Tipe-tipe mahasiswa Indonesia waktu presentasi kayak gini nih. Kalau Wovgo sih cocok sama nomer empat! Kalau kamu nomer berapa?

Mahasiswa mana sih yang nggak pernah ngerasain momen presentasi di depan kelas? Ini bisa bikin Wovger jadi makin percaya diri loh. Biar besok pas presentasi skripsi nggak malu-maluin.

Eh, sebelum jauh-jauh bahas sidang skripsi, beranikan diri untuk tampil di depan umum sejak sekarang yuk. Toh untuk tahap awal, pengujinya juga baru teman-teman kamu sendiri. Ditambah satu dosen pengajar. Atau kalau Wovger lagi apes, biasanya juga ada mahasiswa yang keren banget waktu kamu presentasi. Biasanya dia suka ngasih pertanyaan-pertanyaan kritis yang bikin Wovger dan temen-temen sekelompok pada pengen ngompol serta nampol muka mahasiswa yang sok-sok nanya kritis itu.

Itu jelas bisa bikin minder banget kan ya? Tentu itu berpengaruh banget pada performa saat presentasi. Yang pede bisa jadi minder, yang minder jadi pemalu, yang pemalu lebih memilih ngelempar ke yang lain dengan ucapan:

“Eh, kamu aja yang presentasi. Kamu aja. Kamu aja.”

Akhirnya, mau nggak mau harus ada yang presentasi. Ini dia tipe-tipe mahasiswa saat presentasi yang udah Wovgo rangkum khusus buat kamu:

Tipe percaya diri

foto: blog.fortuneindogroup.com

foto: blog.fortuneindogroup.com

Tipe mahasiswa yang satu ini bawaannya nyantai kayak di pantai sambil makan petai. Perkara presentasi, dia jagonya.

Terkadang saking percaya dirinya, dia nggak perlu baca slide, cukup baca poin-poinya aja asal kelar dan semuanya ngerti.

Karena yang paling ditunggu adalah sesi tanya jawab. Biasanya dia sering diandalin sama teman-teman sekelompoknya.

Waktu sesi tanya jawab, dia percaya banget sama kemampuannya. Entah itu bener atau salah, bodoh amat. Yang penting jawab aja.

Ia sering banget jadi pusat perhatian dosen untuk diberondong dengan banyak pertanyaan, karena si dosen pengen mengukur seberapa jauh pengetahuannya. Tapi kadang-kadang, dosen juga ingin mengukur seberapa tinggi rasa percaya dirinya juga loh.

Tipe suka baca slide

foto: catatandosen43.wordpress.com

foto: catatandosen43.wordpress.com

Kalau ini justru kebalikan dari poin pertama. Tipe mahasiwa ini cenderung memegang teguh slide sebagai penyelamat hidupnya ketika presentasi. Maka jangan heran, kalau audience kadang suka dipantatin!

Ia bukan cuma baca poin-poinnya aja, tapi malah justru jadi kayak robot. Semuanya dibaca dengan detail.

Ini bikin audience jadi bosan dan pada ngantuk. Terus kalau udah masuk sesi tanya jawab, dia pasti buka slide untuk menjawab pertanyaan, kalau nggak bisa jawab dia bakal bisik-bisik sama temen kelompoknya sambil nyari di mbah google.

Kebayang kan, gimana jadinya kalau dia nemu jawaban di Wikipedia, dan dibaca semua?!

Kayaknya lompat dari lantai 4 kampus akan jadi solusi yang lebih baik deh, ketimbang dengerin dia yang baca kayak robot sampai akhir.

Tipe gemeteran alias gugup

foto: prasetya.ub.ac.id

foto: prasetya.ub.ac.id

Waktu kamu presentasi, pasti ada satu kelompok yang isinya anak gugup. Ia presentasi dengan suara pelan, gemeteran dan posisi tubuh yang kaku kayak es batu.

