Makanan dan minuman ini kalau dikonsumsi saat musim hujan, nggak cuma bikin badan hangat. Tapi juga terjamin kesehatannya

wedang ronde Sumber Foto : kuliner.panduanwisata.id

Selamat datang musim hujan, selamat datang perut yang gampang laper dan selamat datang juga kepada hati yang sering baper.

Hm… emang benar kan, seringkali hawa dingin membuat perut gampang dilanda lapar. Entah apa yang memicu perut untuk terus merasa lapar. Cuma, Wovgo khawatir aja kalau lama-lama jadi busung lapar. Jadi solusinya, kalau lagi hujan gitu, mending ngemil. Seenggaknya, itu lebih baik daripada ngemall.

Kalau kamu lagi bingung memilih camilan atau apapun yang pengen dimakan saat hujan tiba, kali ini Wovgo punya berbagai pilihan menu makanan dan minuman yang bisa Wovger coba. Apa aja? Yuk!

1. Siapa sih yang nggak doyan ronde? Saat hujan makan beginian. Maka nikmat mana yang kamu dustakan?

foto: blognyashanty.blogspot.com

foto: blognyashanty.blogspot.com

Ronde oh ronde…

Meski minuman yang satu ini disebut-sebut sebagai minuman khas daerah Yogyakarta dan Semarang, tapi Wovger juga bisa menemui ini di tempat lain seperti Malang, Magelang dan tempat-tempat lain.

Ronde sendiri adalah semangkuk kuah wedang jahe disertai dengan kacang sangrai dan juga kudapan kenyal yang berbentuk bulat, isinya kacang dan gula merah. Ada juga tambahan semacam dawet yang dicampur sama kuah. Cocok banget buat diminum di musim hujan. Hangatnya jahe bisa menghindarkan kamu dari perut kembung saat beraktivitas di musim hujan. Harganya juga cocok di kantong banget loh, sekitar Rp. 6000 aja. Ada sih yang 12.000 rupiah. Tapi itu kalau beli 2 mangkuk. Sip!

2. Selain ronde, ada juga angsle.

foto: borntobite.blogspot.com

foto: borntobite.blogspot.com

Angsle ialah kudapan lezat bersantan hangat. Yang hangat-hangat emang paling enak dibahas di musim hujan. Termasuk kenangan hangat bersamanya yang tak pergi-pergi.

Angsle terdiri dari ketan putih, roti tawar, petulo (sejenis kudapan kenyal, tapi mengenyangkan. Terbuat dari tepung beras, kemudian ada mutiara dan kacang yang telah disangrai. Sangria loh ya, bukan Shanghai). Semua komponen yang meliputi angsle tersebut disiram dengan kuah santan beraroma pandan dan pastinya terasa hangat. Angsle ini emang biasa dijumpai di pinggir-pinggir jalan. Para penjual biasanya menggunakan gerobak keliling untuk menjajakan dagangannya. Harganya greget banget loh, cuma Rp. 6000 per mangkuk.

“Wovgo jangan bilang gini lagi loh: Ada sih yang 12.000 rupiah. Tapi itu kalau beli 2 mangkuk.”

“Enggak, lah. Itu kan tadi. Sekarang sih Wovgo cuma mau bilang kalau angsle harganya 18.000 rupiah. Kalau beli 3 mangkuk.”

3. STMJ (Susu, Telur, Madu, Jahe).

foto: bandarstmj.blogspot.com

foto: bandarstmj.blogspot.com

Baca poin bagian ini, Wovger udah tahu banget lah ya, apa-apa aja yang dicampur dalam menu ini. Untuk mendapatkannya pun nggak susah, karena STMJ ini bisa Wovger jumpai di lapak-lapak pinggir jalan terdekat. Harganya pun murah, per gelasnya sekitar Rp. 5000 aja. Sayang banget kalau nggak nyobain.

4. Variasi teh yang bikin damai, di tengah derasnya hujan.

foto: dreamatico.com

foto: dreamatico.com

Kalau minuman ini, siapa sih yang nggak mau dan nggak tahu? Kalau yang nggak mau tahu, bodoh amat lah ya. Kadang, antara nggak mau tahu dan ketidakpedulian itu emang beda tipis sih.

