berbagai tempat wisata tadi Banjarnegara juga punya kuliner khas yang sudah melanglangbuana lho. Namanya adalah ……….

Dawet Ayu Banjarnegara.

dawet ayu banjarnegara

Foto : birohumas.jatengprov.go.id

Nama dawet ayu kelihatannya justru lebih dikenal orang dibanding Banjarnegara. Tak heran jika oleh pemerintah dan masyarakat Banjarnegara, menjadikan dawet ayu sebagai salah ikon ataupun kekhasan yang melekat pada Banjarnegara. Jika Wovger mengunjungi Banjarnegara, kalian harus mencoba menikmati segarnya dawet ayu ini dikampung halaman aslinya. Pasti bikin meleleh dech.

***

Masih banyak hal-hal menarik yang ada di Banjarnegara. Tempat wisata, kuliner dan budaya khas yang luar biasa. Jika Wovger tau hal-hal lain tentang Banjarnegara boleh lah ditambahi di kolom komentar.

Foto utama : siskanurifah.wordpress.com