Perubahan yang harus kamu bikin di usia 20-an biar bisa awet sukses selamanya!

berubah Sumber Foto : agapeconsultingx.wordpress.com

Wovger udah usia berapa nih ngomong-ngomong? Wah, sensitif yah kalau ngomongin umur. Tapi Wovger tahu nggak, kalau usia 20-an adalah masa-masa yang akan menentukan masa depan. Jadi bagaimana Wovger menghabiskan waktu di usia 20-an akan sangat menentukan siapa kalian, dan akan menjadi apa kalian dimasa depan.

Umur 20-an menjadi kesempatan seseorang untuk membangun sesuatu dimasa depan. Jadi di usia ini Wovger harus tahu betul apa yang harus dilakukan. Sesuatu yang baru, apa yang harus dimulai, dan kebiasaan lama apa yang harus dihentikan sebagai dasar untuk meletakan kesuksesan seumur hidup.

Nah, Wovgo akan memberikan beberapa gambaran, kira-kira perubahan apa saja yang harus Wovger lakukan di usia 20-an untuk bisa mencapai sukses.

Tuliskan tujuan Wovger di masa depan. Jangan jadikan itu hanya sebatas mimpi, tapi jadikan sebagai goal yang harus diraih.

goals

Foto : fahmimumtaz.com

Saat menjelang akhir 20-an, Wovger bisa menuliskan kira-kira gaya hidup ideal apa yang ingin diraih antara 5, 10, hingga 20 tahun mendatang.

Tuliskan semua list harapan dan tujuan itu. Biar tidak hanya sekedar menjadi fantasi, tuliskan juga bagaimana langkah-langkah untuk bisa mencapai itu. Menuliskan tujuan hidup di masa depan seperti ini akan memotivasi Wovger untuk meraih sesuatu.

Dengan tulisan yang Wovger buat, setiap mimpi dan tujuan yang ditulis itu akan terus tertanam di pikiran. Wovger juga akan bekerja lebih keras, karena merasa dipaksa untuk bisa menyelesaikan list mimpi itu. Dengan membuat tulisan ini, Wovger juga akan menciptakan catatan nyata yang dapat dilihat dari waktu ke waktu.

Saat mulai merasa down, coba lihat kembali catatan tujuan itu dan merangkaklah kembali untuk mewujudkannya.

Mulai lepaskan ego. Jangan biarkan diri dibelenggu oleh kesombongan, sehingga menutup jalan pemikiran baru.

Katakan tidak

foto: thinkadvisor.com

Semakin tinggi ego seseorang, maka orang tersebut akan semakin menutup diri dengan keadaan diluar dirinya. Tentu saja Wovger tidak ingin menjadi seperti ini dong. Mulailah belajar melihat sesuatu dari sudut pandang yang lain. Jangan biarkan ego ini malah membuat Wovger tinggal dalam suatu gelembung yang akan menghalangi Wovger dalam meraih sesuatu yang lebih besar.

Mulailah bertanya dalam diri kalian “Bagaimana jika sesuatu itu terjadi tidak seperti kelihatannya?” atau “Bagaimana jika pemikiranku salah?” Belajarlah berdamai dengan diri kalian, bahwa segala sesuatu tidak bisa selalu berjalan sesuai dengan keinginan ego kita. Terkadang kita harus menerima sesuatu diluar ekspektasi, dan belajar hal-hal baru.

Membacalah lebih banyak. Rakuslah akan pengetahuan baru.

membaca buku

Foto : news.okezone.com

Dalam sebulan, ada berapa literatur yang Wovger baca? (entah itu artikel di internet atau dari buku). Kegiatan membaca memang masih sangat jarang diminati. Bahkan di kalangan masyarakat kita, kegiatan membaca masih dijadikan sebuah hobby. Kelihatannya itu bagus. Tapi, mari buka mata. Membaca itu seharusnya menjadi sebuah kebutuhan, setara dengan mandi, makan dan tidur. Jangan cuma menjadikannya sebagai hobby, tapi jadikan itu sebagai gaya hidup.

Jadilah orang yang rakus akan ilmu pengetahuan. Dengan membaca, berarti akan mempelajari lebih lanjut topik-topik yang tidak dibahas disekolah formal.

Berhentilah mengharapkan hidup seperti orang lain. Kamu punya hidup sendiri, dan jalani itu dengan cara kamu.

Sehat

Wovger harus bisa mulai membuka mata di usia 20-an, bahwa hidup itu tidak ada templatenya. Semuanya dirancang oleh manusianya masing-masing dari nol. Jadi jangan pernah bermimpi untuk bisa hidup seperti orang lain.

Mungkin di awal-awal, Wovger akan sangat tergoda untuk bisa meniru mimpi dan tujuan orang lain sebagai tolok ukur. Tapi sadarlah sekarang juga, bahwa setiap orang memiliki jalan hidup masing-masing. Bangun mimpimu sendiri. Jangan hidup sesuai dengan perkataan orang, jangan hidup berdasarkan apa yang diharapkan orang lain, hiduplah dengan caramu sendiri dan jadilah manusia seutuhnya.

Jangan sesali masa lalu. Berdamailah dengan diri sendiri. Masa lalu itu sudah menjadi bagian hidup dan bukan hal yang harus disesali.

kerusakan otak

Setiap kita pasti punya masa lalu. Wovger dan semua orang pasti punya sisi kelam di masa lalu itu yang seringnya akan menjadi bahan penyesalan. Tapi mulai sekarang stop untuk terus meratap.