Teh itu paling enak saat mengkonsumsinya bareng roti di pagi hari. Apalagi sambil baca Koran. Apalagi sambil menikmatinya dengan pasangan. Wah!

Eh, gimana? Gimana? Jomblo? Kamu jomblo? HEH, KAMU JOMBLO?!

Wah, maaf.

Saat musim hujan tiba, jenis teh yang paling enak untuk dikonsumsi ialah teh hijau atau teh chamomile yang mengandung antioksidan sekaligus sifat antivirus dan antibakteri.

Teh bisa bikin badan kamu tetap fresh dan menguatkan kekebalan tubuh. Coba deh, minum aja dua sampai tiga kali sehari, karena teh bisa melindungi dari cuaca yang tak menentu. Seperti perasaan yang juga kadang tak menentu.

5. Sup Ayam emang bikin anget di badan.

foto: royco.co.id

foto: royco.co.id

Tadi udah ngomongin soal minumannya, nah sekarang giliran bahas makanannya. Nanti kalau minuman terus, jadi kembung dong.

Sup ayam ialah makanan berkuah kaldu ayam. Menurut Wovgo, ini adalah salah satu makanan paling pas saat musim hujan. Karena makanan ini isinya nggak hanya daging ayam aja, tapi juga ada potongan wortel, kentang dan buncis yang tentunya juga bisa menahanmu dari serangan flu, serangan pilek serta serangan umum 1 Maret. Aduh.

Selain sup, Wovger mungkin juga bisa menyantap makanan berkuah lain seperti sup buntut, soto, rawon atau bakso. Dijamin deh, suhu tubuh akan terasa lebih hangat dan mampu menangkal hawa dingin.

6. Yogurt dan madu, manis asemnya bikin nagih!

foto: photographyobsession.co.uk

foto: photographyobsession.co.uk

Ada apa dengan makanan yang satu ini?

Yoghurt mengandung antioksidan dan bakteri sehat, berguna sebagai pertahanan dari berbagai virus serta memperlancar pencernaanmu. Begitu juga dengan kandungan senyawa dalam madu yang bersifat antibakteri ini telah lama dikenal menjadi bahan sederhana untuk mengatasi penyakit flu dan demam selama musim hujan.

Penyajiannya pun mudah banget. Wovger bisa mencampur secangkir susu hangat dengan madu, atau campur madu dengan jus maupun smoothie. Bisa juga dioleskan ke roti tawar.

Cara mengkonsumsinya juga nggak kalah gampang. Wovger tinggal ngambil sendok, dan menyurukkan makanan itu, lalu memasukkannya dalam mulut.

“S.E.M.U.A.J.U.G.A.T.A.H.U!”

Hehehe.

7. Buah-buahan yang mengandung vitamin C.

foto: therockbaseball.com

foto: therockbaseball.com

Kalau yang ini penting juga. Buah-buahan! Terutama yang banyak kandungan vitamin C-nya ya. Cinta. Aduh.

Contoh buah-buahan yang mengandung vitamin C itu seperti jeruk, jambu, apel, pir atau delima. Buah-buah ini kaya antioksidan dan juga vitamin C, yang bermanfaat menambah sistem kekebalan tubuh, juga membantu kulit tetap sehat, lebih lembab, dan bercahaya kayak di iklan-iklan hand and body lotion.

8. Jangan lupa untuk cemilan kacangnya.

foto: ameliaway.wordpress.com

foto: ameliaway.wordpress.com

“Wovger, tubuh kamu sering merasa lemas?”

“Iya, Wovgo.”

“Itu berarti, kamu butuh banyak serat!”

“Bukan, Wovgo. Aku butuh adzan Maghrib. Aku puasa.”

“….”

Kalau Wovger sering ngerasa lemes, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti kacang. Mengkonsumsi kacang yang berwarna coklat bisa membantu menjaga kulit tampak lebih muda dan bercahaya. Kecuali kalau emang udah nggak bisa ketolong lagi. Tapi intinya, kacang bisa membuatmu lebih cepat berenergi dan bikin nggak gampang jatuh sakit saat musim hujan.