Kalau kamu bosan dengan menu yang itu-itu aja, kuliner-kuliner khas Solo ini mungkin perlu dicoba

kuliner solo Sumber Foto : mainmania.com

Solo selain terkenal dengan batiknya dan kota asal Presiden kita “Pak Jokowi”, Solo juga terkenal dengan berbagai kuliner nikmat dengan citarasa khas rempah-rempah jawa.

Solo memang terkenal sebagai kota yang menyajikan kuliner lezat nan murah.

Nah ada beberapa kuliner khas Solo yang bisa Wovger coba saat berkunjung ke kota seni dan budaya tersebut.

1. Nasi Liwet

Nasi Liwet

Foto : kuliner.panduanwisata.id

Sepertinya jika ke Solo dan belum mencicipi Nasi Liwet kurang afdol deh. Nasi Liwet merupakan makanan yang berasal dari Solo dan sangat khas banged. Nasi liwet ini terbuat dari beras yang di masak dengan kaldu ayam yang membuat nasi terasa gurih dan beraroma lezat. Yummy pokoknya.

Penyajian Nasi Liwet ini biasanya dicampur dengan sayur labu siam yang dimasak sedikit pedas, telur pindang rebus, daging ayam suwir, kumut (terbuat dari kuah santan yang dikentalkan) dan disajikan dengan daun pisang yang dipincuk. Penyajian yang sederhana khas Solo banged.

2. Tengkleng

Tengkleng

Foto : greenrevsolo.blogspot.com

Jangan sampe salah sebut, nama makanan ini adalah Tengkleng, bukan “tempeleng”. Tengkleng ini semacam gulai kambing tetapi kuahnya tidak memakai santan. Tengkleng ini diisi oleh tulang belulang kambing dengan sedikit daging yang menempel, bersama dengan sate usus, sate jerohan, otak dan organ-organ lain.

Tengkleng ini memiliki cita rasa gurih, segar, dan sedikit pedas. Sangat cocok dijadikan santapan makan siang. Hancep lah pokoknya.

3. Sambel Tumpang

Sambel Tumpang

Foto : ratukuliner.com

Sambel tumpang ini terlintas terlihat seperti kuah, kuah tumpang ini dibuat dari campuran santan dan tempe semangit (tempe yang mulai membusuk) yang dihaluskan. Biasanya di dalam kuah tumpang ini terdapat tahu putih, telur dan krecek (kulit sapi).

Penyajiannya biasanya dengan nasi putih atau bubur beras yang ditumpangi aneka sayuran rebus seperti bayam, taoge, dan kacang panjang kemudian disiram kuah tumpang ini.

Sambel Tumpang ini punya cita rasa gurih, manis, dan sedikit pedas.

4. Sate Buntel

Sate Buntel

Foto : resepdanmasakan.com

Sate Buntel ini pada dasarnya adalah sate kambing, tapi khas kota solo. Sate ini terbuat dari daging kambing yang dicincang, diberi bumbu bawang dan merica dan kemudian dibungkus dengan lemak kambing. Dimakan bersama kecap, irisan cabe rawit, bawang merah, irisan kol dan tomat. Uah, banyangin ajah udah bikin ngiler.

5. Pecel Ndeso

Pecel Ndeso

Foto : kratonpedia.com

Pecel ndeso ini pada dasarnya sama seperti pecel pada umumnya, yang membuatnya sedikit unik adalah penggunaan beras merah. Jadi pecel ini dibuat dari beras merah dicampur sayur yang berisi sayuran mulai dari jantung pisang, daun kenikir, daun petai cina, bunga turi, dan kacang panjang, sambal wijen putih atau hitam.

Wovger bisa mneyantapnya bersama belut goreng, wader  goreng, telur ceplok, sosis solo, atau toping lainnya. Lezat pokoknya.

6. Timlo Solo

timlo solo

Foto : masakanpraktis.com

Timlo Solo merupakan hidangan berkuah bening yang berisi sosis ayam yang dipotong-potong, telur ayam pindang dan irisan hati dan ampela ayam. Wuah isiannya ajah udah menggiurkan gini.

Menu ini disantap dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng.

