Nyesel banget, kalau ke Surabaya dan Wovger nggak mampir kesini!

Surabaya Sumber Foto : resellerrumah.com

Siapa sih yang nggak tahu Surabaya. Secara, ini merupakan kota Metropolitan terbesar kedua di Indonesia. Wovger pasti tahu lah, kalau nggak tahu ya cari tahu makanya, jangan cuma sibuk nyari alamat palsu. Apalagi sibuk stalking timeline mantan. Duh!

Surabaya selama ini dikenal sebagai Kota Pahlawan. Tapi dibalik setiap historikal yang tersimpan dibaliknya, Surabaya juga sangat mempesona dari sisi pariwisata. Kota ini ternyata punya cara tersendiri dalam menarik para traveler untuk mengunjunginya.

Wovgo akan memberikan beberapa rekomendasi tempat nih buat Wovger yang pengen berwisata mengunjungi tempat-tempat asik di Surabaya. Scroll ke bawah kita. Yuk!

1. Tugu Pahlawan, Saksi Sejarah Perjuangan Arek-Arek Suroboyo.

Tugu Pahlawan Surabaya

Foto : id.wikipedia.org

Wovger pasti ingat dong dengan sejarah perjuangan Bung Tomo bersama arek-arek Suroboyo dalam melawan sekutu. Nah, Tugu Pahlawan inilah yang menjadi monumen peringatan kejadian tersebut. Cuma, kadang-kadang Wovgo khawatir aja kalau semakin kesini bukan tetep dianggap sebagai monumen peringatan perjuangan. Melainkan, monumen peringatan kawula-kawula muda yang lagi pada jadian di sana. Huft!

Monumen ini memiliki tinggi 41.15 meter yang berbentuk lingga atau paku terbalik. Monumen ini mempunyai badan tiang berbentuk lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan dan terbagi atas 11 ruas.

Di sini Wovger bisa mengunjungi museum Perjuangan Sepuluh November, tepatnya berada di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan sedalam 7 meter. Disini Wovger bisa mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya. Di museum ini juga terdapat foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan.

2. Patung Budha Empat Wajah Ala Surabaya Yang Memiliki Kemiripan Dengan Yang Ada Di Thailand. Epic!

Patung Budha Empat Wajah Surabaya

Foto : www.titofebrian.com

Patung Buddha Empat Wajah ini hampir mirip seperti Patung Buddha yang ada di Thailand. Tempat ini sangat unik, bahkan MURI pernah mencatatkan patung ini sebagai patung tertinggi di Indonesia. Patung Buddha ini berwarna emas, dengan tingginya mencapai 36 meter jika digabungkan dengan tinggi sampai ke puncak kubahnya. Patung ini memiliki 4 wajah, 8 tangan, dan 4 pilar penyangga kubah, sungguh menarik pokoknya.

Patung ini ada dikawasan Pantai Ria Kenjeran. Lokasinya juga berdekatan dengan kelenteng Sanggar Agung.

Di sekitar patung Buddha ini terdapat taman-taman yang dipenuhi dengan pepohonan rindang. Suasananya sangat asri, tentu Wovger dan pasangan bisa sangat nyaman bersantai disini.

Eh, apa? Jomblo? Duh, maaf!

3. Pantai Ria Kenjeran, Wisata Pantai Bagi Keluarga Khas Surabaya.

Pantai Ria Kenjeran Surabaya

Foto : www.pasirpantai.com

Pantai Ria Kanjeran menjadi satu-satunya destinasi pantai yang ada di Surabaya. Jadi Wovger tidak akan melewatkan untuk mengunjungi tempat ini saat berada di Surabaya.

Di sini ada banyak sekali fasilitas wisata yang bisa Wovger nikmati. Mulai dari Playgroud, Kolam Renang, area olahraga, kios pernak-pernik, restoran seafood dan lain sebagainya.

