Nggak cuma surga wisata, Jawa Tengah juga punya 12 kuliner khas yang akan menggoyang lidahmu

kuliner jawa tengah

Setiap daerah memang selalu punya ciri khas masakan andalannya masing-masing. Begitu juga Jawa Tengah. Jawa Tengah dengan citarasa masakan yang agak manis ini memang selalu bisa memanjakan lidah para pemburu kuliner.

Buat Wovger yang ingin tau kuliner khas Jawa tengah yang patut dicoba, Wovgo akan memberikan beberapa rekomendasi nih. Simak, dan bersiaplah ngiler.

1. Nasi Gandul Khas Pati.

Nasi Gandul

Foto : www.telusurindonesia.com

Nasi Gandul ini merupakan makanan khas dari daerah Pati, Jawa Tengah. Nasi Gandul ini dibuat dengan bahan dasar nasi uduk yang diberi kuah panas atau biasa disebut kuah gandul. Nasi ini biasanya disajikan diatas piring beralaskan daun pisang.

Jika Wovger melihat Nasi Gandul ini, mungkin yang terlintas adalah sebuah makanan perpaduan antara soto dan gule. Nasi Gandul ini biasanya dimakan dengan lauk yang variatif seperti ati ampela, gorengan, telor, dll.

Wovger akan menemui cara penyajian yang berbeda-beda dari setiap pembuatnya. Tapi mengenai citarasa, Nasi Gandul ini tetaplah bercitarasa khas Jawa. Hancep lah pokoknya.

2. Nasi Liwet Khas Solo.

Nasi Liwet Solo

Foto : www.wisatawan.net

Solo, siapa sih yang gak kenal Solo. Disini menjadi salah satu surganya kuliner di Jawa Tengah. Selain karena banyaknya pilihan makanan, disini makanannya juga murah-murah. Nah salah satu makanan yang lezat dari Solo ini adalah Nasi Liwet.

Nasi liwet ini, pada dasarnya adalah sajian nasi. Tapi nasi nya dimasak dengan cara berbeda, sehingga menghasilkan citarasa yang lezat pula. Nasi liwet ini dimasak dengan dengan kaldu ayam yang membuat nasi terasa gurih dan beraroma lezat.

Nasi Liwet ini biasanya dicampur dengan sayur labu siam yang dimasak sedikit pedas, kemudian menggunakan dipadu dengan lauk seperti telur.  Biasanya nasi liwet ini juga diberi taburan daging ayam suwir dan disajikan dengan daun pisang yang dipincuk.

3. Sate Ambal Khas Ambal, Kebumen.

Sate Ambal

Foto : www.pesonanegeri.com

Ambal merupakan suatu daerah di Kebumen, Jawa Tengah. Sate Ambal ini sangat khas. Berbeda dengan sate lain yang berbumbu kacang biasa, sate ini memiliki bumbu yang sedikit beda dan khas.

Bumbu yang dipake oleh sate Ambal adalah bumbu tempe. Iyah, bumbu ini terbuat dari tempe, bawang putih, cabe merah, cabe rawit yang dihaluskan kemudian dimasak dengan air rendaman danging ayam. Bumbunya berwarna kuning tua dan sekilas terlihat seperti kuah masakan Padang.

Kalo ditanya mengenai citarasa, Wovger gak akan kecewa. Pokoknya lidah bakal bergoyang saat memakannya.

4. Pindang Serani Khas Jepara.

Pindang Serani

Foto : www.resepenaklezat.com

Salah satu kabupaten di utara Jawa Tengah ini tidak mau kalah menyumbang masakan khas daerahnya. Di Jepara memang sangat terkenal dengan olahan lautnya, salah satunya adalah Pindang Serani ini.

Pindang Serani ini adalah sejenis makanan berkuah yang menggunakan bahan baku ikan laut. Bumbu yang diracik dalam mengolah Pindang serani ini akan menghasilkan perpaduan citarasa pedas, asem dan manis yang bakalan awer nempel dilidah Wovger. Hancep dah.

5. Bandeng Presto Duri Lunak Khas Juwana, Pati.

Bandeng Presto Duri Lunak Pati

Foto : tweenarti.blogspot.com

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa Juwana adalah nama Brand Bandeng Presto yang sering dijual. Tapi ternyata Juwana adalah nama daerah yang menjadi asal dari Bandeng Presto Duri Lunak ini.

Bandeng ini dimasak dengan bumbu bawang putih, kunyit dan garam kemudian di presto atau dimasak dalam uap air yang dengan tekanan tinggi dengan cara meletakan bandeng ini dalam panci berisi air kemudian ditutup rapat.

6. Lumpia Khas Semarang.

Lumpia Semarang

Foto : www.penabiru.com

Mungkin Wovger sudah sering menemukan masakan lumpia dimana-mana, bahkan mungkin kalian juga bisa membuatnya sendiri. Tapi lumpia khas Semarang ini memang memiliki citarasa yang sangat berbeda.

