LDR bukan lagi penghambat kualitas hubungan, jika hal-hal ini sudah melekat pada diri kamu dan pasangan

LDR

Wovgo tahu, kamu yang mampir ke sini pasti sedang LDR dan sedang merasa ada yang tidak beres antara kamu dan pasangan.

Ya, kan?

Banyak yang percaya kalau hubungan LDR tidak bertahan lama. Kurangnya komunikasi berbanding positif dengan menurunnya kualitas hubungan.

Benarkah demikian?

Patahkan mitos itu dengan hal-hal berikut ini.

1. Komunikasi berlebihan? No no no no no no no no no! Biasakan komunikasi secara teratur dan secara kreatif.

telponan LDR

Foto : jalantikus.com

Meski jarak membentang jauh, tidak lantas kamu dan pasangan harus berkomunikasi 24 jam tanpa henti. Banyak pasangan berpendapat bahwa jauhnya karak harus diatasi dengan sering-sering komunikasi. Padahal tidak demikian. Bisa jadi keseringan komunikasi malah membuat hubunganmu menjadi datar.

Komunikasi yang tepat bagi pasangan LDR adalah dengan memberi kabar secara teratur, bukan secara berlebihan. Misalnya, ucapkan ‘Selamat Pagi’ dan ‘Selamat Tidur’ setiap hari. Di antara waktu-waktu tersebut (pagi dan malam), kamu tidak perlu berkomunikasi intens selama berjam-jam.

Kamu juga bisa mencoba cara komunikasi lain biar nggak gitu-gitu aja. Kamu bisa saling berkirim surat dan bertukar kartu pos.

2. Meski berjauhan, kamu dan pasangan tetap bisa melakukan sesuatu secara bersama-sama.

LDR dengan pasangan

Foto : loropikir.com

Siapa bilang LDR menghentikan semua kebersamaan kalian? Ah, nggak juga. Kamu dan dia memang tidak bersama secara fisik tapi bukan berarti kalian tidak bisa melakukan sesuatu bersama-sama.

Misalnya, makan di waktu yang sama, bangun dan tidur di waktu yang sama, ngupil di waktu yang sama. Intinya harus bareng-bareng. Kamu bisa merasa lebih dekat dengan pasangan jika melakukan aktivitas bersama-sama.

3. Ciptakan tujuan yang harus dicapai oleh kamu dan pasangan tentang hubungan kalian.

tujuan dengan pasangan

Foto : www.youngnesia.com

Sudah seharusnya setiap pasangan punya tujuan yang ingin dicapai bersama. Kalian tidak mungkin selamanya menjalani LDR. Akan tiba masanya dimana kamu dan pasangan mulai menetap.

Nah, buat kamu yang masih pacaran, tujuan utama pastinya menikah. Sebelum menjalani LDR, tanyakan dulu pada pasangan apakah ia punya tujuan yang sama sepertimu. Jangan-jangan setelah berjalan sekian lama, ia justru tidak ingin menikah sama kamu.

Buat kamu yang sudah menikah, setidaknya satu fase sudah terlewati. Kamu bisa menetapkan tujuan bersama, seperti punya rumah baru, punya mobil baru, dsb.

4. Ubah sudut pandangmu tentang LDR. Gunakan kesempatan ini untuk menjalin hubungan dengan keluarga dan teman.

dekat keluarga

Foto : www.trendezia.com

LDR. Berkah atau musibah? Semua tergantung sudut pandangmu. Kalau kamu menganggap berkah, ya jadi berkah. Kalau kamu anggap musibah, ya jadi musibah. LDR menuntut kreativitas yang luar biasa tinggi antara kamu dan pasangan, termasuk kreativitas mengubah hal yang tidak menyenangkan menjadi hal yang menyenangkan.

Anggap LDR sebagai kesempatan emas buat kamu untuk mendekatkan diri dengan keluarga dan teman. Sekarang kamu punya quality time lebih banyak dengan mereka.

5. Tetap berkata jujur adalah kunci yang terbaik.

jujur

Foto : www.fastcoexist.com

Sisi positif LDR ialah kamu bisa melakukan apapun semaumu tanpa diketahui pasangan. Mau berbuat tidak jujur silakan. Pasanganmu nggak akan tahu kalau kamu selingkuh. Tapi sebelum kamu berbuat tidak jujur, tempatkan diri kamu di posisi sebaliknya. Bagaimana jika ia yang berbohong? Bagaimana jika ia yang selingkuh?

Kesadaran diri atas kejujuran harus dimiliki kedua belah pihak agar hubunganmu bisa bertahan lama.

6. LDR sangat rentan terhadap gossip dan skandal. Percaya satu sama lain merupakan suatu keharusan.

gossip

Foto : www.cbc.ca

Kejujuran harus diimbangi dengan kepercayaan. Yang sini udah bilang jujur, eh yang sana nggak percaya. Bikin kagol! Pangkal kandasnya hubungan saat LDR ialah tidak adanya rasa saling percaya. Nggak mau kayak gini kan?

Bangun sedikit demi sedikit rasa percayamu padanya. Berhenti memikirkan yang tidak-tidak. Berhenti khawatir terlalu berlebihan. Tanamkan rasa percaya di setiap aktivitasnya.

7. Wajib video call setiap ada kesempatan.

video call

Foto : www.techradar.com

Duh masa iya komunikasinya via teks terus. Kapan ada kesempatan, wajib buat kalian untuk melakukan video call. Meski kamera buram, secercah raut wajahmu cukup sebagai pengobat rindu.

Banyak cara bisa dilakukan untuk menjaga kualitas hubungan selama LDR. Kamu hanya perlu sedikit bersabar hingga menunggu saat bersama itu tiba. Selamat berjuang dan selamat bertahan. Dukungan Wovgo hadir bersama kalian wahai pejuang LDR!