Hal-hal yang cuma bisa dirasakan Guru Honorer

guru honorer Sumber Foto : www.aktual.com

Wovger masih inget gak waktu jaman sekolah? atau mungkin sekarang kalian masih ada yang sekolah. Pasti pernah donk ngerasain bete sama guru-guru ini. Para guru yang sering negur, sering marah, dan hal-hal lain yang dirasa rese. Tapi pernah gak sih, Wovger berpikir tentang apa yang guru-guru ini rasakan tentang hidup mereka.

Diantara guru-guru yang Wovger punya disekolah tidak semuanya PNS lho. Banyak diantaranya adalah guru honorer yang punya beban hidup yang cukup berat, tapi harus tetep ngurusin kalian. Iyah kalian yang notabene murid-murid brengsek juga hehehe.

Jadi guru honorer itu cukup berat. Ada banyak hal yang mereka rasakan tapi gak pernah kita tau.

Nah disini Wovgo akan menyampaikan hal-hal yang sering dirasakan para guru honorer ini.

1. Gajinya gak mencukupi buat kebutuhan sehari-hari.

gaji guru honorer kecil

Foto : bengkalisone.com

Wovger tau, guru honorer itu beda dengan guru PNS. Kalo PNS digaji sama pemerintah, guru honorer ini digaji cuma mengandalkan dana BOS (Biaya Operasional Sekolah) dan iuran murid rata-rata. Itu juga gajinya paling  100-300 ribu saja.

Duit segitu gimana cukup buat kebutuhan sehari-hari. Kalian ajah duit segitu buat pacaran ajah kurang. Coba bayangkan perasaan mereka. Wovger harusnya paham donk sama perasaan mereka, jadi jangan suka ngelawan sama guru.

2. Udah gajinya kecil, suka nunggak.

gaji guru honorer

Foto : citraindonesia.com

Nah ini. Udah gajinya kecil, suka nunggak juga. Gimana coba buat mereka bisa hidup. Gimana buat bisa mencukupi kebutuhan keluarganya. Sedih gak sih kalian tau kenyataan ini? Kalo gak sedih, durhaka kalian.

3. Sering dapet diskriminasi diantara guru-guru lain yang udah jadi PNS.

diskriminasi

Foto : www.churchplanting.com

Di sekolah guru honorer seolah ada dikasta paling rendah. Udah gitu sering disuruh-suruh. Misalkan kepala sekolah menyuruh mengerjakan mengisi buku induk siswa kepada guru PNS, nah guru PNS bisa melemparkan tugasnya kepada guru honorer. Dan guru honorer tidak bisa menolak. harus siap sedia. Wovger bisa ngerasain gak sih? Itu sakit banged lho.

4. Suara dari guru honorer tidak punya kuasa.

diabaikan

Foto : marketingland.com

Iyah, guru honorer kalo pas rapat sekolah gitu, pendapatnya gak bakalan bernilai dibanding pendapat-pendapat guru lain yang udah PNS. Kadang pendapat mereka juga cuma diabaikan.

5. Guru Honorer jarang diapresiasi kerjaannya.

nobodycares

Foto : www.askralphblog.com

Guru honorer itu kerjanya sebagus apapun itu, jarang banget diapresiasi. Misalnya ini guru honorer ngebimbing siswa bisa sampe menang lomba misalnya, yaudah ini guru honorer gak bakal dapet apa-apa. Sekedar ucapan selamat juga paling gak dapet. Begitu jahatnya status ini. Kasian yah.

6. Kerjaannya ikut tes CPNS nasional.

tes cpns nasional

Foto : www.lensamadura.com

Tiap kali ada pengumuman ada tes CPNS, ini para guru honorer pasti pada berebut buat ikutan daftar. Mereka bakal berusaha mati-matian gimana caranya biar bisa jadi PNS dan memperbaharui status sosial mereka. Wovger liat kan gimana perjuangan mereka buat bisa menghidupi keluarganya.

***

Wovger udah mulai tercerahkan melalui tulisan ini? Bertobatlah kalian semua para siswa-siswa bandel yang sering bikin repot guru. Walaupun masih honorer, sudah seharusnya kita harus menghormati dan mengapresiasi guru-guru honorer ini. Mereka ini bekerja, selaian untuk menghidupi keluarganya, tapi juga sebagai pengabdian pada pendidikan Indonesia.

Yah semoga nasib guru-guru honorer ini bisa lebih cerah, dan pemerintah bisa lebih memperhatikan kesejahteraan mereka ini.