Bikin lidahmu menari-nari dengan mencicipi kuliner-kuliner khas Malang ini

Bakso Malang Sumber Foto : www.heytheresia.com

Malang selama ini terkenal dengan apel Malangnya. Tapi jangan salah, selain apelnya yang khas, Malang juga punya banyak kuliner lezat yang patut Wovger coba.

Pokoknya rugi kalo main ke Malang dan belum mencicipi kuliner khas Malang ini.

1. Cwie Mie 

Cwie Mie Malang

Foto : www.heytheresia.com

Cwie mie malang merupakan sajian mie khas dari daerah Malang.Cwie mie Malang hampir mirip dengan mie ayam, tapi ada sedikit perbedaannya. Cwie mie ini menggunakan selada dan daging ayamnya lebih halus, serta taburan bawang goreng. Jika bumbu yang digunakan pada daging ayam di mie ayam berwarna cokelat dan manis, Cwie Mie bumbunya sedikit polos dan sedikit asin. Ketika dipadukan dengan kuah rasanya menjadi gurih dan segar.

Sangat enak jika dinikmati saat hujan-hujan gerimis sambil menatap pasangan.

2. Sego Goreng Mawut

Sego Goreng Mawut Malang

Foto : closetdomesticbunny.blogspot.com

Sego goreng mawut atau nasi goreng mawut ini merupakan perpaduan antara nasi dan mie goreng.  Rasanya memang tidak jauh beda dengan nasi goreng, karena bumbu dasar yang digunakanpun sama. Kalo pengen rasanya lebih nikmati, makannya sambil natapin aku ajah. Sego goreng mawut ini sangat mudah ditemui di setiap sudut kota Malang.

Nama mawut ini diambil dari bahasa jawa yang artinya berantakan, nah kuliner ini enaknya pecah berantakan juga lah pokoknya.

3. Rawon

Rawon Malang

Foto : bundaafa.wordpress.com

Kalo ketemu Rawon siap-siap dech air liur meleleh. Oia jangan sampe salah sebut yah, ini Rawon bukan Tawon. Rawon merupakan sup daging sapi dengan kuah kental berwarna hitam. Yang membuat kuah ini berwarna hitam adalah kluwek. Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur yang juga banyak dijumpai di Malang.

4. Orem-orem

orem orem

Foto : duhita-hartono.blogspot.com

Orem-orem adalah salah satu kuliner khas Malang yang terdiri dari irisan ketupat, tempe dan ayam yang dimasak dengan kuah santan kental. Penyajiannya orem-orem ini adalah ketupat yang diiris kemudian ditambah tauge, tempe dan disiram kuah sayur dicampur santan.

Rasanya biasanya agak sedikit pedas, tapi tidak sepedas perkataan ibu mertua kok tenang saja. Ohiya Wovger juga bisa menikmatinya bersama tempe goreng yang masih anget, wah mantep tuh pasti.

5. Bakso Malang

Bakso Malang

Foto : huruharada.blogspot.com

Bakso memang sudah banyak ditemui dimana-mana, tapi Malang punya penyajian bakso yang sangat khas. Yang Malang banged pokoknya. Bakso malang ini terbuat dari daging sapi, yang disajikan dengan mie kuning, tahu, siomay, pangsit goreng dan siraman kuah panas.

Salah satu bakso malang yang sangat terkenal di Malang adalah Bakso President. Bakso President ini sudah berdiri sejak tahun 1977, jadi sudah sangat khas banged. Yang membedakannya dengan bakso malang pada umumnya adalah pilihan isiannya. Bakso President ini berlokasi di Jl. Batanghari No. 5.

6. Bakso Bakar

Bakso Bakar Malang

Foto : www.youtube.com

Selain bakso kuah yang khas, Malang juga punya kuliner bakso bakar.  Namanya saja bakso bakar tentu saja baksonya dibakar. Jadi baksonya direbus kemudian dibakar seperti sate dengan bumbu seperti sambal kecap dipadu dengan saos.

Cara menikmatinya tidak sama dengan sate tentu saja. Baksonya akan dilepas dari tusuknya dan disajikan diatas piring. Bakso bakar khas Malang pertama kali diciptakan oleh Soeparman alias Pak Man pada tahun 1997.

7. Wedang Angsle

Wedang Angsle Malang

Foto : www.klikhotel.com

Angsle atau wedang angsle merupakan minuman khas Malang. Bisa dibilang ini adalah wedang ronde khas dari Malang. Paduan isiannya juga mirip dengan ronde atau sekoteng yaitu roti, kacang tanah, dan yang membuat beda adalah adanya kacang hijau rebus, petulo (putu mayang), bubur mutiara, ketan putih kukus, dan tape singkong. Selain itu kuah angsle juga ditambah santan.

Menikmati Angsle di malam hari di tengah dinginnya hawa kota Malang, tentu saja akan menyenangkan. Apalagi jika menikmatinya bersama gebetan.

8. Soto Kambing

Soto Kambing

Foto : malangbatutravel.blogspot.com

Soto kambing ini banyak dijual oleh pedagang pikulan di daerah utara Malang menuju Batu. Wovger jangan bingung jika tidak menemukan tulisan kambing di nama sotonya, karena biasanya para penjualnya hanya akan menuliskan “SOTO”.

Biasnaya soto kambing ini dibuat dengan kayu bakar sehingga menimbulkan aroma kayu bakar yang khas dan memberi citarasa yang lain pada kuah sotonya. Biasanya soto ini disajikan dengan isian daging kambing, usus, taoge, dan irisan kubis. Saat mencicipinya Wovger akan menemukan citarasa perpaduan antara soto dan gulai.

9. Menjes Malang

Menjes Malang

Foto : detik forum

Menjes merupakan ampas tahu yg difermentasikan spt membuat tempe. Bentuknya hampir sama dengan tempe juga, tapi teksturnya lebih lembut.  Untuk penyajiannya biasanya menjes ini digoreng dalam balutan tepung. Sangat nikmat jika dimakan saat masih panas atau anget-anget gitu.

10. Mendol Tempe

Mendol Tempe

Foto : resepmakansedap.com

Mendol adalah makanan yang dibuat dengan bahan dasar terbuat dari tempe. Bentuknya lonjong seperti combro karena cara pembuatannya dimana tempe ini dihaluskan kemudian dibentuk lonjong menyerupai combro tadi, kemudian diberi bumbu dan digoreng.

Makanan ini sangat cocok untuk lauk pauk atau sekedar menjadi camilan dikala Wovger sedang ngepoin facebook mantan.

***

Inilah beberapa kuliner khas Malang dengan citarasa Indonesianya yang sangat kental. Wuih bikin ngiler pokoknya. Jika Wovger tau kuliner lain di Kota Malang yang layak untuk dicoba, Wovger bisa menambahkan dikomen.