Dodolnya enak dimakan, wisatanya asik dikunjungi. Pantai-pantai di Garut ini emang keren abis deh!

Jembatan Pantai Sayang Heulang Sumber Foto : dindatravelling.wordpress.com

Wovger semua pasti tau dong, jika Garut sangat terkenal dengan makanan dodolnya yang sangat khas. Tapi selain itu, garut juga punya banyak sekali destinasi wisata yang keren abis loh.

Menjadikan Garut sebagai tujuan traveling merupakan keputusan bijak, karena Wovger akan menemukan banyak tempat-tempat seru di Garut yang akan memberikan pengalaman mengesankan.

Garut berada di Jawa Barat bagian selatan dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Maka dari itu di sini banyak terdapat wisata pantai yang menakjubkan.

Nah, kali ini Wovgo akan memberikan beberapa rekomendasi wisata pantai di Garut yang wajib untuk Wovger kunjungi. Sekalian berjemur, sekalian makan dodol juga kayaknya seru.

1. Pantai Santolo dengan pulaunya.

Pantai Santolo Garut

Foto : id.wikipedia.org

Pantai Santolo merupakan Pantai di Garut yang cukup populer, lokasinya berada di Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut. Di sini Wovger bisa melihat sebuah fenomena alam yang unik.

Di salah satu bagian pantai Santolo terdapat hilir dari sungi Cilauteureun. Posisi hilir sungai ini lebih rendah dari bibir pantai, jadi ketika air laut sedang pasang, air laut yang ada di sana akan mengalir ke sungai. Epic!

Di sini Wovger juga bisa melihat pulau dengan nama yang sama dengan pantainya. Wovger bisa mengunjungi pulau ini dengan menyewa perahu nelayan.

2. Pantai Sayang Heulang ini cocok buat Wovger yang suka berkemah di pantai.

Pantai Sayang Heulang Garut

Foto : flickr

Lokasi pantai ini berada di Desa Mancagahar Kecamatan Pameungpeuk. Pantai ini tidak jauh dengan pantai Santolo. Di sini Wovger akan mendapati pasir putih yang indah dan pantai yang landai. Sangat nyaman untuk berenang. Di samping itu, Wovger juga bisa berkemah di sini. Jangan lupa ajak keluarga atau teman-teman ya. Tapi kalau jomblo, kemahnya sendirian juga nggak apa-apa.

3. Pantai Rancabuaya dengan hiasan batu karang yang indah.

Pantai Rancabuaya Garut

Foto : anekatempatwisata.com

Lokasi pantai ini berada di Desa Purbayani Kecamatan Caringin Kabupaten Garut, sekitar 100 km dari pusat kota. Saat kesini, Wovger akan disuguhi pantai yang dipenuhi dengan batu karang. Wovgo tidak merekomendasikan untuk berenang di sini sih. Di batu karangnya. Lah, emang bisa, berenang di atas batu karang?

Meski di bagian airnya, mending nggak usah renang juga sih. Kecuali kalau Wovger mau pulang dalam keadaan badan lecet-lecet.

Tapi Wovger bisa tetap bermain air dengan berjalan-jalan menyusuri pantai berhias karang-karang ini. Disela-sela karang, Wovger juga akan menemukan ikan-ikan berenang. Selain ikan, juga ada begitu banyak jomblo-jomblo yang ngambang di sana.

4. Pantai Puncak Guha yang sepi dan cocok untuk menyendiri.

Pantai Puncak Guha Garut

Foto : travelmatekamu.com

Nah, dari tadi Wovgo nyinggung jomblo melulu, tapi tak memberikan solusi. Maka dari itu kali ini Wovgo pengen merekomendasikan pantai yang cocok banget buat kamu yang jomblo atau suka menyendiri (suka menyendiri karena jomblo).

Pantai Puncak Guha lokasinya tidak terlalu jauh dengan Rancabuaya. Berbeda dengan Rancabuaya yang agak ramai, pantai ini masih sangatlah sepi. Pantai Puncak Guha tidak memiliki pasir putih, tapi pemandangan yang disajikan oleh pantai ini keren banget deh.

Kondisi pantai ini bikin betah untuk berlama-lama. Oh ya, didekat lokasi pantai ini, Wovger juga bisa menemukan sebuah goa yang dihuni oleh para kelelawar.

5. Pantai Cicalobak, tempat yang nyaman untuk duduk tenang memandang lepas ke samudra.

Pantai Cicalobak Garut

Foto : www.berduakelilingindonesia.com

Pantai Cicalobak ini juga sama-sama memiliki tekstur pantai yang penuh karang. Sangat sedikit bagian yang memiliki pasir. Di sini Wovger bisa duduk-duduk di atas karang yang landai sembari melempar pandangan ke lepas samudra. Ingat ya, melempar pandangan. Tapi kalau mau sambil melempar kerikil juga boleh. Asal jangan sampai lempar batu sembunyi tangan.

6. Pantai Gunung Geder, pantai yang masih sepi dan menawan.

Pantai Gunung Geder Garut

Foto : www.hoteldigarut.net

Pantai ini berlokasi di kecamatan Cikelet. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih kehitaman dengan tekstur sangat lembut. Pantainya pun landai dan sangat cocok untuk berenang. Tapi hati-hati, ombak pantai selatan cukup ganas.

Di sini lokasinya masih sangat sepi. Wovger bisa bermain-main di sini bersama pasangan, seolah pantai ini adalah milik kalian berdua.

Eh, apa? Jomblo? Duh, maaf!

7. Pantai Taman Manalusu begitu indah dan masih sangat asri.

Pantai Taman Manalusu Garut

Foto : www.hoteldigarut.net

Pantai ini hanya berjarak 12 km dari Pantai Santolo. Pantai ini dipenuhi banyak karang. Wovger bisa menemukan ikan hias berenang disela-sela karangnya.

Pantai ini masih sangat sepi, karena masih jarang dikunjungi. Hal inilah yang menjadikan lokasinya masih begitu asri dengan pemandangan yang masih sangat alama. Keren lah.

8. Pantai Karang Paranje, pantai dengan eksotisnya pasir berwarna cokelat.

Pantai Karang Paranje Garut

Foto : www.klikhotel.com

Saat berkunjung kesini, Wovger akan menemukan pantai dengan warna pasir yang kecoklatan. Tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai lain, pantai ini juga dipenuhi batu karang.Di sini Wovger juga bisa menemukan gugusan batu karang yang epic.

Di salah satu gugusan karang di pantai ini dibangun gazebo. Di dalam gazebo ini Wovger bisa menikmati keindahan pantai lebih dekat lagi. Di sini Wovger juga bisa melihat sunset dengan pemandangan yang lebih keren.

9. Pantai Cijeruk, pantai yang mempesona dengan kebersihan pantainya.

Pantai Cijeruk Garut

Foto : digarut.com

Pantai Cijeruk ini berlokasi di Desa Sagara, Cijeruk. Pantai ini masih jarang dikunjungi wisatawan, jadi pantainya masih sangatlah bersih dan asri. Pantai Cijeruk memiliki pemandangan yang sangat indah. Wovger pasti akan terpesona saat berkunjung ke sini. Cobain deh.

***

Inilah beberapa pantai di Garut yang wajib untuk Wovger kunjungi. Indonesia itu memang indah dengan banyak sekali pantai-pantai keren, diantaranya ya yang udah Wovgo tulis di atas itu. Kalau Wovger punya rekomendasi tempat keren lain di Garut, tulis di kolom komentar dong.

Foto utama dindatravelling.wordpress.com