Resep Kue Cubit Green Tea yang bisa kamu bikin sambil cubit-cubitan bareng pasangan!

kue cubit

Kamu penggemar kuliner khas Indonesia?

Atau kamu food lovers yang nggak cuma menikmati aja tapi juga suka bikin atau bahkan eksplorasi resep?

Bagi pecinta kue yang manis-manis, Wovgo akan kasih tulisan unyu mengenai resep Kue Cubit.

Sebelum ke resep Kue Cubitnya, ada baiknya mending Wovgo sharing sedikit tentang asal-muasal Kue Cubit dulu ya. Coba dicatat baik-baik. Kali aja ini besok keluar di ujian.

Jadi kudapan imut nan enak ini ditemukan di Indonesia, ya iya lah—tepatnya di daerah Jakarta. Tapi nggak sedikit orang mengaku kalau Kue Cubit ini asalnya dari Bandung.

Nah, berawal dari sini, kepopuleran Kue Cubit mulai menggema. Banyak orang-orang yang antusias dengan kue ini, padahal kue ini udah ada sejak lama loh. Tapi entah kenapa baru teekspose sekarang.

Proses penyebarannya dilakukan oleh anak-anak muda penggila sosial media. Kue Cubit sering banget nampang di Instagram, Path, Facebook dan Twitter. Lagi-lagi media berperan penting terhadap eksistensi sesuatu, termasuk kue legit ini.

Kue Cubit makin popular ketika orang-orang mengambil peluang untuk menjajakannya di berbagai daerah lain seperti Surabaya, Madiun, Malang dan wilayah lain. Mereka menembak kalangan anak muda, tak terkecuali mahasiswa.

Akhirnya makanan itu bukan hanya eksis di media social, tapi udah jadi buah bibir dan buah tangan bagi sejumlah pihak. Ditambah lagi harganya yang hanya 500 rupiah per biji ini tentu semakin membuat food lovers jatuh hati dong.

Terus, mengapa dinamai Kue Cubit? Ada yang bilang hal ini berhubungan sama proses pembuatannya yang menggunakan alat penjepit untuk mengambil kue yang udah matang, jadi kayak di cubit-cubit gitu. Tapi sayangnya ini masih berupa dugaan. Belum fakta.

Semakin terkenal, kue ini juga semakin punya banyak macam rasa yang nggak hanya original, tapi juga beragam seperti strawberry, keju, coklat, red velevet, oreo hingga green tea. Pastinya Kue Cubit ini semakin jadi primadona dong. Selain itu juga ditambah dengan rasanya yang legit di mulut, semakin membuat berselera.

Terlepas dari itu, seperti janji Wovgo di awal, akan ada resep dari Kue Cubit. Kali ini Wovgo pengen coba resep Kue Cubit Green Tea.

Gimana resepnya? Ini dia…

Kue Cubit Green Tea Ala Wovgo memiliki bahan yang simpel banget..

– 500gr Tepung terigu
– 200gr Gula pasir, ini bisa sesuai selera loh rasa manisnya
– 5 butir Telur
– 3 sdm margarin
– 1 bks vanili
– 1 bks ragi atau pernifam sebagai bahan pengembang
– Mesis atau keju ini juga sesuai selera untuk topping-nya
– ½ gelas susu cair, bisa juga pakai santan kelapa lebih gurih
– 1 bks green tea bubuk

Cara Membuat Kue Cubit Green Tea

1. Siapkan wadah mangkuk, isi dengan telur dan gula kemudian kocok hingga mengembang. Pastikan gula dan telur benar-benar larut dalam campuran. Lebih mudahnya bisa menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi biar lebih lembut.

2. Sebelumnya cairkan margarin, setelah itu masukkan ke dalam telur yang mengembang tadi. Masukkan juga vanili dan tepung terigu secara perlahan. Jangan lupa barengi dengan ragi dan green tea bubuk.

3. Setelah adonan tercampur, tambahkan susu cair sedikit demi sedikit. Biarkan adonan tercampur rata, pastikan jangan terlalu encer tapi juga nggak kental-kental banget.

4. Setelah menjadi adonan yang lembut, diamkan selama setengah jam agar mengembang dengan baik. Ini efek dari ragi yang bekerja.

5. Kalau udah setengah jam, barulah panaskan cetakan bulet-bulet. Kamu bisa dapetin di toko peralatan kue. Oleskan mentega agar cetakan tidak lengket. Masukkan adonan yang udah mengembang tadi kemudian tutup cetakan. Percetakan dituang setengah aja karena pasti akan ngembang.

6. Kalau udah matang jangan buru-buru diangkat taburkan atasnya topping mesis atau keju yang udah kamu siapkan terus angkat deh.

Seperti yang Wovgo bilang di atas tadi, proses pengangkatan yang menggunakan penjepit itulah yang mungkin menjadi alasan kenapa kue tersebut diberi nama Kue Cubit.

Untuk porsinya, setengah kilo atau 500 gr tepung terigu bisa jadi 60 biji Kue Cubit dengan ukuran sekali lahap loh. Maksudnya, bukan 60 biji kue dilahap sekaligus. Tapi, dilahap sembari ngopi-ngopi bareng temen. Percaya deh, sambil ngobrol ngalor-ngidul, pasti nggak akan terasa, tahu-tahu 60 biji kue cubit udah habis aja.

Video : Nova