Lumpia Semarang biasanya berbentuk lebih besar dengan isian seperti seperti ayam, udang, bengkuang dan rebung. Wovger bisa menikmati setelah digoreng sehingga menghasilkan kulit yang crispy atau biasanya disebut lumpia kering, bisa juga menikmatinya dengan membiarkan kulitnya tanpa digoreng atau biasanya disebut lumpia basah. Nah lumpia ini bisa dinikmati dengan saus kentalnya yang nikmati.

7. Nasi Grombyang Khas Pemalang.

Nasi Grombyang

Foto : letsescape.me

Kabupaten Pemalang tidak mau kalah ikut menyumbang masakan khas daerahnya. Nasi Grombyang menjadi salah satu masakan khas yang patut Wovger coba jika berada di Pemalang.

Nama nasi grombyang ini berasal dari penyajiannya dimana isi dan kuahnya lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan bergoyang-goyang (grombyang-grombyang : Bahasa Jawa). Nasi Grombyang ini biasanya berisi daging sapi dan iga sapi yang di sajikan bersama nasi hangat, sambal cabai rawit dan taburan bawang merah goreng.

Sekilas bentuknya seperti soto atau rawon.

8. Buntil Khas Banjarnegara.

Buntil Khas Banjarnegara

Foto : kulinermbanjar.com

Selain dawet ayunya yang fenomenal, Banjarnegara juga memiliki kuliner khas daerahnya yaitu buntil. Buntil ini merupakan makanan yang terbuat dari daun talas atau daung singkong sebagai pembungkusnya dan kemudian memiliki isi parutan kelapa muda yang dicampur dengan bumbu khusus (bawang, cabai, lengkuas, asam, garam,bumbu pedas) dan dicampur ikan teri. Biasanya dipadu dengan kuah kuning kental yang membuatnya semakin nikmat.

Menikmati buntil ini dengan nasi panas bakalan membuat Wovger habis berpiring-piring dan gagal diet.

9. Mangut Beong Khas Magelang.

Mangut Beong

Foto : usemayjourney.wordpress.com

Selain Borobudurnya yang fenomenal, Magelang juga memiliki masakan khas yang patut dicoba yaitu Mangut Ikan Beong. Ikan Beong ini adalah ikan sejenis lele/patin/gabus/baung yang bisanya hidup di sungai progo.

Mangut Ikan Beong ini disajikan dengan kuah yang pedas nan nikmat. Hancep lah pokoknya, bikin nagih.

10. Brekecek Khas Cilacap.

brekecek ikan

Foto : anekamasakancilacap.blogspot.com

Brekecek Basur berbahan baku Basur (Itik Serati) dan Brekecek Pathak Jahan berbahan baku kepala ikan Jahan, merupakan makanan khas masyarakat cilacap. Sekilas masakan ini terlihat seperti rica-rica, tapi bumbunya memang memiliki citarasa yang khas dan sedikit berbeda dengan rica-rica pada umumnya. Biasanya Brekecek ini disajikan dalam piring beralas daun pisang dengan bumbu kuningnya yang kental.

11. Mendoan Khas Banyumas.

Mendoan

Foto : sobatinfo.com

Banyumas memiliki makanan yang cukup fenomenal yaitu tempe mendoan. Tempe mendoan ini dibuat dari tempe yang dilumuri dengan tepung yang sudah dicampuri bumbu khas, lalu digoreng tidak sampai kering. Sangat lezat dinikmati saat masih panas.

12. Geblek Sambel Kacang Khas Purworejo.

Geblek Sambal Kacang Khas Purworejo

Foto : www.diahdidi.com

Purworejo adalah sebuah kabupaten tempat kelahiran beberapa pahlawan bangsa ini seperti Ahmad Yani dan Wr. Supratman. Di kabupaten ini memiliki makanan khas yaitu Geblek.

Geblek terbuat dari tepung singkong kemudian adonannnya dibuat bulat-bulat kecil dan disatukan menjadi satu bulatan besar dan digoreng garing. Karena bentuknya yang bulat-bulat seperti gelang, orang-orang biasanya menyebutnya dengan nama gelangan.

Makanan ini sangat lezat jika dinikmati saat panas dan dipadukan dengan bumbu kacang. Bakalan makan terus sampe habis pokoknya.

***

Jawa tengah terbagi dalam berbagai daerah kabupaten atau kota yang memiliki makanan khasnya masing-masing. Wovgo hanya bisa menyebutkan beberapa saja dan ini sudah menggambarkan bagaimana kuliner Indonesia terutama Jawa tengah memang sangat beragam. Nah buat Wovger yang tau lebih banyak kuliner dari Jawa Tengah atau kebetulan itu adalah daerah tempat asal kalian, bisa dibagikan di komentar yah.