7. Sate Kere

Sate Kere

Foto : Wikipedia

Sate Kere ini cukup unik. Jika Sate pada umumnya terbuat dari daging sapi atau ayam, tapi sate ini terbuat dari bahan lain. Sate kere ini terbuat dari tempe gembus, yaitu tempe yang dibuat dari ampas kedele sisa pembuatan tahu. Selain itu bisa juga menggunakan jerohan sapi, seperti paru, limpa, hati, iso, torpedo, ginjal, dan babat.

Sebelum dibakar, bahan sate tadi direndam dalam bumbu khas. Sedangkan bumbu untuk menyantap sate kere ini yaitu bumbu kacang.

8. Gule Goreng

gule goreng

Foto : intisari-online.com

Jika selama ini Wovger menikmati gule itu selalu berkuah, di solo ada cara lain untuk menikmati gulai kambing, yaitu digoreng. Sajian ini disebut gulai goreng. Cara pembuatnya adalah gulai kambing yang berkuah santan kental dimasak diatas anglo (kompor) arang sampai kering. Proses ini akan membuat daging semakin empuk dan menciptakan rasa unik dan khas.

Nikmat banged lah.

9. Cabuk Rambak

Cabuk Rambak

Foto : porosberita.com

Makanan ini sangat khas Solo. Makanan ini terdiri dari ketupat yang diiris tipis-tipis, sambal wijen, dan karak atau kerupuk dengan bahan dasar beras. Yang membedakan dengan makanan ketupat di daerah lain adalah bumbunya.

Penyajiannya biasanya menggunakan pincukan daun pisang dan dimakan menggunakan lidi. Sederhana tapi nikmat sob.

10. Serabi Solo

Serabi Solo

Foto : www.kuliner123.com

Serabi Solo terbuat dari adonan tepung beras, gula pasir, santan dan berbentuk bulat, lembut dan sedikit lembek di tengah, dengan kerak disekelilingnya yang kering dan renyah. Selain polos, serabi solo juga memakai toping yang beraneka macam seperti taburan coklat, nangka, dan irisan pisang. Kebayang kan nikmatnya.

11. Bakmi Toprak

Bakmi Toprak

Foto : www.laksanahotel.com

Jangan membayangkan sajian ketoprak ala Jakarta, kuliner ini memiliki ciri khas sendiri. Tidak seperti ketoprak Jakarta yang memakai sambel kacang, toprak solo berkuah bening. Toprak Solo terdiri dari mi kuning, irisan kol, tahu tempe goreng, telur dan sosis. Kemudian disiram dengan kuah kaldu dan irisan tetelan daging sapi serta taburan bawang goreng dan seledri.

Sangat cocok untuk sajian makan siang kalian.

12. Intip 

Intip solo

Foto : www.laksanahotel.com

Intip adalah kerak nasi yang dijemur sampai kering, kemudian digoreng. Setelah matang ditaburi garam dan adonan gula merah cair. Ini merupakan jajanan yang wajib menjadi oleh-oleh saat Wovger ke Solo.

13. Wedang Dongo

Wedang Dongo

Foto : kuliner.panduanwisata.id

Ini merupakan wedang ronde ala Solo. Wedang dongo terdiri dari bulatan yang terbuat dari tepung ketan yang berisi kacang tumbuk dan irisan kolang kaling, kemudian campuran ini disiram dengan air jahe manis. Sangat cocok untuk diminum dikala malam dingin sebagai penghangat tubuh. Akh sedap…

14. Rambak petis

Rambak petis

Foto : www.laksanahotel.com

Selain intip, Rambak petis juga merupakan jajanan yang bisa menjadi oleh-oleh kala Wovger mengunjungi Solo. Rambaknya berbahan baku dari kulit sapi dan kerbau. Setelah dijemur, potongan kulit yang berbentuk kotak yang telah kering ini direndam dalam racikan bumbu sebelum akhirnya digoreng. Rambak ini didampingi dengan Petis. Petis adalah semacam kecap dibuat dari kaldu sapi yang diproses bersama gula dan bumbu khas.

***

Sebenarnya masih ada banyak kuliner khas Solo yang nikmat dan patut untuk dicoba, tapi apa daya Wovger tidak mampu menyampaikan semuanya. Nah jika Wovger tau kuliner-kuliner lain, bisa menambahkan di komentar yah.