Kita perlu belajar mencintai ketidak sempurnaan yang kita buat di masa lalu, dan memaafkan diri sendiri supaya penyesalan ini tidak mengingatkan kita pada sesuatu yang buruk, tapi mengingatkan kita bahwa kita bisa berbuat lebih baik.

Tunjukan kepedulian kepada orang-orang terkasih. Jangan malu-malu untuk menunjukan bentuk kepedulian secara nyata.

bahagia

Foto : www.lookbook.id

Jika Wovger benar-benar peduli dengan seseorang, biasakan untuk menunjukkan kepedulian itu. Semakin dewasa seseorang, bentuk kepedulian itu akan semakin memudar. Mulai pupuk lagi rasa simpati dan empati pada seseorang, dan tunjukkanlah sebuah tindakan nyata untuk menunjukan kepedulian itu.

Dengan itu, akan terjalin sebuah hubungan yang sangat indah. Wovger akan merasakan bagaimana nyamannya berbagi hidup dengan seseorang yang benar-benar Wovger pedulikan.

Pedulikan kesehatan. Bangun kebiasaan yang sehat untuk bisa menjamin kehidupan yang sehat di masa mendatang.

Rajin Aktivitas Fisik

Foto : unycommunity.com

Saat usia masih 20-an, ada baiknya Wovger mulai mempedulikan kesehatan dan melakukan kegiatan yang bisa melindungi kesehatan tubuh hingga masa tua. Orang-orang di usia 40-an biasanya akan menghabiskan banyak uang karena masalah kesehatan. Kebiasaan tidak sehat yang dibangun sejak muda bisa memicu ketidaksehatan saat masa tua.

Wovger tentu saja tidak ingin hal ini terjadi kan? Maka dari itu, membangun kebiasaan yang sehat sangat dianjurkan di masa-masa umur 20-an ini. Berolahraga dan memiliki kebiasaan hidup sehat di usia 20-an akan membuat badan terbiasa dengan sesuatu yang sehat dan membangun sebuah gaya hidup yang baik untuk masa tua.

Mulailah mempersiapkan uang pensiun. Wovger tentu saja tak ingin bekerja selamanya, bukan?

uang

Foto : www.lintasgayo.com

Kata siapa cuma PNS yang masa tuanya terjamin dengan dana pensiunan. Wovger yang bukan PNS pun bisa kok merencanakan dana pensiun. Menyiapkan sesuatu lebih awal tentu saja akan lebih baik. Dengan menabung lebih awal untuk masa pensiun, tentu saja akan menghasilkan bunga yang lebih banyak. Wovger juga bisa pensiun disaat yang diinginkan, dan menikmati masa tua dengan nyaman, karena semuanya sudah dipersiapkan lebih awal.

Mulai coba hal baru. Terbukalah dengan dunia.

jalan sendiri

Foto : zhizhisiregar.tumblr.com

Dengan mengikuti atau mencoba hal-hal baru, Wovger akan memiliki gairah tersendiri. Wovger akan memiliki informasi yang penuh dan selalu punya topik untuk dibicarakan.

Mengikuti peristwa-peristiwa yang terjadi juga akan menghindarkan Wovger dari sikap apatis. Bersikap terbuka dengan tetap memiliki kontrol pada pendirian itu sangat diperlukan loh.

Cobalah untuk melakukan traveling. Jangan memposisikan diri sebagai wisatawan, tapi sebagai seorang traveler.

travelling

Foto : www.femalesia.com

Perbedaan seorang wisatawan dan seorang traveler adalah bagaimana mereka memaknai setiap perjalanan yang dilalui. Seorang wisatawan hanya akan mengejar tujuan wisata untuk bersenang-senang, sedangkan traveler akan menikmati setiap perjalanan dan membuka diri untuk menemukan banyak hal-hal baru.

Melakukan traveling akan membantu Wovger melihat posisi diri sendiri di dunia ini, bahwa sebenarnya kita sebagai manusia hanyalah sebagian kecil dari sebuah sistem yang sangat besar dan kompleks di dunia ini. Dengan melihat dunia, Wovger akan semakin menghargai setiap detail hidup dan pencapaian demi pencapaian yang diperoleh.

Mulai ambil waktu untuk diri sendiri. Kamu berhak mempedulikan diri sendiri.

sunset

Foto : deloiz.blogspot.com

Untuk beberapa saat, jauhkan diri dari ponsel dan orang-orang. Ambil sedikit waktu untuk menyendiri. Kamu akan sangat membutuhkan waktu untuk menyendiri, agar bisa memahami diri sendiri. Jangan sampai kehilangan kontrol atas diri sendiri.

Mulailah melakukan evaluasi mingguan. Melihat kembali pencapaian setiap minggunya, akan membuat Wovger tetap dalam track yang benar.

evaluasi

Foto : www.veryfund.co

Salah satu kebiasaan yang harus mulai Wovger kerjakan adalah melakukan review mingguan. Dari review mingguan inilah Wovger akan melihat kembali pencapaian selama minggu tersebut dan bisa melakukan persiapan untuk menghadapi minggu berikutnya.

Evaluasi dan review mingguan ini akan menjadi kontrol agar tetap dalam jalur menggapai tujuan yang sudah dituliskan. Jadi setiap hal yang dikerjakan dapat termonitorng dengan jelas.

***

Demikianlah beberapa hal yang harus Wovger ubah di usia 20-an, agar mampu merasakan sukses seumur hidup. Persiapkan segala sesuatu lebih awal, supaya bisa menikmati hidup dengan sukses yang juga lebih awal.