12 gunung di Pulau Jawa yang senantiasa menunggumu untuk didaki

Gunung Prau

Sejak ada film yang mengangkat cerita tentang naik gunung, sekarang ini orang-orang jadi banyak banged yang pengen naik gunung. Yah namanya juga trend, jadi banyak ajah para newbie yang naik gunung cuma ngikutin trend dan gak tau esensi mencintai alam yang dipegang para pendaki.

Nah buat kalian para pemula, kalo mau mendaki jangan songong donk. Jangan ngerusak dan ngotorin gunung. Boleh kok ikut mendaki tapi belajar dulu yah esensi pandakian. Mulai dari etika di gunung, etika dengan sesama pendaki, dan etika dengan alam.

Buat Wovger yang mulai tertarik keluar dari kamar dan mau mencoba menikmati rasanya perjalanan pendakian, Wovgo akan memberikan beberapa rekomendasi nih, gunung-gunung yang bisa kalian daki di pulau jawa.

1. Gunung Ciremai, Jawa Barat.

Gunung Ciremai

Foto : id.wikipedia.org

Gunung ini sangat wajib untuk Wovger daki. Gimana engga, ini gunung tertinggi di Jawa Barat cuy. Dengan tinggi 3.087 mdpl, Wovger bakal mendapati keindahan pemandangan Jawa Barat dari atas. Di Puncak Ciremai ini, Wovger juga bakal mendapati kawah aktif yang cukup lebar. Gimana? Asik kan.

Gunung ini masuk diwilayah Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan.

Untuk melakukan pendakian disini, Wovger bisa menempuh beberapa jalur antara lain : Jalur Palutungan (selatan), Jalur Apuy (barat), dan Jalur Linggarjati (timur).

Ketiga jalur ini memiliki karakter yang berbeda-beda. Untuk Wovger yang masih pemula bisa mencoba melewati jalur Palutungan, dibanding Jalur Linggarjati yang memiliki medan yang cukup terjal.

2. Gunung Papandayan, Jawa Barat.

Gunung Papandayan

Foto : www.asliindonesia.net

Gunung ini merupakan gunung yang cukup terkenal di Jawa Barat. Makanya Wovger harus mencoba mendaki gunung ini. Gunung Papandayan lokasinya berada di Kabupaten Garut, tepatnya di kecamatan Cisurupan. Gunung ini memiliki ketinggian 2665 mdpl.

Disini Wovger bakal mendapati banyak kawah yang mengeluarkan kabut uap. Ada beberapa kawah yang cukup terkenal diantaranya : kawah mas, kawah baru, kawah nangklak, dan kawah manuk.

Pada awal pendakian, Wovger bakal mendapati trek yang berbatu dan gersang. Diawal perjalanan, Wovger akan dibawa menuju kawah, maka dari itu aroma belerang yang menyengat bakal tercium.

Digunung Papandayan ini Wovger juga bakal mendapati padang edelweis dan hutan mati dengan pemandangan yang indah banged dan jadi spot foto yang instagramable banget dech.

3. Gunung Salak, Jawa Barat.

Gunung Salak

Foto : en.wikipedia.org

Untuk pendaki pemula, gunung ini memang tidak terlalu bersahabat karena medannya yang cukup berat. Tapi percaya dech, Wovger harus mencoba mendaki gunung ini. Latihan dulu terus biar kuat.

Gunung ini masuk diwilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi. Gunung ini memiliki usia yang cukup tua, yang akhirnya membuat gunung ini memiliki beberapa puncak. Puncak tertingginya dinamakan Puncak Salak I dengan ketinggian 2.211 mdpl.

Ada beberapa jalur yang bisa dilewati untuk mendaki gunung ini. Salah satu jalur yang cukup ramai dilewati adalah Curugnangka dari sisi utara. Jika Wovger melewati jalur ini, Wovger akan sampai di puncak Salak II.

Ada juga jalur Cimelati dari arah timur, yang merupakan jalur untuk langsung menuju Puncak Salak I.

Wovger bisa sih mendaki puncak Salak I dari puncak Salak II melalui jalur Sukamantri, Ciapus. Tapi bisa dipastikan perjalanan kalian akan cukup banyak mendapat kesulitan.

Gunung ini memiliki banyak sekali cerita mistis. Wovger hati-hati ya saat mendaki gunung ini, jaga sikap.

4. Gunung Sindoro, Jawa Tengah.

Gunung Sindoro

Foto : www.ardiyanta.com

Gunung Sindoro terletak di wilayah Kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Gunung ini memiliki ketinggian 3.136 mdpl. Dari atas sini Wovger bisa menikmati pemandangan hamparan kebun teh yang ditanami dilereng gunung.

