Demi kesehatan dan keselamatan, nggak ada salahnya kamu membaca tips ini biar aman naik motor sekalipun malam hari

pengemudi motor Sumber Foto : inberita.mywapblog.com

Sebagai warga negara Indonesia yang transportasi utamanya adalah motor, tentunya sudah menjadi kebiasaan untuk berkendara, baik di siang maupun di malam hari. Padatnya kesibukan kadang menuntut agar tetap bepergian di malam hari.

Buat Wovger yang nggak biasa bepergian di malam hari, sebaiknya baca dulu tips-tips di bawah ini. Tapi bagi yang sudah biasa, nggak ada salahnya ikutan baca, demi meningkatkan kewaspadaan.

1. Jangan lupa menggunakan masker setiap kali ke luar rumah.

pakai masker

Foto : www.mpm-motor.co.id

Masker adalah benda wajib yang harus dibawa kemanapun Wovger pergi. Polusi yang tinggi bercampur dengan asap kendaraan, debu, dan bakteri kecil lainnya membuat hidup menjadi tidak sehat.

Sebagai pengendara motor, pastinya tidak ingin saluran pernapasan rusak karena polusi udara dong. Untuk itu, masker membantu menyaring udara yang masuk ke hidung. Fungsi masker ternyata nggak cuma melindungi hidung. Ia bisa melindungi wajah dari asap dan debu.

2. Meski nggak ada polisi, helm tetap wajib dipakai.

pakai helm

Foto : oto.detik.com

Atmosfer bebas berkendara di malam hari lebih terasa dibanding berkendara di siang hari. Penyebabnya, karena jam kerja polisi lalu lintas sudah usai. Di siang hari, kita sibuk mengintai, adakah polisi yang berjaga di pos? Namun ketika malam tiba, kita jarang melakukan pengintaian.

Wovger yang senyam-senyum, pasti dalam hatinya bergemuruh:

“Ih, bener juga. Bener juga.”

Meskipun nggak ada polisi yang berjaga, sebagai pengendara yang baik sebaiknya tetap mengenakan helm. Nggak ada ruginya pakai helm. Risiko yang ditimbulkan malah lebih besar jika tidak mengenakannya. Tidak memakai helm pengaruhnya berdampak langsung pada kesehatan.

3. Jaket jangan lupa dibawa kalau nggak mau masuk angin.

pakai jaket

Foto : otomotif.news.viva.co.id

Hingga saat ini, hasil pengamatan Wovgo menunjukkan bahwa masih banyak pengendara motor yang abai terhadap himbauan yang satu ini. Iya sih, memang nggak harus pakai jaket berstandar SNI kalau mau berkendara. Nggak pakai baju juga nggak papa yang penting pakai helm.

Tapi kan ya nggak gitu juga kali. Meski tidak diatur dalam undang-undang, sebaiknya kenakan jaket kalau mau berkendara di malam hari. Jaket mencegah angin dan udara dingin masuk ke tubuh. Risikonya besar sekali kalau sudah masuk angin. Apalagi pengaruh angin malam yang jelas tidak baik bagi kesehatan. Maka dari itu, jangan lupa pakai jaket dan helm juga ya. Dan, oh ya, satu lagi: jangan lupa bawa motor juga. Nanti dikira orang gila, kalau pakai jaket dan helm tapi nggak pakai motor.

4. Nyalakan lampu saat berkendara, sebagai identitasmu di malam hari.

menyalakan lampu motor di malam hari

Foto : iwanbanaran.com

Saat malam tiba, pandangan jadi kabur, pengemudi lainnya menjadi tidak terlihat. Akibatnya, banyak korban kecelakaan berjatuhan karena pandangan yang kurang jelas. Antisipasinya, Wovger harus menyalakan lampu di motor.

Tidak menyalakan lampu bisa fatal akibatnya, meski sudah berkendara dengan tertib. Bisa-bisa disruduk kendaraan lain dari belakang. Lebih parah lagi, kalau kendaraan yang dibelakang itu sedang membawa banteng, dan bantengnya ikutan nyeruduk. Kalau gini kan, bawaannya jadi pengen ngebales nyeruduk. Iya nggak?

Nah, maka dari itu, sebaiknya periksa dulu keadaan lampu di motor sebelum memutuskan berkendara di malam hari. Pastikan lampunya masih menyala dengan normal. Lalu pastikan juga kalau itu lampu motor. Bukan lampu petromak. Ya? Ya? Ya?!

5. Usahakan mengenakan pakaian yang cerah agar tidak mengaburkan pandangan pengendara lain.

jaket fluorescent

Foto : road.cc

Menyalakan lampu saja tidak cukup. Kamu harus ‘terlihat’ di mata pengemudi lainnya agar risiko kecelakaan bisa diminimalisasi. Pakailah pakaian yang berwarna cerah supaya mudah dikenali.

Kalau ada, pakailah jaket yang mengandung bahan fluorescent. Jaket fluorescent akan menampakkan sinar jika ditimpa cahaya. Jaket yang biasa dipakai pak polisi yang warna hijau itu lho.

6. Mengemudilah dalam keadaan sadar.

mengemudi motor dengan sadar

Foto : arsip.bewara.co

Mengemudi dalam keadaan sadar maksudnya ialah mengemudi dalam keadaan konsentrasi penuh. Dilarang mengemudi saat otak sedang dalam keadaan tidak sadar. Dalam pengaruh alkohol, obat-obatan, atau kantuk misalnya.

7. NO GADGET!!!

jangan menggunakan gadget ketika mengemudi

Foto : asopusitemus.wordpress.com

Apa hubungannya gadget dengan kesehatan saat berkendara di malam hari? Sebenarnya sah-sah saja tetap memakai gadget. Nggak ada yang melarang. Asal kendarannya nggak jalan, mesinnya harus mati. Atau mesinnya nyala juga nggak apa-apa, tapi motornya nggak dinaikin. Semacam manasin mesin gitu.

Pengendara yang tetap ngeyel main gadget sambil berkendara dalam keadaan kendaraan sedang berjalan, memiliki gangguan kesehatan mental. Secara tidak langsung ia sedang berusaha melakukan tindakan penghilangan nyawa bagi dirinya sendiri. Jadi, saat berkendara jangan pernah main gadget ya. Apalagi kalau sampai gadget yang dimainkan adalah gadget orang. Wah! Jangan, pokoknya jangan!

8. Jangan lupa berdoa.

berdoa

Foto : panduanhidupsehat.com

Terakhir, bagaimanapun usaha kita menjaga keselamatan, takdir tetap tak bisa diduga. Jangan lupa berdoa setiap Wovger hendak pergi kemanapun. Berdoa menjadi tameng pelindung agar selamat di jalan raya. Berdoalah memohon keselamatan. Bukan berdoa memohon datangnya hujan.

***

Semoga tips-tips di atas sudah dilakukan oleh Wovger. Berkendara di malam hari harus ekstra hati-hati dibanding di siang hari. Minimnya pencayahaan menjadi perhatian tersendiri yang sama sekali jangan diabaikan. Mengabaikan peraturan? Jangan. Tapi mengabaikan mantan? Boleeeeeh!