Hidupmu gak ada gunanya kalau ngelakuin kebiasaan ini

males gerak

Sebagai manusia pasti punya cara tersendiri dalam menjalani hari-hari. Entah itu bekerja, cari kerja, ngerjain skripsi, jalan-jalan, atau males-malesan. Intinya kamu ngelakuin itu biar hidupmu ada manfaatnya tapi tunggu…males-malesan itu termasuk hal yang positif atau justru ngebuang waktu?

“Males-malesan kan juga kegiatan. Bersantai, refreshing, cari inspirasi…”

“Iya, tapi kan nggak menghasilkan sesuatu. Kamu cuma duduk, tiduran, dan bengong!”

Nah, fakta ini nih yang sekian lama sering kamu pertahankan. Alih-alih berusaha refreshing dengan bermalas-malasan sejenak justru kamu malah kebablasan. Ujung-ujungnya waktu kamu mendadak habis untuk tiduran sepanjang waktu tanpa produktifitas sama sekali. Membuang sedikit waktu mungkin nggak akan terasa tapi kalau kebiasaan itu sering kamu lakukan dampaknya akan merugikan kamu sendiri. Bukannya kamu ingin menjadi manusia yang lebih baik?

Tapi kira-kira kebiasaan-kebiasaan apa aja sih yang bikin merugi? Ini diaaa…..

1. Ternyata, kalau kamu sering menunda tugas dari dosen itu juga kebiasaan yang bikin hidupmu sia-sia.

tugas numpuk

Foto : mavanilla.wordpress.com

Wovgo kan udah bilang tadi, awalnya nggak terasa tapi lama-lama berdampak bagi kehidupanmu. Salah satunya ya ini, mahasiswa sering kali banyak alasan untuk nggak cepet-cepet ngerjain tugas ataupun ketemu dosen bimbingan dengan alasan malas atau takut direvisi lagi dan lagi.

Guys, kalau ini sering kamu lakukan justru memperparah keadaan. Tugas yang menumpuk dan nggak segera diselesaikan bikin tambah beban. Revisi yang nggak segera diajukan juga berakibat molornya kelulusan. Semakin molor maka semakin tertinggal. Mau dibawa kemana arah hidupmu kelak?

2. Kalau tugas udah menumpuk, The Power of Kepepet solusinya? Wah ..salah besar!

tugas numpuk

Banyak yang salah mengartikan istilah The Power of Kepepet. Ngapain harus mengandalkan kekuatan kerja kebut semalam kalau ada istilah managemen waktu?

Iya, Wovgo sendiri mengartikannya sebagai senjata terakhir kalau bener-bener kepepet. Kerja mepetpun bukan tanpa alasan. Kamu bisa gunain kerja kebut semalam kalau emang kegiatanmu yang udah kamu rancang seharian nggak memberikan waktu luang untuk mengerjakan tanggungan tugas.

Bukan sebaliknya, main-main dulu baru dikerjakan pas malem harinya dan kamu sering kali bangga banget tuh menyebutnya sebagai The Power of Kepepet. Banyak mahasiswa yang kayak gitu, bangga kalau kerjanya kebut semalam terus dipamerin ke temen-temennya -_-‘.

“Elaah…bro aku ngerjain ini semaleman, bukan mahasiswa namanya kalau nggak kepepet.” Sambil nyengir.

Jangan sia-siain waktu dengan mengandalkan kerja kebut semalam. Sama sekali nggak elegan.

3. Kamu termasuk golongan orang yang merugi kalau mengisi kekosongan waktu dengan bengong dan mondar-mandir nggak jelas.

bengong

Foto : MBDC

Boleh bengong apalagi pas nunggu dosen, jelas nggak ngapa-ngapain yang ada bikin males. Kegiatan apa sih yang paling nggak enak? Ya menunggu!

Tapi coba kamu isi penantian kamu minimal dengan baca buku, kalau nggak suka baca buku kamu bisa bawa leptop terus browsing-browsing. Itu hal sederhana banget loh yang bisa kamu lakukan dari pada mondar mandir nggak jelas. Detik demi detik berlalu, jangan biarkan berlalu tanpa produktifitasmu. Semangat!

4. Apa gunanya smartphone mahal-mahal tapi isinya cuma game dan media sosial?

smartphone

Foto : www.huffingtonpost.com

Jika kamu telah menghabiskan uang berjuta-juta demi membeli smartphone idaman kamu dan memanfaatkannya sebagai alat untuk main game dan sosmed, selamat kamu telah menyia-nyiakan potensi canggih lain yang ada di handphonemu.

Coba kenali lagi fitur-fitur menarik yang bikin pengetahuanmu nambah. Settingan kameranya misalnya, fitur editor foto dan aplikasi video bawaan dari smartphonemu juga bisa dimainkan nggak harus mengandalkan aplikasi-aplikasi yang lainnya.

5. Bicara soal aplikasi, ada hubugannya sama internet, itu memberikanmu pintu menuju dunia informasi.

browsing

Foto : mona-croll.deviantart.com

Sekarang internet merupakan tiket masuk ke perpustakaan digital. Yang namanya perpustakaan pasti punya seabrek informasi dari yang kecil sampai yang besar semua lengkap dalam dunia maya. Nah kalau hidup kamu cuma dihabiskan mainan sosmed dan nonton YouTube. Istilah lainnya sih sebagai hiburan semata, sayang banget loh.

Layaknya perpustakaan raksasa segala sumber ilmu ada di situ, mulai dari berita, artikel, materi belajar pokoknya hal-hal yang mengedukasi bisalah kamu akses demi memanfaatkan waktu luang kamu.

Nah, daripada browsing-browsing gak jelas, baca-baca artikel di Wovgo juga bisa nambah inspirasi dan pengetahuan kamu lhohhh.. 😀

6. Daripada mengeluh soal hidup yang lempeng-lempeng aja, lebih baik kamu usaha lebih keras lagi.

mengeluh

Foto : www.tscjogja.net

Mengeluh dan mengeluh…hmmm coba pikir baik-baik apa dengan mengeluh bisa menyelesaikan masalah?

Waktu kuliah mengeluh skripsi, pas udah lulus ngeluh cari kerja susah, pas udah dapet kerja ternyata kerja tuh beban banget ya. Hei…stop mengeluh, punya ekspektasi tinggi memang bagus, tapi mengeluh saat kejadiannya nggak sesuai harapan bukanlah solusi yang tepat, lebih baik kamu fokus sama jalan keluar kemudian lakukan dengan maksimal.
****
Sampai disini ada pertanyaan? Kalau nggak ada dan kamu paham, jangan bengong aja segeralah susun rencana harian kamu biar lebih produktif!