Mainan cowok di era 90an yang nggak pernah terlupakan

mainan 90an

Nggak cuma manusia aja yang berevolusi tapi mainan juga. Dari waktu ke waktu yang namanya mainan pasti mengikuti jaman. Kamu bisa membandingkan jenis-jenis mainan jaman dulu sama jaman sekarang yang serba online.

Jaman sekarang jenis mainan itu tak terhitung jumlahnya, ini ada hubungannya sama game online yang juga membeludak, tapi kalau jaman dahulu mainan cenderung sederhana karena kebanyakan masih buatan tangan.

Nah dari pada pusing membanding-bandingkan mendingan Wovgo ajak kamu untuk bernostalgia mainan di era 90an khususnya mainan cowok-cowok nih. Bukan cowok gentle namanya kalau kamu nggak pernah main beginian di era 90an.

1. Yo…yooo…main Yoyo yo…

mainan yoyo

Foto : biftah.com

Baca yoyo-nya pake action dong..nah ya gitu!

Cowok 90an kalau nggak ada yang punya yoyo mah nggak kece. Udah berasa anak gaul dijamannya. Sore-sore habis mandi gitu pegangannya Yoyo. Entah itu bisa ataupun nggak bisa yang penting punya dulu. Cara mainnya dilempar, pas dilempar eh dia nggak balik-balik ke tangan. Warnanya yang macam-macam menarik perhatian. Kalau ditanya soal harga yaelah jaman dulu mah 500 perak juga dapet yang bagus terbuat dari kayu. Awet lagi. Kamu sampai sekarang masih ada yang nyimpen nggak?

2. Kepingan Tazos hadiah dari jajan Chiki.

kepingan tazos hadiah chiki

Foto : www.beritaunik.net

Chiki kesukaan anak Indonesia…..masih ingat kan sma jingle yang satu ini. Nggak cuma jinglenya aja yang diingat tapi juga rasa dan hadiahnya yang menggoda. Kamu yang udah resign dari era 90an pasti ngumpulin yang kaya gini. Mainan Tazos, butuh berbungkus-bungkus chiki yang harus kamu beli biar bisa terkumpul banyak. Setidaknya kalau kamu mau bikin bentuk katak kamu butuh 3 sampai 5 keping Tazos biar bisa lompat. Gambarnya yang macem-macem dari serial kartun digimon dan pokemon bikin kamu makin antusias buat mengoleksi.

BACA JUGA : Cuma anak-anak yang lahir tahun 90an yang ngerti jajanan-jajanan ini

3. Gambaran atau wayang.

gambaran 90an

Foto : www.ajaib.co

Jangan sok lupa deh sama mainan ini, mainan unyu yang bisa bikin kamu nggak bisa tidur soalnya kalah taruhan sama temen sebaya kamu. Kalau di kampung kebanyakan nyebutnya ‘wayang’. Cara mainnya simpel, 2 gambaran dilempar dan ditunggu jatuhnya, kalau udah jatuh dan salah satu kartunya kebalik maka dia kalah. Dan harus ngasih kartu ke lawan yang menang dengan jumlah sesuai kesepakatan. Jadi mirip main juuuudddd … ah sudahlah.

4. Kalau kamu kenal Kapal tek tek berarti kamu anak kebon.

kapal tek tek

Foto : www.tokopedia.com

Kalau kapal tek tek, Wovgo pernah nemuin ini dibeberapa daerah yang suka ngadain acara pasar malam atau pasar rakyat gitu. Di jual dengan harga yang masih murah sekitar 5000 sampai 8000. Berhubung Wovgo lahir di era 2000an jadi nggak beli deh. Cara mainnya cukup asik, dibagian belakang kapal disulut sama korek api gitu terus kapalnya bakalan muter-muter di ember sambil bunyi tek..ketek..ketek…ketek…tek. Bagi yang nggak puas cuma muter-muter di ember, kamu bisa melarikan diri ke kali belakang rumah dan mencobanya di sana. Efeknya lebih keren abis! Soalnya bisa lawan arus.

