Ada pribadi tipe A dan tipe B. Tapi kalau urusan karir, tipe A lebih keren. Ini alasannya…

pengusaha

Kepribadian seseorang pada dasarnya dikelompokan dalam 2 tipe, yaitu tipe A dan tipe B.

Seseorang bertipe A umumnya hidup pada tingkat stres yang lebih tinggi. Hal ini didorong oleh beberapa hal:

• Mereka merasa sulit untuk berhenti, bahkan ketika mereka telah mencapai tujuan.
• Mereka bisa terus menerus bekerja bahkan hingga lupa waktu.
• Mereka sangat kompetitif, jika perlu mereka akan menciptakan persaingan.
• Mereka membenci kegagalan dan akan bekerja keras untuk menghindarinya.

Sedangkan mereka yang bertipe B hidup pada tingkat stres yang lebih rendah. Hal ini didorong oleh:

• Mereka bekerja terus, menikmati prestasi tetapi tidak menjadi stres ketika mereka tidak bisa mencapai target mereka.
• Ketika dihadapkan dengan persaingan, mereka tidak terlalu terobsesi untuk menang.
• Mereka lebih berani mengeksplorasi ide-ide dan konsep baru, tidak takut dengan cara baru, dan menjadikan mereka lebih kreatif.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai pengelompokan kepribadian berdasarkan tipe A dan tipe B.

Berdasarkan pengelompokan tadi, jika kita melihat dalam segi bisnis, para pengusaha ber tipe A biasanya akan lebih agresif yang kaitannya dengan karier mereka.

Para pengusaha dengan kepribadian bertipe A ini akan sangat susah terbendung. Berikut beberapa alasan yang menjadikan mereka susah terbendung.

1. Karier adalah prioritas nomer satu mereka.

foto: aliexpress.com

foto: aliexpress.com

Tipe A akan bersedia berkorban untuk kepentingan bisnis mereka dan tujuan yang terkait dengan karier mereka. Apapun siap dia kerjakan untuk mencapai target-target tertentu dalam karier. Karier menjadi prioritas utama dan fokus nomor satu mereka dalam hidup.

Hal ini sebenarnya cukup berbahaya. Menjadikan karier sebagai fokus utama, terkadang bisa menurunkan kualitas hubungan atau interaksi sosial. Hubungan dengan keluarga, pasangan atau teman-teman akan bisa menjadi korban.

2. Mereka lebih menikmati saat-saat bekerja daripada saat-saat liburan.

foto: japantimes.co.jp

foto: japantimes.co.jp

Liburan menjadi hal yang tidak lagi menyenangkan buat orang-orang berkpribadian tipe A. Bekerja terasa lebih menyenangkan buat mereka. Mereka akan sangat sulit menghindar dari pekerjaan dan menjadi sangat gila dengan kerja.

Padahal manusia juga butuh waktu untuk sebentar rehat dan menjauh dari pekerjaan. Tapi sepertinya hal ini bukan menjadi pilihan mereka.

3. Mereka selalu menggunakan to do list, dan melakukan segala sesuatu berdasarkan itu.

foto: fastcompany.com

foto: fastcompany.com

Orang bertipe A membuat to do list untuk segala hal. Membuat daftar to-do memungkinkan mereka untuk mengerjakan tugas satu per satu tanpa harus berhenti dan mencari tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Seiring waktu, ini akan menghemat waktu secara luar biasa.

Pemanfaatan waktu yang baik ini membuat mereka menjadi pekerja yang cukup efektif. Tentu saja hal ini yang akan membuat mereka semakin tidak terbendung dalam karir mereka.

4. Mereka selalu tepat waktu.

foto: eksitarif.com

foto: eksitarif.com

Jika ada pepatah yang mengatakan waktu adalah uang, hal itu benar-benar dipegang oleh orang-orang berkpribadian tipe A ini. Waktu menjadi salah satu hal yang sangat berharga. Mereka akan berusaha untuk selalu tepat waktu dan menggunakan waktu yang ada dengan maximal untuk terus bekerja.

5. Mereka Tidak Pernah membuang-buang waktu.

foto: beliefnet.com

foto: beliefnet.com

Kebanyakan orang, jika sudah menyelesaikan semua pekerjaan, dia akan istirahat. Tapi orang-orang berkepribadian tipe A, mereka tidak mau membuang-buang waktu hanya untuk bersantai. Mereka akan mencari hal lain yang bisa kerjakan.

Selain itu, mereka juga tidak pernah suka menunda pekerjaan.

6. Mereka tidak menerima gagasan jika ada hal yang tidak bisa dilakukan.

foto: wikihow.com

foto: wikihow.com

Orang-orang berkepribadian tipe A selalu percaya bahwa semua hal itu mustahil, jika tidak ada kemauan untuk mencapainya. Dan mereka tidak akan segan-segan untuk meraih hal-hal yang dianggap orang umum itu mustahil.

7. Mereka sangatlah perfeksionis.

foto: theodysseyonline.com

foto: theodysseyonline.com

Mereka sangat memuja kesempurnaan. Semua hal harus berjalan sesuai rencana dan tidak boleh ada kesalahan sedikitpun. Mereka tidak pernah menerima segala sesuatu yang kurang sempurna.

8. Tipe A adalah sosok Perencana.

foto: passionplanner.com

foto: passionplanner.com

Mereka yang ber Tipe A sangatlah terencana dalam segala hal. Saat orang-orang lain melakukan manufer dan mencoba-coba hal baru dalam sebuah proses, orang-orang bertipe A selalu merencanakan semua hal secara solid dan mengerjakan hal-hal tersebut sesuai perencanaan yang sudah dibuat.

9. Tipe A selalu bisa menjadi pemecah masalah.

foto: blog.studiobinder.com

foto: blog.studiobinder.com

Para Tipe A selalu percaya pada kemampuan mereka. Dari situlah mereka selalu berusaha memecahkan setiap masalah dengan pemikiran mereka sendiri. Kayakinan inilah yang memungkinkan mereka bisa memikirkan solusi dengan rasional tanpa menjadi bingung.

10. Tipe A selalu bergairah dalam mengerjakan sesuatu.

foto: johnbenloy.com

foto: johnbenloy.com

Tipe A selalu bergairah dengan pekerjaan mereka. Jadi walaupun mereka sedang dalam tekanan pekerjaan, mereka tidak pernah merasa tertekan. Mereka akan selalu nyaman dalam melakukan pekerjaan. Pekerjaan sudah menjadi passion tersendiri dalam hidup mereka, dan mereka menganggap bahwa memang seperti itulah seharusnya.

11. Tipe A sangatlah fokus.

foto: blog.atmosphereci.com

foto: blog.atmosphereci.com

Orang-orang bertipe A sangatlah fokus pada pekerjaan mereka. Mereka tidak mudah terganggu dengan sesuatu. Mereka akan memberikan fokus mereka 100% pada pekerjaan yang sedang mereka kerjakan.

***

Pengusaha dengan kepribadian bertipe A akan sangat susah terbendung. Beberapa tanda di atas cukup bisa menjadi indikasi bagaimana mereka akan dengan bersungguh-sungguh membangun bisnisnya.

Dibalik sisi-sisi negatif orang-orang bertipe A ini, masih ada sisi positif yang bisa Wovger tiru kok, dan menjadikan Wovger pengusaha yang tidak terbendung dengan tetap menjadi diri sendiri seutuhnya.