4. Monumen Kapal Selam Yang Menunjukan Berbagai Kehebatan KRI Pasopati 410 Indonesia.

Monumen Kapal Selam Surabaya

Foto : blog.pikavia.com

Monumen ini dibangun disisi Kalimas Surabaya. Monumen Kapal Selam ini menampilkan desain dengan skala penuh KRI Pasopati 410. KRI Pasopati 410 merupakan kapal selam milik TNI yang dulu beroprasi di wilayah timur.

Desainnya yang epic dan suasananya yang asik bakalan terasa pecah buat berwisata. Di sini Wovger juga melihat videorama, berwisata air di Kalimas, dan ada juga kolam renang buat anak. Cocok banget kalau mau ngajakin anak-anak. Tapi jangan lupa berpesan kepada mereka agar jangan pada kencing di celana. Jangan!

5. Museum Mpu Tantular Dengan Koleksi Benda-Benda Bersejarah Yang Unik.

Museum Mpu Tantular Surabaya

Foto : disporabudpar.sidoarjokab.go.id

Disini Wovger akan disuguhkan sejarah perkembangan kebudayaan di Indonesia. Wovger akan dibawa ke dalam suasana di mana Indonesia masih sebagai Nusantara dengan berbagai kerajaan yang menguasainya.

Ada banyak koleksi unik yang bisa Wovger lihat di sini, seperti telepon meja, sepeda tinggi buatan orang inggris, Surya Stambha yang merupakan koleksi langka dari NTT dan tentu saja berbagai koleksi lain yang tak kalah epic.

6. Masjid Cheng Hoo, Masjid Dengan Arsitektur Tionghoa Kental.

Masjid Cheng Hoo Surabaya

Foto : surabaya.panduanwisata.id

Tempat ibadah ini terletak di Jalan Gading, Surabaya. Memiliki arsitektur oriental dengan penggabungan budaya Cina, Jawa dan Islam. Di sini Wovger bisa shalat berjamaah sekaligus menikmati uniknya arsitektur Masjid ini. Asal jangan sampai, pas shalat berjamaah malah tengak-tengok memandangi arsitektur Masjid. Apalagi sampai memandangi lawan jenis secara berlebihan, yang padahal mereka juga lagi shalat. Jangan! Pokoknya jangan!

Shalat dulu, baru kemudian menikmati arsitekturnya. Atau sebaliknya: menikmati arsitekturnya belakangan, dan shalatnya duluan.

Sama aja!

7. Ciputra Water Park, Taman Air Terbesar Di Surabaya!

ciputra waterpark surabaya

Foto : www.ciputrasurya.com

Water park ini dibangun di atas tanah seluas 5 hektar. Ada banyak sekali wahana yang ditawarkan di sini. Mulai dari Sirens River, Chimera Pool, Marina Lagoon, Sinbad Playground, Roc Tower, dan Syracuse Beachdll. Jadi kalau Wovger biasa mandi di empang, maaf, di Ciputra Water Park nggak ada.

Oh ya. Karena areanya luas, Wovger kalau bawa anak-anak mandi di kolam hati-hati yah.

8. Hutan Mangrove Wonorejo, Tempat Wisata Jelajah Hutan Mangrove Ala Surabaya.

Hutan Mangrove Wonorejo

Foto : www.wisatajatim.info

Surabaya juga punya tempat wisata alam yang cukup menarik, lho. Ini buktinya. Wovger bisa coba mengunjungi Hutan Mangrove Wonorejo ini. Di sini Wovger akan diajak menyusuri rawa-rawa dengan melihat rindangnya pohon-pohon Mangrove di atas jalanan setapak yang terbuat dari kayu. Asik kan? Apalagi kalau bareng pasangan. Wih!

Eh, apa? Masih jomblo? Duh, maaf!

***

Gimana, udah mulai terpesona? Atau masih ada destinasi wisata di Surabaya yang belum Wovgo sebutin? Tambahin di kolom komentar yaaa.

Yuk, explorasi kekayaan pariwisata Indonesia dan sama-sama menjaga kelestarian budaya serta alamnya. Kalau piknik, biar nggak kesepian, jangan lupa ajak pasangan, eh iya, jomblo ding… maaf.