Ada dua jalur yang bisa dilewati untuk mendaki Gunung ini yaitu jalur desa Kledung dan Jalur desa Sigedang tambi. Jalur Sigendang Tambi agak sedikit lebih susah, jadi buat Wovger yang masih pemula bisa melewati jalur Kledung.

5. Gunung Sumbing, Jawa Tengah.

Gunung Sumbing

Foto : lupajalanpulang.wordpress.com

Ini adalah saudara kembar dari gunug Sindoro. Dari kejauhan Wovger bisa dapati kedua gunung ini terlihat begitu gagah. Gunung ini memiliki ketinggian 3.371 mdpl, lebih tinggi dari saudara kembarnya. Yang perlu Wovger tau, gunung ini merupakan gunung tertinggi nomer 3 di pulau jawa, kurang keren apa coba.

Ada beberapa jalur yang bisa dilewati untuk mendaki gunung ini antara lain : Jalur Garung, Jalur Cepit Parakan, Jalur Bowongso, dan Jalur Mangli. Jalur Garung menjadi favorit pertama karena treknya yang relatif lebih mudah dan pemandangan sepanjang trek yang begitu indah.

Jalur pendakian gunung Sumbing memang terkenal cukup berat dengan medan terjal dan berbatu. Apalagi trek sebelum puncak, kesulitannya akan lebih double beratnya dan jauh lebih extream. Tapi jangan khawatir, pemandangan selama pendakian dan spot-spot indah dipos-pos  lokasi perkemahan bakal membayar itu semua.

Buat Wovger yang masih pemula, jika ingin mendaki ada baiknya mengajak teman yang sudah lebih profesional dalam hal pendakian. Selain itu, latiha fisik juga sangat perlu dilakukan. Disini Wovger akan bisa merasakan bagaimana rasanya menyatu dengan alam.

6. Gunung Merbabu, Jawa Tengah.

Gunung Merbabu

Foto : ranimayaaa.wordpress.com

Gunung merbabu memiliki ketinggian 3.145 mdpl. Gunung ini ada diwilayah kabupaten Magelang dilereng sebelah barat, kabupaten boyolali dilereng sebelah timur, salatiga dilereng sebelah selatan, dan semarang dilereng sebelah utara. Ada 4 jalur yang bisa Wovger lewati untuk mendaki gunung ini santara lain: Jalur Selo, Jalur Thekelan, Jalur Cunthel, dan Jalur Wekas.

Saat melakukan pendakian gunung ini, Wovger akan dibawa melalui perkebunan penduduk dan hutan pinus. Bersiaplah terkagum-kagum dengan suasana alam digunung ini. Wovger juga akan mendapati padang savana yang begitu epik saat mendaki melalui jalur Selo. Saat sudah melihat pemandangan-pemandangan indah ini, Wovger bakalan bosen terus-terusan dikamar.

7. Gunung Merapi, Jawa Tengah.

gunung merapi

Foto : YouTube

Gunung merapi ini mungkin hanya memiliki ketingian 2.968 mdpl, tapi gunung ini dikenal sebagai gunung paling ganas diantara gunung-gunung lain dijawa. Ada dua jalur utama yang bisa dilewati yaitu lewat Kiniharjo, Kaliurang atau Selo, Boyolali.

Selama pendakian, Wovger bisa menikmati gagahnya dan indahnya pemandangan gunung merbabu yang menjulang bersebelahan dengan gunung merapi ini.

Digunung ini juga memiliki spot perkemahan yang sangat terkenal yaitu pasar bubrah. Untuk menuju puncak dari pasar bubrah, Wovger akan menempuh perjalanan sekitar 1 jam. Tapi medan yang ditempuh bukan main, jalurnya sangat curam dengan medan berpasir.

8. Gunung Prau, Jawa Tengah.

Gunung Prau

Foto : blog.jalan2terus.com

Gunung Prau ini sangat wajib untuk Wovger daki karena pemandangannya yang sangat special. Pemandangan di puncak gunung Prau sangat epik. Wovger bisa melihat pemandangan gunung-gunung tinggi disekitar gunung Prau macam Merbabu, Sumbing dan Sindoro. Jika sedang tidak ada kabut, Wovger bisa mendapati Sunset dan Sunrise dari atas ini yang tidak kalah epiknya dan lautan awan yang wow banget lah.

Gunung ini berada di kawasan dataran tinggi dieng. Gunung Prau ini memiliki ketinggian 2.565 mdpl. Wovger bisa mendaki gunung ini melalui jalur pendakian Patak Banteng.

