Sama seperti mencuri hati, mencuri kesempatan juga bisa dilakukan kapanpun! Saat musim hujan, cobain peluang usaha ini deh!

hujan

Bisnis di musim hujan menjadi peluang yang menguntungkan buat kamu yang jago memanfaatkan. Memanfaatkannya untuk apa? Nah, tiap orang pasti beda-beda dong. Ada yang digunakan untuk berbisnis. Ada yang digunakan untuk menembak gebetan, dan ada juga yang menggunakannya untuk menembak mantan. Nembak pakai senapan!

“Yaelah, Wovgo kejam amat.” 🙁

“Lebih kejam mana: nembak pakai senapan saat udah jadi mantan? Atau ditinggalin pas lagi sayang-sayangnya? HAH? LEBIH KEJAM MANA? JAWAB!”

“Waduh… waduh… kok jadi baper gini.”

Oh, maaf. Maaf. Maaf. Oke, lanjut.

Tapi menurut Wovgo, baiknya sih memanfaatkannya untuk berbisnis lah ya. Biar menghasilkan duit. Lalu, apa aja yang bisa dijadikan bisnis pas musim hujan?

Wovgo udah nyiapin beberapa ide bisnis khusus buat Wovger nih.

1. Menjual peralatan musim hujan.

foto: safetycentral.com

foto: safetycentral.com

Bisnis pertama adalah menjual peralatan musim hujan seperti jas hujan, payung, sepatu boots, pelindung tas ransel, kresek, sandal jepit, coat anti air dan peralatan hujan lainnya. Bisnis yang satu ini pastinya akan laku keras tanpa promosi yang aneh-aneh kayak:

“Kami hanya menjual 1000 jas hujan saja! Kami juga hanya membuka penjualan ini selama 1 minggu sejak promosi ini beredar. Jangan sampai kehabisan, karena kami tidak akan pernah menjual jas hujan lagi!”

Tapi untuk bisnis ini, Wovger cukup mendirikan lapak di pinggir jalan raya. Dijamin, dalam waktu singkat, pengunjung akan datang sendiri kalau mereka emang bener-bener butuh.

Biar lebih lengkap, sediakan juga beragam ukuran, warna dan jenis kelamin. Karena yang butuh nggak cuma wanita aja atau laki-laki aja. Nggak cuma orang dewasa, tapi anak-anak juga. Dan mereka semua, tentu punya selera pilihan warna berbeda dong.

2. Jagung bakar emang makanan terbaik saat musim hujan tiba.

foto: youtube.com

foto: youtube.com

Dagang jagung bakar besar kemungkinan akan laku keras di pasaran. Pasalnya, ini adalah makanan paling pas buat mereka-mereka yang nggak bawa jas hujan, lalu memilih berteduh menunggu reda.

Jika Wovger berminat buka usaha jualan jagung bakar, juallah dengan harga yang sewajarnya. Jangan sampai menjualnya setara dengan harga motor. Kemahalan! Beri pelangganmu pelayanan yang baik dengan cita rasa bumbu yang beragam. Kamu bisa memodif jagung bakarmu dengan berbagai varian rasa seperti keju, green tea, rasa marshmallow, rasa coklat, atau rasa yang dulu pernah ada. Jadi jangan cuma rasa pedas dan rasa manis aja.

“Pedasnya kan udah.”

“Apa itu, Wovgo?”

“Penolakan!”

“Manisnya?”

“Kenangan!”

3. Kalau Wovger memilih untuk berbisnis online shop, coba deh jual pakaian hangat.

foto: theharmonycentre.com

foto: theharmonycentre.com

“Edisi spesial musim hujan sis, jaket hangat polkadot murah meriah. Cek IG kita yah.”

Hhh… udah bosen mungkin ya sama kalimat yang sebegitunya ala online shop.

Tunggu… tunggu… jangan bosen dulu. Rejeki itu bisa datang dari mana aja loh, termasuk hal yang bikin males sekalipun. Hilangkan rasa malasmu dengan cara mencobanya terlebih dahulu. Iya, kamu bisa menjajal online shop yang lebih berbeda. Yakni menjual produk khusus musim hujan.

Mumpung memasuki musim penghujan, jual aja produk pakaian hangat seperti jaket, syal dan sarung tangan. Jangan sarung tinju. Mau buat apa?

“Buat mukulin mantan.”

“Oh ya, nggak apa-apa itu.”

Saat kamu menjual produk-produk tersebut, pastikan barang yang kamu jual motifnya unyu-unyu gitu. Biar banyak pembeli yang berminat.

4. Membuka usaha laundry.

foto: fmj.co.uk

foto: fmj.co.uk

Selain menguntungkan, usaha ini juga bermanfaat banget buat keseharian. Tahu kan, gimana susahnya mengeringkan pakaian saat musim hujan? Apalagi kalau hanya mengandalkan sinar matahari yang nongolnya cuma sebentar-sebentar. Yang ada malah lembab dan bau. Saat dipakai pun jadi nggak nyaman.

Berangkat dari kegelisahan itulah, ternyata ini bisa Wovger jadikan sebagai lahan bisnis yang istimewa loh. Mengingat masih banyak masyarakat yang nggak terlalu banyak menggunakan mesin cuci, terutama masyarakat daerah-daerah pedesaan.

5. Nggak hanya laundry, kamu juga bisa buka jasa cuci kendaraan.

foto: fastnewsindonesia.com

foto: fastnewsindonesia.com

Bayangakan aja, berapa motor atau mobil yang kena cipratan lumpur dan kejatuhan air hujan setiap harinya? Air hujan mampu merusak onderdil kendaraan loh kalau dibiarkan begitu aja tanpa di lap atau dimandikan. Orang-orang yang sibuk juga nggak akan punya waktu untuk mencuci kendaraannya sendiri.

Hei… bukankah ini bisnis yang menyenangkan untuk dicoba?

6. Hujan membuat orang memilih jalan yang praktis, termasuk suka mengkonsumsi makanan yang instan.

foto: pejuangadsense.my.id

foto: pejuangadsense.my.id

Hujan bikin orang membatasi aktivitas keluar rumah, yang artinya mereka juga akan jarang kalau setiap hari belanja sayur mayur mentah untuk dikelola. Sedangkan hawa dingin membuatnya terus kelaparan. Bisa dibayangkan, berapa kali untuk bolak-balik berbelanja lauk pauk? Mending beli aja deh sayur dan lauk yang udah matang.

Untuk Wovger yang jago masak, bisa menggunakan peluang ini. Juallah makanan-makanan yang merupakan menu sehari-hari. Seperti nasi, sayur, lauk dan sebagainya. Bagi mereka yang males masak, pasti lebih milih beli yang udah matang dong.

***

Gimana, hujan benar-benar mendatangkan rejeki yang melimpah kan? Sebenarnya nggak cuma musim hujan sih. Musim-musim lain juga ada masing-masing peluang bisnisnya sendiri. Asal bukan musim cherry aja sih.