5. Biang Es ala Popeye.

biang es 90an

Foto : IDNTimes

Entah mainan ini muncul dari mana, yang pinter itu penjualnya. Mainan beginian di jual dan laku keras. Itu cuma biang es, entah kenapa membuat cowok-cowok tahun 90an terpesona dan berbondong-bondong membelinya. Biang es atau es kering atau Dry Ice terbuat dari gas CO2 yang dipadatkan dengan cara didinginkan. Suka keluar asap putih kalau dimasukkan ke air dan inilah yang menjadi minat anak-anak di tahun 90an. Penjualnya biasanya ngasih biang es ini di sebuah cerutu popeye, seolah-olah kalau mainan itu jadi mirip sama popeye. Hahaha…

6. Dor..dor…dor Pistol peluru yang jadi primadona.

pistol mainan

Foto : www.tokopedia.com

Dor..dor..dor….

Pistol ini pasti nggak asing di mata cowok-cowok 90an. Pistol dan juga pelurunya yang berwarna kuning sebesar biji delima ini jadi primadona banget. Bagi yang belum sempet punya bukan masalah, kamu biasanya jadi korban penembakan hehehe. Selain pistol peluru ada lagi gandenganya yaitu pistol peluru cincin. Sama-sama pistolnya tapi yang beda pelurunya, berbentuk cincin warna merah. Kalau ditembak suaranya mirip-mirip petasan.

7. Sering mainan kacamata 3 Dimensi berarti kamu anak yang konyol.

Kacamata 3 dimensi

Foto : www.3dedutainment.center

Wovgo mau baper dulu soalnya demen banget sama mainan yang satu ini. Sebutannya kacamata 3D bukan berfungsi buat mata rabun tapi buat nonton TV. Entah ini semacam pembodohan atau pembohongan publik, yang jelas ketika kamu pake kacamata ini sambil lihat TV, gambar di TV bisa keluar sendiri layaknya bioskop tiga dimensi. Warnanya biru sama merah, cuma kalau diinget-inget lagi bikin ngakak dan ngerasa konyol aja percaya sama begituan.

8. Mainan bergengsi ya Tamiya.

Tamiya

Foto : www.aliexpress.com

Kalau Tamiya merupakan mainan yang berkelas di jamannya. Dijamin sekalinya kamu pamerin sama temen-temen kamu, dia bakalan ngerengek ke ibunya minta dibeliin tamiya yang sama. Sejak era 90an terutama yang cowok-cowok nih, udah diajari balapan, lengkap dengan sirkuitnya dan onderdilnya terutama dinamo yang jadi kebanggaan. Kamu juga bisa beli secara terpisah dan bisa kamu pasang-pasang sendiri. Menurut Wovgo sih sampai sekarang mainan ini masih tenar meski nggak setenar dulu.

9. Gamebot.

Gamebot

Foto : jajanjadoel.wordpress.com

Mungkin dulu gamebot ini adalah gadget di tahun 90an. Bentuknya yang kotak dan tebel banget nggak bikin kamu keberatan buat bawa kesana-kemari. Nggak habis pikir aja, permainan yang isinya itu –itu aja justru bikin nagih anak-anak jaman dulu. Rela menghabiskan waktu demi mencapai level tertinggi di permainan tetris.

10. Rambut kamu kok merah? Suka main layang-layang ya?

layang layang

Foto : irmasustika.com

Boy, rambutmu merah banget, anak layangan ya?

Sering ya kamu dikatain begini, tapi emang benar adanya. Kamu yang dulu sering main layangan nggak menampik fisik kamu akan berubah drastis karena kepanasan. Nggak hanya kulit menghitam tapi juga rambut mulai memerah kena sinar matahari. Tapi itu semua bukan masalah, karena yang menghitam bukan kamu aja tapi temen-temenmu juga. Ada kebahagiaan ketika adu layang-layang terus sambit-sambitan hingga ngejar layangan sampai ke desa seberang.

Seru banget deh pokoknya!

***

Nah, dari beberapa mainan di atas, Wovger pernah mainin yang mana aja? Atau punya mainan lain yang nggak kalah seru yang belum Wovgo sebutkan? Share di kolom komentar ya 🙂