Mau lebih smart? Lakukan kebiasaan kecil ini mulai dari sekarang!

smart people

Suatu hari kamu sedang duduk sendirian di teras sore-sore. Ada adikmu datang bawa seabrek PR yang minta buat diselesaikan.

Menyaksikan mata adik kecil kamu yang memelas, akhirnya kamu nggak tega dan mulai bantuin. Kamu mulai membuka lembar soal pertama dengan santai. Tiba-tiba kamu hening dan membeku melihat soal-soal yang membinasakan otak.

Kamu cuma bisa membatin ‘Kok aku tambah b*go ya? Nggak bisa ngerjain soal-soal ini’

Wovger pernah ngerasain hal ini nggak?

Kamu nggak b*go sih cuma mengalami kemunduran aja. Segala sesuatu kalau nggak dibiasakan pastinya akan lupa dan itu bikin kamu nggak kelihatan SMART.

Nah biar hal ini nggak terulang dan bikin kamu malu,  Wovgo saranin buat ngelakuin kebiasaan ini deh, supaya Wovger tetep atau tambah smart.

1. Jangan lupa minum air putih setelah bangun tidur.

Haha..sepele banget.

Sepele emang, tapi jangan anggap hal kecil ini nggak bisa berpengaruh ya.

Minum 2 gelas air dalam waktu 30 menit setelah bangun tidur bisa bikin otak lebih fresh. Buktinya ada sebuah studi pada anak-anak yang menunjukkan bahwa minum lebih banyak air meningkatkan kemampuan mereka untuk menyelesaikan tugas-tugas mental.

Karena ketika Wovger tidur banyak cairan yang menguap selama 6 sampai 9 jam. Oleh karena itu minum air dapat mencegah dehidrasi, nggak hanya tubuh aja tapi juga otak.

2. Tontonlah program acara yang berkualitas.

 No gossip No Drama. No acara ababil apalagi yang binatang-binatangan.

Sering sekali melihat kenyataan bahwa acara gosip diputar dipagi hari. Untuk sekarang, rubah kebiasaan nonton gosip supaya kamu lebih cerdas. Dan juga jangan nonton sinetron yang cenderung menyuguhkan hal-hal yang tidak mendidik.

Coba kamu pelajari apa itu Literasi Media bahasa mudahnya Melek Media. Literasi Media ini berbicara tentang kemampuan seseorang dalam menangkap, memahami, menganalisis dan mendekonstruksi pemberitaan atau pencitraan di media.

Misalnya kamu udah tau kalau gosip itu bukan fakta, ya udah kamu nggak usah terlalu mempercayai itu sebagai suatu realita yang ada. Kamu harus memiliki kemampuan memilah-milah mana media yang baik untuk dikonsumsi termasuk sebuah berita.

Berita memang kumpulan fakta tapi nggak semua berita itu sesuai sama kejadian. Ada kalanya diberitakan secara sepotong atau menggunakan bahasa-bahasa yang berlebihan seperti ‘Pria itu tewas mandi darah dengan usus berceceran’.

Nah dari pada ngeri sendiri, mendingan kamu cari program yang bisa menambah wawasan kamu contohnya National Geographic atau Discovery Channel. Isinya tentang wawasan dunia yang dikemas dari berbagai sudut pandang.

3. Nggak cuma memilih tontonan yang bikin kamu lebih berwawasan, coba baca artikel waktu sarapan.

Artikel yang kayak apa? Ya yang kayak ginilah!

Wawasan nggak hanya soal rumus dan hitungan matematika tapi justru soal kehidupan, kondisi alam, praktek-praktek penelitian, kuliner, finansial, kisah inspirasi, destinasi wisata, parenting yang bahkan beberapa ilmu itu nggak diajarkan di sekolah.

Kamu patut menjajal ilmu tersebut satu-satu biar lebih open minded.

Coba deh sesekali pas sarapan, sambil ngunyah tempe goreng kamu baca beberapa artikel dari Wovgo yang mengispirasi dan rasakan bedanya.

4. Berkumpul dengan orang-orang pintar.

Hari ini kamu boleh sakit karena tertular teman kamu, tapi besok pastikan kamu berteman sama anak yang pintar biar ketularan juga.

Habiskan waktumu berkumpul sama orang-orang yang pintar, nggak cuma pintar menghafal rumus tapi juga pintar beragumen, kritis dan kreatif.

Selain ilmu kamu bertambah, hal ini bisa merangsang kamu untuk berpikir lebih cerdas dan pastinya mendapat link yang baik juga.

5. Gunakan waktu tidur siang dengan tepat.

Tidur tuh emang paling enak, tapi jangan sembrono juga. Waktu terus berjalan gunakan waktu tidur siang secara profesional.

Istirahatkan otak kamu sejenak, rata-rata orang mulai merasa mengantuk jam 2 siang maka cobalah tidur. Sebelum tidur lakukan aktivitas latihan sederhana seperti munum air putih, peregangan otot demi merilekskan tubuh atau fitnes sekalian.

Hal itu, bisa mempengaruhi kualitas tubuh dan otak. Dijamin ketika bangun dari tidur siang kamu berasa semangat lagi untuk mengerjakan deadline yang belum selesai.

6. Minum the hijau saat bekerja bisa menambah focus.

Kafein di dalam teh hijau terutama teh Matcha mengandung ltheanine. Asam amino ini menyebabkan peningkatan gelombang otak alpha pada otak.

Dalam prakteknya kopi dapat menyebabkan kecemasan namun teh hijau yang berkualitas tinggi dapat menyebabkan kamu lebih fokus, santai tanpa rasa kantuk.

Ini juga menjadi indikator mengapa ltheanine tersedia sebagai suplemen untuk membantu kamu lebih rileks dan meningkatkan kesehatan jantung.

7. Selalu bawa buku catatan kemana-mana.

Nggak lengkap rasanya kalau nggak selalu membawa buku catatan. Note kecil bisa sangat berguna untuk meningkatkan kecerdasan kamu.

Dengan membawa note kamu bisa mencatat hal-hal penting yang seringkali membuat lupa. Saat mendapat ide atau inspirasi, segera tuliskan di buku itu. Tuliskan juga list rencana kamu keesokan harinya.

Hal ini memungkinkan kamu bekerja lebih produktif. Banyak orang yang sibuk sepanjang hari, tetapi nggak benar-benar produktif hanya karena lupa.

8. Gunakan sosial media untuk hal-hal yang berguna.

Hei..hei jangan suka chatting-an aja ayo coba download aplikasi yang bisa membuat hidupmu berwawasan luas.

Misalnya aplikasi untuk belajar bahasa, yang bisa membantumu belajar bahasa asing dari tingkat beginner sampai advanced. Untuk game, pilihlah yang berisi permainan pelatih otak.

Apa yang sering kamu mainkan di internet turut menentukan kualitas cara pandang dan pengetahuan kamu. Hindari situs-situs yang bikin kamu gampang terprovokasi, karena itu bikin kamu nggak cerdas.

9. Agar lebih pintar, rajinlah makan ikan.

Otak juga perlu dikasih makan yang mengandung protein dan omega 3 seperti ikan. Jangan cuma makan mie instan aja ya.

Menurut riset dari Norwegia, memakan daging ikan minimal 10 gram dalam sehari akan membantu otakmu berpikir lebih tajam.

Kamu bisa beli ikan sarden, ikan teri, ikan asin pokoknya yang serba ikan deh.

***

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa bikin kamu tambah smart.