Itu nebar jaring apa gimana? PDKT kok sama banyak orang. Eh, tapi tindakan ini bener apa salah sih?

pdkt

Hubungan asmara memang susah dipahami, prosesnya yang nggak singkat sering membuat luka hati. Dari sekian banyak proses menuju pacaran pasti diawali sama yang namanya PDKT. 😳

Dalam PDKT sendiri juga banyak sub sub proses yang perlu dilalui, selain itu juga ada seabrek aturan yang harus ditaati. 🙄 Mulai dari kenalan dulu, minta pin BB, yang nyapa harus cowok duluan, sampai ketemuan butuh tenaga ekstra untuk meraihnya. Hasilnya pun juga nggak pasti, boro-boro diterima dengan mudah. Kalau ditolak berkali-kali, malah iya banget!!!

Karena hasil yang nggak pasti, itu kenapa banyak orang memilih pendekatan lebih dari satu orang. Jadi kalau ditolak satu masih ada seribu lainnya. 😉

*pengalaman*

Tapi ini juga sering dianggap memiliki resiko besar dan menyalahi aturan. Karena logikanya begini, masih tahap PDKT aja udah berani mendua, apalagi pas pacaran. Hmm….

Sabar bro dan sis, dalam konteks ini Wovgo akan ngebahas soal PDKT lebih dari satu orang itu benar atau salah sih. Pasti ada yang lagi teriak kenceng banget bilang SALAH (biasanya korban PHP) tapi juga ada yang santai banget buat bilang BENER (ini biasanya yang meski udah punya pasangan, tapi masih demen lirik sana-sini).

Jawabannya sih relatif semua punya versi masing-masing, tergantung gimana cara kita menyikapinya. Tapi biar sama-sama aman dan menguntungkan, Wovgo punya sejumlah pandangan yang bisa dilakukan dalam menjalin hubungan PDKT dengan banyak orang.

Kamu jangan mudah baper  😎

foto: acihealthyu.wordpress.com

foto: acihealthyu.wordpress.com

Baper itu bawa perasaan. Entah gimana ceritanya asal mula kata ini, tapi yang pasti ini berasal dari pikiran anak muda, lah. Atau paling nggak, orang yang jiwanya muda. Meski usinya tua.

Kata baper sering dibawa-bawa ke jalur hubungan percintaan, termasuk pas PDKT. Kamu yang lagi mencoba PDKT lebih dari satu orang, pastikan untuk nggak gampang baper apalagi sampai terlalu dalam terhadap salah satu diantaranya ya. Bisa-bisa kecantol nanti.

Kamu harus selektif dan berpendirian bahwa PDKT ini adalah ajang memilih satu diantara yang baik. Kalau baper membuat kamu jadi goyah, hasilnya nanti bakalan kayak milih kucing dari dalam karung. Wovger tentu nggak mau kan? Oleh karena itu, hindari menunjukkan perasaan yang berlebihan, kalau belum fix sama si dia.

Pastikan si dia juga nggak kena baper kamu 😉

foto: chispamagazine.com

foto: chispamagazine.com

Ini ada hubunganya sama pancingan-pancingan kamu yang bikin si dia (yang pdkt lebih dari satu orang) jadi baper juga. Kamu berhak menjaga hati, tapi kamu juga harus menjaga hatinya. Hal ini dilakukan agar nggak menimbulkan bekas yang dalam, supaya si dia nggak berekspektasi terlalu jauh kalau nantinya berujung penolakan. Nah, sebaiknya mulai sekarang kamu hindari adegan pancingan berlebihan yang membawanya ke suasana baper. Kalau dua-duanya udah cocok sih nggak masalah.

Jujur aja kalau kamu lagi ‘deket’ sama yang lain, nggak cuma sama si doi aja 🙄

foto: relationshipsystemsintelligence.com

foto: relationshipsystemsintelligence.com

Sifat jujur itu penting untuk mengawali sebuah hubungan, termasuk mengaku bahwa kamu ‘deket’ sama orang selain dia. Ungkapkan aja secara terbuka bahwa kamu memang sedang memperluas link dan tidak menutup kemungkinan bagi siapapun hadir di dalam kehidupannya. Toh, kamu belum jadian sama dia juga.