Ditambah lagi keringat yang sering mengucur dari keningnya bikin mahasiswa lain nggak tega buat nggak ngasi dia tisu. Atau kalau keringatnya berlanjut hingga mengucur deras, selanjutnya pada ngasih kanebo!

Bawaannya pengen cepet-cepet mengakhiri presentasi gara-gara saking gugupnya. Pas sesi tanya jawab, seringkali dilempar ke anggota lain untuk menjawab. Diam adalah emas baginya, daripada dia menjawab terus pingsan ditempat.

Gimana jadinya kalau dia presentasi sendirian? Wah!

Tipe Totalitas

foto: mayaarvini.com

foto: mayaarvini.com

Tipe satu ini pastinya menarik mata mahasiswa seantero kelas. Butuh banyak properti yang sempurna demi menguasai panggung presentasi.

Modalnya nggak cuma slide, dia juga butuh microphone biar suaranya menggema sekelas, poster, banner dan sampel-sampel penelitian lengkap beserta alat peraganya yang bisa dibawa presentasi.

Desain slide-nya bukan lagi power point biasa, tapi dia rela bikin desain unyu semi video menggunakan adobe flash. Udah gitu pas presentasi, pede abis! Pokoknya yang kelompok lain nggak ada, semua terpenuhi di kelompok ini.

Selain itu, ketika masuk sesi tanya jawab lebih suka improve dan sistematis banget. Semua jawaban dan pertanyaan udah diprediksi jauh sebelumnya, tentunya dengan pemikiran yang matang. Sehingga penonton jadi minder buat bertanya, yang ada mereka standing applause soal kelengkapan presentasinya. Nggak bisa dikalahin deh pokoknya.

Tipe motivator ala Mario Teguh

foto: epririyadiane.wordpress.com

foto: epririyadiane.wordpress.com

Presentator yang tipe begini biasanya memiliki public speaking yang bagus dan skill komunikasi yang tinggi. Nggak heran kalau kadang ia juga sering ngasih kata-kata motivasi. Sehingga kebanyakan teman akan mengecapnya sebagai sosok motivator.

Soalnya, setiap apa yang diucapkan mengandung makna yang mendalam. Di awal presentasi dia selalu menyapa dengan sapaan yang hangat:

“Sahabat-sahabatku para professional muda…”

Ceileh.

Dipertengahan, dia mungkin akan bilang:

“Betul begitu? Hmm…mungkin Anda keliru.” sambil senyum berwibawa.

Di akhir presentasi selalu ditutup dengan quote positif:

“Para professional muda, jangan buang waktumu hanya dengan mendengar. Tapi berusahalah untuk lebih kritis terhadap sesuatu.”

Matanya menatap dengan tatapan optimis, lalu ia mengakhirinya dengan ucapan:

“Itu!”

Kemudian audience bertepuk tangan.

Mungkin kalau ada mahasiswa yang nanya, ia bakal mengawali jawabannya dengan:

“Pertanyaan Anda super sekali.”

Temen Wovger ada yang kayak gini?

Tipe Dewi Fortuna

foto: soulofepic.blogspot.com

foto: soulofepic.blogspot.com

Tipe terakhir ini, idola banget bagi mahasiswa. Terutama pas sesi tanya jawab. Dia diibaratkan senjata terakhir yang disembunykan, karena datang pas kondisi lagi panas-panasnya.

Pastinya kamu pernah menjumpai presentasi yang berujung memanas lantaran jawaban yang nggak berhasil memuaskan si penanya dong.

Hal inilah yang kemudian memunculkan mahasiswa tipe dewi fortuna. Yakni pemberi solusi dari pertanyaan yang di luar dugaan.

Keberadaanya mungkin nggak begitu bisa dideteksi, tapi dia sangat membantu ketika kelompokmu hancur lebur terlalu banyak serangan.

Hadirnya dia membuat semua orang bernafas lega.

****

Dari penggolongan tipe-tipe mahasiswa saat presentasi ini, Wovger termasuk tipe yang nomer berapa?