Surat terbuka untuk Guru di seluruh Indonesia

guru pahlawan pendidikan Sumber Foto : www.terupdateonline.com

Terpujilah wahai Ibu Bapak guru

Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku

Semua baktimu akan kuukir didalam hatiku

S’bagai prasasti terimakasihku ‘ntuk pengabdianmu

Engkau bagai pelita dalam kegelapan

Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan

Engkau patriot pahlawan bangsa, tanpa tanda jasa

***

Sebuah penggalan lirik lagu dari hymne guru. Patriot, pahlawan bangsa tanpa tanda jasa. Itu sudah menjadi julukanmu mungkin seribu taun lalu. Kalian menjadi pejuang-pejuang tanpa senjata. Diperlengkapi dengan ilmu pengetahuan untuk memerdekaan bangsa ini dari penjajahan atas kebodohan.

Teruntuk guru-guru diseluruh Indonesia…

Guru bukan hanya sebuah profesi, tapi pengabdian. Kalian sudah menjadi bagian hidup semua orang. Menjadi pengajar, menjadi motivator, menjadi inspirasi bagi murid-murid, mungkin kalianlah profesi dengan paket paling lengkap.

Di Indonesia ini tidak akan ada pengusaha yang sukses, tidak akan ada presiden yang hebat, tidak akan ada tentara yang berani, tanpa adanya kalian para guru yang yang berjuang didunia pendidikan. Kalian yang berada di garda paling depan memperjuangkan pendidikan. Kalian yang dengan segenap hati memperlengkapi generasi muda, sebagai masa depan bangsa.

Teruntuk guru-guru diseluruh Indonesia…

Terima kasih atas pengabdian kalian. Perjuangan kalian yang belum akan berhenti, selama republik ini masih berdiri. Perjuangan kalian yang akan selalu diteruskan untuk menjadikan bangsa ini tetap utuh terjaga.

Apalah artinya sebuah bangsa tanpa pendidikan? Apalah artinya pendidikan tanpa pendidik yang benar? Percayalah, kami selalu membutuhkanmu. Nahkodai para pelajar menuju peradaban yang lebih baik dimasa depan. Percayalah, bangsa ini membutuhkanmu.

Teruntuk guru-guru diseluruh Indonesia…

Sudahkah kita sama-sama sepaham. Bahwa ditangan kalian kami menggantungkan harapan. Ditanggan kalian kami mempercayakan nasib pendidikan. Bangsa ini butuh kalian untuk bisa menciptakan keajaiban. Iya keajaiban yang melahirkan calon-calon profesional dalam bidangnya untuk melanjutkan kelangsungan hidup bangsa.

Sudahkah kita sepaham, bahwa ini bukan hanya sekedar mimpi belaka, bahwa ini bukan lagi hal klise yang diucapkan dimulut saja. Indonesia yang bebas dari korupsi, Indonesia yang melahirkan inovator-inovator ulung, Indonesia yang melahirkan para pekerja berdedikasi,  Indonesia yang selalu bisa berkarya, Indonesia yang mandiri secara ekonomi, dan bahkan Indonesia yang punya peran untuk peradaban dunia. Sudahkah kita sepaham, bahwa ini adalah harapan kita bersama. Cita-cita turun-temurun yang selalu kita pegang dan selalu kita jaga bersama.

Sudahkah kita sepaham bahwa kalianlah para guru yang ada sebagai orang yang membangun pondasi cita-cita itu. Kalianlah yang membangun dasar anak-anak bangsa ini melalui pendidikan. Sudahkah kita sepaham bahwa visi kita sangat jauh kedepan dan kami butuh peran kalian yang lebih maksimal.

Jangan sekedar mengajar, didiklah.

guru

Foto : wartakayong.wordpress.com

Kami generasi yang sudah tidak lagi mengecam bangku sekolah, mungkin 5 atau 10 tahun lalu, tapi dunia sekolah akan selalu menyimpan kenangan. Bagaimana kami bisa melupakan. Sekolah menjadi tempat kami menghabiskan hidup semasa itu. Hampir 8 jam sehari kami habiskan waktu didalam sekolah.

