Berbeda-beda tapi tetap satu juga. Berbeda-beda bau keringat, pada akhirnya tetep bau juga

bau badan

Bau badan tidak mengenal usia, harta kekayaan, dan pendidikan. Bau badan terjadi secara alami pada semua manusia. Sifatnya yang alami tidak bisa dihindari. Mau request sama Tuhan nggak punya bau badan? Nggak bisa lah. Justru membahayakan bagi kesehatan kalau manusia nggak punya bau badan.

Uniknya, manusia memiliki keragaman bau badan yang berbeda-beda. Ada manusia yang bau badannya bauuu banget, ada yang nggak bau sama sekali. Wovger pasti punya kenal dua orang tersebut.

Sering penasaran nggak sih kenapa setiap orang bau badannya berbeda-beda? Wovgo punya jawabannya loh.

Sedikit fakta tentang bau badan.

Bau Badan

Foto : intimatehealthhelp.net

Bau badan disebabkan karena keringat manusia yang bercampur dengan bakteri pada manusia. Bakteri inilah yang menyebabkan bau badan. Ketika berkeringat, manusia mengeluarkan kandungan protein. Bakteri yang hidup di kulit kemudian mengubah protein ini menjadi asam tertentu.

Proses pengubahan protein dari keringat menjadi asam oleh bakteri itulah yang kemudian menghasilkan bau badan. Kalau ingin keringat tidak berbau, bakteri-bakteri inilah yang perlu dihilangkan dari kulit.

Selain bakteri, faktor-faktor lain (di bawah) juga berpengaruh terhadap bau badan. Keringat sendiri ternyata bisa dihasilkan tanpa melalui aktivitas fisik. Aktivitas emosional yang berlebihan bisa memicu timbulnya keringat, stres dan grogi misalnya. Biasanya kita sebut sebagai keringat dingin.

Bau badan setiap orang berbeda karena perbedaan aktivitas yang dilakukan.

Bau Badan

Foto : greatist.com

Perbedaan aktivitas memicu perbedaan keringat yang dihasilkan. Aktivitas berat cenderung menghasilkan keringat lebih berat. Aktivitas berat misalnya berlari, bersepeda, berjalan kaki dan berolahraga.

Orang yang sering melakukan aktivitas ringan memproduksi keringat yang lebih sedikit. Kalau Wovger menemukan teman yang sedang bau badan, mungkin sesaat sebelumnya ia melakukan aktivitas berat.

Jika Wovger takut bau badan muncul ketika bertemu orang lain, pastikan untuk tidak melakukan aktivitas berat seperti berjalan kaki atau mengangkat benda-benda berat misalnya.

Selain aktivitas, gaya hidup yang berhubungan dengan kebersihan membuat bau badan seseorang berbeda.

Gaya Hidup Pengaruhi Bau Badan

Foto : lotsofknbpics.tumblr.com

Gaya hidup seseorang tentang kebersihan mempengaruhi bau keringatnya. Seseorang yang pandai menjaga kebersihan mempunyai risiko bau badan lebih kecil daripada mereka yang tidak.

Sudah Wovgo jelaskan di atas kalau aktivitas bakteri memicu bau badan. Darimana datangnya bakteri itu hingga sampai ke kulit kita? Sumbernya bisa bermacam-macam. Debu, udara kotor, pakaian yang dipakai berkali-kali, kasur yang nggak pernah dijemur, sprei yang nggak pernah dicuci, pakaian yang mencucinya tidak bersih, kamar yang tidak dibersihkan, dll.

Saatnya Wovger mengangkat senjata memerangi bakteri-bakteri. Jangan sampai ia berani melangkahkan kaki sejengkal pun di kulit Wovger! Serbuuuu!!!

Berbicara bau badan nggak lengkap rasanya kalau nggak membahas jenis makanan yang dimakan.

Beberapa makanan bisa menimbulkan bau badan yang tak sedap. Sebut saja jengkol, pete, bumbu kari, bawang merah, dan bawang putih. Alkohol dan rokok juga ikut mempengaruhi bau badan seseorang.

Makanan Penyebab Bau Badan

Foto : cariklinik.com

Agar terhindar dari bau badan, hindari makanan-makanan penyebab bau badan di atas. Kalau ingin tetap mengkonsumsi ya boleh-boleh aja asal cukup percaya diri dengan bau badan yang muncul.

Bahkan setiap anggota badan di tubuh kita memiliki kelenjar keringat yang berbeda.

Bau Badan

Foto : boredpanda.com

Nggak cuma manusia aja yang produksinya keringatnya berbeda-beda. Anggota tubuh kita sendiri juga seperti itu. Bagian tubuh yang banyak menghasilkan keringat adalah bagian lipatan dan bagian yang memiliki banyak rambut.

Itulah kenapa kepala bagian kepala, ketiak, dan kemaluan memproduksi keringat lebih banyak. Di tiga tempat itu, bakteri tumbuh lebih banyak, apalagi di ketiak dan kemaluan karena berada di area yang sangat tertutup. Wovger harus rajin menjaga kebersihan keduanya. Bagian lain seperti lipatan paha dan leher juga menjadi sasaran munculnya keirngat.

***

Itulah tadi beberapa fakta seputar bau badan dan faktor-faktor yang membedakannya. Kalau Wovger punya temen yang bau badannya cukup tajam, mungkin ia termasuk salah satu kategori di atas.

Sekarang Wovgo tantang kamu untuk tag temenmu yg punya bau badan tajam dan bau badan nggak berbau di komentar di bawah, berani?