9. Gunung Lawu, Jawa Timur.

Gunung Lawu

Foto : magetan-corp.blogspot.com

Gunung Lawu memang tidak sepenuhnya masuk wilayah Jawa Timur. Gunung ini berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung lawu berada diwilayah Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan di Jawa Timur.

Gunung ini memiliki ketinggian 3.265 mdpl. Wovger bisa menempuh beberapa jalur untuk melakukan pendakian gunung ini yaitu : jalur Cemoro Kandang, Jalur Cemoro Sewu dan Jalur Candi Seto. Buat Wovger yang masih pemula, Jalur Cemoro Sewu sangatlah direkomendasikan karena jarak tempuhnya yang lebih pendek dan treknya yang tidak terlalu terjal.

10. Gunung Ijen, Jawa Timur.

Gunung Ijen

Foto : www.ardiyanta.com

Buat pendaki yang sudah Pro mungkin gunung ini dirasa terlalu cemen, karena gunung ini hanya memiliki ketinggian 2.443 mdpl. Tapi buat Wovger yang lagi belajar melakukan pendakian, Wovger sangat wajib mendaki gunung ini.

Dipuncak gunung Ijen, Wovger bisa menemukan keberadaan api biru yang sangat fenomenal. Wovger bisa menemukan keindahan Api biru yang epik ini jika melakukan pendakian saat malam hari. Setidaknya sekali seumur hidup, Wovger harus mendaki gunung ini.

Jalur pendakian gunung ini cukup mudah untuk pemula dan sudah terarah jadi tidak usah khawatir kesasar.

11. Gunung Argopuro, Jawa Timur.

Gunung Argopuro

Foto : ruliamrullah.wordpress.com

Gunung Argopuro berada di wilayah kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, serta Situbondo. Gunung ini memiliki ketinggian 3.088 mdpl. Gunung ini memiliki puncak tertinggi yang dinamai puncak Rengganis.

Jalur pendakian yang paling populer adalah Jalur Baderan di kecamatan Sumbermalang, Situbondo. Wovger akan mendapati danau alami yang disebut danau Taman hidup. Selain itu, Sabana Cikasur akan mempesona Wovger dengan pemandangan padang rumputnya yang indah.

12. Gunung Semeru, Jawa Timur.

 

Ranu Kumbolo - Gunung Semeru

Foto : www.youtube.com

Siapa yang tidak kenal Gunung ini. Gunung Semeru begitu terkenal karena pernah menjadi lokasi pembuatan Film. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl.

Pemandangan alam disini sangatlah epik, pecah banget lah. Deretan pepohonan dan tanaman-tanaman liar saling memadu latar keindahan yang tak terkalahkan.

Ada dua jalur yang bisa dilewati untuk melakukan pendakian gunung ini yaitu jalur Watu Rejeng dan via Gunung Ayek-Ayek. Tapi jalur Watu Rejeng menjadi jalur yang direkomendasikan. Melalui jalur ini Wovger bisa mendapati Ranu Kumbolo yang begitu fenomenal ini. Selain itu Wovger juga akan disambut oleh Oro-Oro Ombo yang menghadirkan padang rumput yang indah dan luas.

Untuk melakukan pendakian sampai puncak Mahameru memang sangatlah susah. Apalagi trek pendakian menuju puncak sangatlah terjal. Buat Wovger yang masih pemula, disarankan untuk tidak mendaki sampai puncak. Tapi bisalah mencoba mendaki sampai Ranu Kumbolo, dan buktikan keindahan alam di Semeru ini.

***

Trend pendakian memang membawa dampak baik dan buruk. Dampak baiknya, semakin banyak orang yang mengenal gunung-gunung di Indonesia. Tapi imbas buruknya adalah banyaknya pendaki pemula yang tidak tau etika mendaki. Buang sampah sembarangan, merusak alam, dan cuma mengejar foto-foto buat diupload diinstagram doank.

Nah Wovgo punya pesan nih. Kalo kalian naik gunung cuma pengen ngerusak, mendingan gak usah naik dech. Kasian alam Indonesia ini kalo dirusak cuma buat memenuhi hasrat kalian mendapatkan foto keren buat instagram. Jadi sebelum mendaki, persiapkan dulu fisik dan mental, terutama pegang teguh etika pendakian.

Masih ada banyak gunung-gunung di pulau Jawa ini yang layak untuk didaki. Tapi apa daya Wovgo gak sanggup menyampaikan semua keeksotisan gunung-gunung ini dalam tulisan. Jadi jika ada yang mau menambahkan bisa mengisi di komentar ya.