Kuliner khas Probolinggo yang ‘yummy’ banget

Kepiting Olok Probolinggo

Wovger tau donk sama Probolinggo? Iyah Probolinggo, kota di Jawa Timur yang terkenal dengan wisata gunung Bromonya. Yups. Selain tempat wisatanya yang epik, Probolinggo juga memiliki makanan khas yang sangat yummy.

Jika Wovger berkesempatan untuk mampir ke Probolinggo, gak ada salahnya nih nyobain beberapa kuliner ini.

1. Soto Kraksaan.

Soto Kraksaan Probolinggo

Foto : it.avatar-nusantara.com

Soto kraksan ini agak berbeda dengan soto-soto kebanyakan. Bahan dasarnya adalah daging ayam, tapi yang dipakai adalah ayam jantan. Soto ini dipadukan dengan bumbu santan yang dilengkapi dengan serbuk kelapa yang disangrai, sebagai pelengkap irisan kentang yang di kukus dan kerupuk udang ditambahkan untuk menambah kenikmatan.

Pokoknya menikmati masakan ini dikala masih panas sangatlah yummy.

2. Nasi Glepungan.

Nasi Glepungan

Foto : akuuntukprobolinggo.blogspot.com

Nasi glepungan pada dasarnya terbuat dari sari-sari jagung. Biasanya makanan ini disajikan dengan ragam olahan tradisional seperti Ikan Asin, tempe dan tahu penyet, Lalapan, Sambel pedas.

Makanan ini sungguh sangat yummy dan patut dicoba. Pasti Wovger bakalan nagih dan bisa sampe nambah 2 kali.

3. Kepiting Olok.

Kepiting Olok Probolinggo

Foto : indogayaku.blogspot.com

Olok merupakan kepiting muda yang terdapar di pantai dan dijadikan bahan dasar pembuatan makanan ini. Kepiting muda ini diolah, diberi campuran udang dan bumbu khas. yang kemudian dimasukkan lagi ke dalam cangkang kepiting yang berukuran lebih besar.

Karena terbuat dari kepiting muda, rasannya akan sangat gurih yang siap membuat lidah Wovger semua menari.

4. Lapis Daging.

Lapis Daging Probolinggo

Foto : resepcaramasak.info

Bahan dasar masakan ini adalah daging sapi yang khas, dimasak empuk dan disajikan dengan paduan nasi dan bawang goreng terasa sangat lezat dan membangkitkan selera makan.

Daging khas tadi diiris tipis dan digoreng dengan lapisan telur kemudian dimasak dalam kuah kecap. Huah, membayangkannya saja sudah bikin ngiler.

5. Sirup Pokak Jahe.

Sirup Pokak Jahe

Foto : arjunabromo.blogspot.com

Berbeda dengan sirup pada umumnya, Sirup Pokak ini berbahan dasar Jahe. Karena berbahan dasar dari Jahe, sirup pokak ini bisa dikonsumsi untuk menghangatkan badan dikala pacar gak bisa meluk. Hancep.

***

Buat orang Probolinggo yang sedang merantau pasti langsung kangen kampung halaman nih. Mungkin masih banyak lagi varian masakan dan jenis makanan yang berasal dari Probolinggo. Jika Wovger ada yang ingin menambahkan bisa langsung dikomentar yah.