Niatan kamu adalah memilih yang terbaik lewat jalan yang baik pula, tanpa memberikan harapan apapun ke depannya. Hal ini akan membuat lawan jenis juga berpikir bahwa kamu bukan orang yang suka mengumpulkan gebetan, lalu pada saatnya nanti mengadakan reuni antar gebetan. Bukan. Tapi dengan bersikap jujur, dijamin deh, kalau si doi emang beneran sayang sama kamu pasti akan nunjukin performa yang terbaik untuk kamu pilih.

Jangan lupa berlaku adil, biarkan dia deket juga sama yang lain 😕

foto: blogois.com

foto: blogois.com

Kalau kamu udah dengan gamblang bilang niatmu adalah pdkt sama banyak orang untuk memilih yang terbaik, maka jangan cemburu kalau si dia juga melakukan hal yang sama.

Ya iya lah, dia kan juga mau yang terbaik bagi dirinya. Yang terbaik bagi masa depannya, hingga renta nanti.

Cemburu sama hal yang nggak pasti adalah hal aneh, apalagi kalau udah main ngelarang si dia untuk berhubungan sama yang lain. Lah, itu namanya curang. Kan, diantara kalian juga belum ada ikatan apa-apa juga.

Nah, biar adil, biarkan dia mencari yang cocok buat hatinya. Kan masih sama-sama masa penjajakan, jadi wajar dong kalau pada akhirnya dia juga pdkt nggak cuma sama kamu aja.

Jangan mencoba untuk membanding-bandingkan kekurangan satu sama lain 😐

foto: huffingtonpost.com

foto: huffingtonpost.com

Semua orang punya karakternya masing-masing, otomatis punya kekurangan dan juga kelebihan yang tentunya berbeda-beda. Yang perlu kamu pahami: cobalah untuk menghargai.

Jangan asal membanding-bandingkan, apalagi berbicara langsung di depannya. Carilah yang cocok dengan hati dan kepribadianmu, hindari memilih berdasarkan kelebihannya aja tapi juga cari yang bisa mengisi kekurangan dirimu. Jangan mencari hanya karena mukanya cantik aja, kayak artikel yang Wovgo tulis kemarin. Nanti endingnya bisa nyesel loh.

Hindari berucap kata ‘sayang’ atau ‘cinta’ termasuk janji-janji yang belum pasti 😯

foto: lifeconnect.info

foto: lifeconnect.info

Hal yang patutnya dihindari dari pdkt dengan banyak orang adalah mudah mengucapkan kata sayang atau cinta, termasuk menjanjikan hal-hal yang belum pasti seperti mau ngajak ke bulan, misalnya.

Ini sering terjadi di awal-awal pdkt, alasannya biar si A, B dan C nggak kabur. Tindakan mudah mengumbar janji manis dan mulai panggil-panggilan sayang seperti ini awalnya bis bikin baper tipis-tipis loh, terus lama-lama jadi baper yang tak terselamatkan.

Parahnya lagi, kalau pada akhirnya mereka tahu kamu bukan jadian sama si A, B, atau C. Tapi sama si E, atau sebut saja: Elly Sugigi. 😆 Nah, kalau udah begini kasusnya, selamat!!! Kamu jadi secara resmi telah jadi tukang PHP!

Guys kata sayang itu mengandung makna yang dalam loh bagi sebagian kalangan, apalagi diimbuhi dengan kalimat janji yang membuat harapan jadi besar banget. Jangan ya…

Kalau emang nggak cocok, selesaikan dengan jalan baik-baik 😥

foto: lifeconnect.info

foto: lifeconnect.info

Biar kamu nggak dicap sebagai orang yang PHP, selesaikan masalah dengan jalan baik-baik.

Kalau udah nggak cocok jangan mencoba untuk hilang tanpa kabar atau menghapus seluruh kontak secara mengejutkan, kamu pernah ada di hatinya dan dia juga pernah ada di hatimu loh. Kalian sama-sama pernah hadir dan saling mengenal lebih dalam, tentu nggak baik kalau berpisah dengan cara seperti itu.

Nggak cocok bukan berarti nggak bisa temenan kan? Lakukan dengan cara elegan dan kalem. Woles tapi juga nggak meninggalkan kesan PHP di matanya. Biarkan dia melupakanmu secara perlahan. 😥

***

Gimana guys? Yang namanya PDKT sama banyak orang juga mengandung resiko banyak. Tapi kamu bisa mensiasatinya dengan cara yang saling menguntungkan seperti penjelasan Wovgo di atas, agar hubungan kamu sama dia tetap terjalin dengan baik. Semoga sukses! 🙂