Selamat hari menanam pohon. Yuk, sayangi alam. Karena selain menjaga bumi, manfaat-manfaat ini juga akan kamu peroleh

menanam pohon

Wovger mungkin sering merasa bahwa cuaca kian hari kian memanas, membuat nggak betah kalau berlama-lama di luar. Atau Wovger mungkin merasa bahwa siklus hujan yang datang mulai tak beraturan, sehingga membuat sebagian wilayah kekeringan.

Pernahkah Wovger berpikir bahwa semua itu karena ulah alam? Yaitu alam yang sudah gundul karena pohonnya menghilang?

Memang, pohon seringkali menyusahkan. Pohon sering membuat teras rumah menjadi kotor atau mengganggu tiang-tiang listrik di jalan. Sehingga, bagi beberapa orang, menebang adalah jalan satu-satunya.

Satu atau dua pohon mungkin nggak akan berdampak besar. Tapi, bagaimana jika semua orang berpikir demikian? Ratusan bahkan ribuan pohon akan tertebang sia-sia hanya karena masalah kecil seperti membuat kotor atau menghalangi kabel listrik. Bisa dibayangkan dampak apa yang akan terjadi jika bumi nggak ada pohon?

Maka solusinya adalah menanam pohon kembali agar Wovger bisa kembali merasakan kesejukan dan manfaat dari pohon. Tapi kira-kira apa ya manfaat dari menanam pohon itu sendiri?

Ini dia…

Dengan menanam pohon, Wovger akan kembali bisa menikmati kesehatan mental dan fisik.

foto: temantaman.wordpress.com

foto: temantaman.wordpress.com

Apa Wovger tahu, kalau dengan menanam pohon bisa meningkatkan mood?

Hm… penelitian dari Deakin University, Melbourne, Australia menjelaskan bahwa kontak dengan alam dapat membantu mencegah dari penyakit mental. Bahkan dengan hanya melihat, menanam, memangkas, dan menyiram.

Sesederhana itu? Ya, sesederhana itu.

Menanam pohon itu nggak cuma memendam pohon di tanah saja, karena setelah itu masih ada proses seperti perawatan dan lain sebagainya. Perawatan dapat membantu Wovger untuk lebih aktif bergerak, dan pastinya akan membakar lebih banyak kalori yang dapat mengurangi kemungkinan badan menjadi gemuk. Wovger juga bisa sambil menikmati kontak dengan tanaman saat menjalani proses tersebut.

Ketika pohon udah besar, Wovger akan merasakan dampaknya untuk kesehatan paru-paru, karena pohon dapat mengeluarkan oksigen segar di pagi hari. Dampaknya, selain kesehatan mental, merembet ke kesehatan fisik juga, kan?

Lebih dari itu, kamu juga turut membantu mengurangi global warming.

foto: crooklyn2108.deviantart.com

foto: crooklyn2108.deviantart.com

Jumlah karbon yang meningkat adalah penyebab pemanasan global. Itulah yang membuat cuaca bertambah panas dan menimbulkan bencana-bencana lain seperti banjir dan longsor. Nah, Wovger dapat menanggulangi itu semua dengan menanam pohon.

Setelah Wovger mulai menanam pohon secara teratur, tentu akan timbul perasaan bahwa telah berpartisipasi dalam menolong lingkungan agar terhindar dari global warming. Pohon berfungsi menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen. Maka keberadaan pohon akan sangat penting untuk kelangsungan lingkungan manusia.

Dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi biaya listrik.

foto: energitoday.com

foto: energitoday.com

Pepohonan jelas menciptakan suasana indah nan segar. Wovger pasti sering dibuat terpukau oleh pemandangan gunung yang serba hijau. Pemandangan yang bagus membuat pikiran dan hati terasa tenang, itu kenapa bertempat tinggal yang dekat dengan pepohonan dapat meningkatkan kualitas hidup. Banyak rumah sakit menanam pohon di sekitar ruangan rawat inapnya loh, paling tidak sebuah tanaman hias lah. Nah, hal itu difungsikan untuk proses pemulihan, sehingga pasien menjadi cepat sembuh.

Kerennya lagi, dengan menanam pohon, angin yang bertiup ke rumah menjadi lebih sejuk. Maka akan mengurangi penggunaan AC maupun kipas angin di dalam rumah. Otomatis akan mengurangi biaya listrik bulanan Wovger bukan?

Kita turut memberi rumah kepada yang membutuhkan.

foto: zastavki.com

foto: zastavki.com

Guys, semua pohon itu ada penghuninya loh. Bukan genderuwo ataupun mbak kunti, tapi satwa-satwa. Mereka emang tinggal di alam, di hutan, bahkan tak jarang dapat ditemui di pepohonan dekat rumah. Hewan-hewan yang suka tinggal di pohon diantaranya seperti tupai, burung, monyet dan serangga.

Ketika semuanya hilang karena ditebang, itu sama aja dengan penggusuran secara pakasa. Maka dari itu, menanam pohon memiliki manfaat untuk membantu mereka si hewan-hewan malang yang kehilangan rumahnya.

Kamu akan jadi lebih merasa peduli dengan alam, sekaligus bisa membuka peluang bergabung dengan komunitas.

foto: sepeda.sportku.com

foto: sepeda.sportku.com

Manfaat lain dari menanam pohon, yaitu akan menimbulkan kecintaan dan kepedulian terhadap alam. Selain menjadi dekat dengan alam, tentu alam juga akan memberikan timbal balik positif terhadap manusia.

Manfaat tak langsung yang bisa kamu peroleh selain manfaat-manfaat di atas, ialah mendapatkan relasi yang luas.

Kok bisa?

Ya bisa lah… Biar kegiatan menanam pohon jadi lebih ringan, tentu kamu akan dibantu oleh komunitas dong. Komunitas pecinta alam, lebih tepatnya.

Berbagai gerakan seperti gerakan menanam 1000 pohon dapat memberikanmu wadah untuk menyalurkan hobi menanam juga loh. Jadi selain dekat dengan alam, kamu juga punya banyak teman. Otomatis tingkat kesenanganmu bertambah dong, karena semakin banyak juga orang yang peduli terhadap lingkungan.

Selamat Hari Menanam Pohon 🙂

****

Dari sekian manfaat yang Wovgo paparkan, adakah yang tertinggal? Kalau ada, dan Wovger punya pengalaman terkait menanam pohon, share di kolom komentar dong.