Jangan sampai di akhir pekan yang indah ini, ‘social media’ menjadikanmu anti sosial

weekend

Weekend telah tiba.

Weekend telah tiba.

Hore… Hore…

Hatiku gembiraa!

*nyanyi kenceng-kenceng sampai suara habis tapi di dalam hati*

Apa yang biasa Wovger lakukan kalau weekend tiba? Hangout bareng temen? Pergi sama keluarga? Jalan berdua sama..ehm..ehm.. kucing piaraan? Atau sendirian gara-gara jomblo? Apapun itu, pastinya menyenangkan dong ya. Eh sebentar, atau jangan-jangan cuma diam di kamar sibuk sendiri sama sosmed? Wah!

Hmmm, ini nih weekend dateng eh masih aja sibuk sama gadget. Seimbangkan pola hidup loh. Iya, Wovgo tahu kalau gadget sama sekali nggak bisa ditinggalin. Tapi setidaknya harus digunakan dengan bijak. Apalagi saat liburan tiba. Jangan sampai akhir pekanmu kali ini terlewatkan begitu saja hanya gara-gara social media. Bukankah setelah olahraga, masih ada waktu untuk bersosmed ria?

Ketika weekend tiba, melakukan aktivitas nyata di luar rumah akan jauh lebih menyenangkan.

foto: papasemar.com

foto: papasemar.com

Balik lagi sama pertanyaan yang belum terjawab di atas. Apa yang biasa Wovger lakukan saat weekend tiba? Gunakan momen liburan singkat ini untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Misalnya jalan-jalan, olahraga, eksplorasi tempat-tempat baru, mencoba kuliner baru, atau sekedar sepedaan sore keliling taman.

Tinggalkan sejenak social media yang sebetulnya masih bisa kamu buka kapan aja itu. Weekend itu cuma 2 hari loh. Masa segitu doang susah sih. Tenang deh, sosmed kesayangan itu nggak akan kemana-mana kok, masih tetap tinggal di dunianya: dunia maya!

Setelah lima hari tidak bersosial, gunakan weekend sebagai kesempatan emas untuk bersosial dengan orang lain. Di dunia nyata, tentunya.

foto: bolumrehberi.com

foto: bolumrehberi.com

Saat-saat weekdays gadget harus banget nempel di tangan kita. Messenger, update kerjaan, update tugas kuliah, kontak dengan rekan kerja dan teman kuliah adalah rutinitas yang harus dijalani. Tanpa gadget, bisa-bisa kerjaan menjadi kacau. Ketika sedang bekerja atau belajar, gadget juga bisa memberikan hiburan saat suntuk melanda.

Tapi kalau weekend tiba…

Sebaiknya jangan coba-coba untuk menyentuh social media ya. Selama 5 hari kita sudah kencan dengannya. Gunakan 2 hari yang singkat ini untuk beristirahat. Apalagi buat Wovger yang kerjanya seharian penuh di depan layar komputer.

Keluarga dan teman di dunia nyata jauh lebih penting daripada keluarga dan teman di dunia maya.

foto: annacortesi.com

foto: annacortesi.com

Setiap orang pasti punya keluarga, teman atau bahkan mantan. Kesibukan kerja membuat kita tidak sempat menyapa mereka. Bahkan sekedar menanyakan kabar. Sabtu-Minggu adalah saat yang tepat menanyakan kabar mereka. Tapi ngomong-ngomong, kalau mau nyapa mantan hati-hati loh. Nanti baper.

Oh ya, Wovger yang tidak tinggal jauh dari keluarga bisa berkunjung seminggu sekali. Kalau rumahnya jauh, sempatkan untuk menelepon 1-2 jam. Kehadiran mereka sangat kita butuhkan di dunia nyata. Saat sedang kesusahan, keluarga dan teman selalu siap membantu. Tapi kalau mantan memang tidak mau membantu juga tidak apa-apa. Doakan saja, semoga ia segera berubah. Jadi power ranger!

Setelah 5 hari disibukkan dengan pekerjaan berat, weekend harus dimanfaatkan sebagai momen penyegaran.

foto: popsugar.com

foto: popsugar.com

“Work Hard, Play Hard.”

Wovger pasti sering mendengar kalimat di atas kan?

Kerja keras emang harus diimbangi dengan penyegaran yang keras juga. Apalagi kalau pekerjaan yang digeluti benar-benar menguras otak dan tenaga. Cara penyegaran setiap orang berbeda-beda. Tapi yang pasti tidak dengan scrolling home social media.

Refreshing di social media malah menjadikan kita nggak fresh. Lebih banyak kabar keluh kesah yang mengapung di halaman beranda. Selain itu juga bisa mengganggu kesehatan. Efek radiasi yang timbul mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit. Di sisi lain, tubuh menjadi kurang gerak karena terlalu banyak duduk.

Ada banyak kesempatan di luar sana yang nggak boleh dilewatkan.

foto: foxhillrvpark.com

foto: foxhillrvpark.com

Saat weekend tiba, Wovger bisa baca buku, main musik, les instrumen, les vokal, belajar masak, bikin tulisan, hangout sama temen, mengunjungi keluarga, camping, pergi ke tempat baru, renang, sepedaan, berorganisasi, ngecat kamar, ngecat ulang zebra cross, mengganti lampu warna-warni di lampu merah dengan lampu petromak, dan masih banyak lagi.

Hal-hal menyenangkan di atas nggak akan terjadi kalau kamu sibuk menghabiskan waktu di social media. Kamu telah membuang 2 hal yang tidak mungkin kembali dalam keadaan yang sama: waktu dan kesempatan.

Nah Wovger, jangan sampai akhir pekanmu rusak hanya karena social media ya. Penggunaannya harus dibatasi. Kehidupan di dunia nyata dan di dunia maya harus diseimbangkan. Nggak ada salahnya bikin tantangan buat diri sendiri, seperti nggak boleh buka sosmed selama weekend misalnya. Toh cuma dua hari saja. Kamu nggak akan kehilangan apapun hanya karena meninggalkan mereka selama dua hari.

Udah log out aja!

Eh, itu kok belum log out?

Log out woy, LOG OUT!