Teruntuk kalian guru-guru diseluruh Indonesia…

Tolong bantu bangsa ini untuk mendidik anak-anak mudanya. Anak-anak muda ini menghabiskan lebih banyak waktu disekolahnya bersama kalian, bantu mereka menemukan kebenaran. Bangsa ini butuh didikan. Anak-anaknya butuh dimentalkan. Percayalah, kami sangat berterima kasih dengan setiap ilmu pengetahuan yang kalian bagikan. Tapi visi pendidikan bangsa ini butuh lebih daripada itu.

Didik generasi bangsa ini untuk memiliki mental yang selalu berani berjuang atas kebenaran, jujur dalam segala tindakan, bertanggung jawab dengan segala perbuatan, dan kreatif dalam setiap pekerjaan.

Biarkan mata anak didikmu melihat banyak hal, jangan batasi fantasi mereka, jangan batasi mimpi mereka.

guru mengajarkan inspirasi

Foto : mamanya.wordpress.com

Biarkan anak didikmu memiliki mimpi, jika perlu ajarkan anak didikmu untuk bermimpi. Bangsa ini lahir dari sebuah mimpi besar para founding father yang memimpikan Indonesia bisa merdeka, hidup mandiri, dan lepas dari jajahan bangsa lain. Mimpi yang hampir mustahil dimasanya, tapi terbukti sekarang bisa kita rasakan kemerdekaan ini bersama-sama.

Apa jadinya jika dikala itu tidak ada yang berani bermimpi membawa bangsa ini lepas dari penjajahan.

Jangan biarkan generasi muda bangsa ini dimatikan mimpinya. Percayalah, anak-anak ini butuh mimpi. Arahkan mereka dalam bermimpi, dan biarkan mereka memiliki fantasi yang besar untuk bisa mereka wujudkan.

Jangan tutup kesempatan anak-anak muda ini berekspresi, arahkan.

guru

Foto : sm-3t.penggiatpendidikan.org

Percayalah ilmu yang kalian berikan tidak akan sia-sia. Berikan tugas sekolah sewajarnya, dan biarkan anak-anak ini mengekspresikan masa muda mereka secara leluasa.

Jangan jadikan generasi ini genererasi yang mati kreatifitasnya. Biarkan anak-anak ini tetap bermain sembari belajar. Biarkan mereka mengexplorasi hal baru dan menemukan teori pembenarannya dari sekolahnya, iya kalian tetap akan menjadi tempat mereka bertanya.

Teruntuk kalian guru-guru diseluruh Indonesia…

Bukalah kesempatan anak-anak ini belajar akan hidup. Bukalah kesempatan anak-anak ini menemukan minat dan bakat mereka. Arahkan anak-anak ini dalam pencarian jatidiri. Bangsa ini butuh generasi yang kreatif. Percayalah, kami semua mendukungmu dalam setiap pengajaranmu. Tapi bantulah anak-anak ini mengekspresikan diri mereka, dan jujur menjadi diri mereka apa adanya.

Bantu anak-anak muda ini untuk berani berkarya.

karya seni

Foto : kabarhandayani.com

Jangan mentalkan generasi ini sebagai generasi yang nyaman dengan penjajahan. Bantu anak-anak muda ini berani keluar dari sistem penjajahan ini dan berani berdiri sendiri dengan kaki mereka.

Percayalah, anak-anak ini akan menjadi anak yang luar biasa yang mampu mencipta. Biarkan anak-anak muda ini memiliki daya cipta, biarkan anak-anak muda ini yang akan membawa Indonesia dikenal diseluruh dunia dengan setiap hasil torehan dan ciptaan anak-anak bangsanya.

***

Teruntuk guru-guru diseluruh Indonesia…

Dedikasi kalian tidak perlu lagi kami pertanyakan. Pengabdian dan pengorbanan kalian tidak perlu lagi kami ragukan. Jika memang pendidikan bangsa ini menjadi concern kita, mari kita sama-sama membangunnya. Mari sama-sama mendidik anak-anak muda bangsa ini menjadi generasi yang luarbiasa.

Teruntuk guru-guru diseluruh Indonesia…

Terima kasih atas semua, perjuanganmu tidak akan kami lupa. Perjuanganmu tidak akan sia-sia. Perjuanganmu yang menentukan nasib generasi muda bangsa.