Film-film terbaik yang menceritakan HIV/AIDS

Dallas Buyers Club

Setiap tanggal 1 Desember, ada sebuah hari penting yang diperingati oleh seluruh penduduk dunia. Hari tersebut adalah hari AIDS. Hari AIDS sedunia pertama diperingati pada tahun 1988 yang digagas oleh James W. Bunn dan Thomas Netter. Keduanya bekerja untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam program yang sekarang disebut dengan UNAIDS.

Berdasarkan laporan dari UNAIDS, Indonesia merupakan negara dengan penyebaran virus HIV/AIDS tercepat di Asia. Pada tahun 2010, diduga sekitar 5 juta penduduk Indonesia mengidap penyakit berbahaya ini.

Di antara 5 juta orang tersebut, beberapa dari mereka mungkin adalah teman-teman atau kerabat kita sendiri. Sebagai manusia yang baik, sikap kita tentunya tidak langsung menjauhi jika bertemu mereka. Agar tidak kebingungan ketika menghadapi teman atau kerabat yang terkena HIV/AIDS, berikan pemahaman yang baik pada diri sendiri melalui film-film ini.

1. Philadelphia

Philadelphia movie

Foto : www.boxtv.com

Film tentang HIV/AIDS pertama yang wajib kamu tonton adalah Philadelphia. Lewat film ini, kamu bisa mengenal penderita HIV/AIDS dan apa yang mereka rasakan. Andrew Beckett yang diperankan oleh Tom Hanks berjuang sangat keras untuk kehidupan dan kehormatannya.

Film ini muncul di tahun 1993 sebelum obat revolusioner yang menyelamatkan pelaku HIV/AIDS ditemukan. (Obat HIV/AIDS udah ketemu lho. Jadi jangan bilang penyakit ini nggak ada obatnya ya Wovger). Philadelphia tidak hanya menggambarkan dengan sangat baik apa yang dialami para penderitanya. Film ini juga memberikan pengetahuan tentang virus HIV/AIDS itu sendiri.

2. Dallas Buyers Club

Dallas Buyers Club

Foto : vulcanpost.com

Jika Philadelphia rilis di tahun 1993, maka Dallas Buyers Club riliis tepat 20 tahun kemudian yakni 2013. Film ini diangkat dari kisah nyata Ron Woodroof, seorang koboi yang kecanduan banget dengan alkohol dan bergonta-ganti wanita. Karena kebiasaan tersebut, ia divonis positif HIV dan dihantui oleh kematian.

Kuatnya keinginan untuk sembuh, ia kemudian mencoba berbagai macam obat-obatan. Dia akhirnya menemukan obat mujarab yang diimpor dari Meksiko. Merasa mendapat manfaat dari obat tersebut, ia kemudian menjualnya kepada penderita HIV/AIDS lainnya. Nahasnya, ternyata obat tersebut dinyatakan tidak aman oleh badan kesehatan AS. Justru semakin memperburuk keadaan penderita. Bagaimana kelanjutan kisah Ron Woodroof? Yuk tonton Dallas Buyers Club.

3. The Normal Heart

The Normal Heart

Foto : www.sodasandpopcorn.com

Tokoh utama dalam film ini berfokus pada Ned Weeks yang diperankan oleh Mark Ruffalo. Ned Weeks adalah seorang gay dari New York City yang melakukan perjalan ke Long Island untuk menghadiri pesta ulang tahun temannya, Craig Donner. Saat pesta berlangsung, Craig terlihat sehat-sehat saja hingga secara tiba-tiba ia merasa pusing, kehilangan keseimbangan, dan batuk-batuk.

Selain memberikan pemahaman terhadap HIV/AIDS, film ini juga memberikan pemahaman yang baik mengenai kaum gay.

4. And the Band Played On

And the Band Played On

Film ini rilis pada tahun 1993 yang memiliki latar di Amerika Serikat pada tahun 1976. Film ini menceritakan seorang ahli epidemiologi bernama Don Francis yang ditugaskan ke Sungai Ebola di Zaire. Sang dokter menemukan bahwa beberapa penduduk dan dokter yang bekerja di sana meninggal karena penyakit misterius.

Sekembalinya ke Amerika di tahun 1981, ia juga menemukan hal yang sama. Bedanya, penyakit ini menimpa kaum gay. Saat itu, cukup banyak kaum gay di San Francisco, New York City, dan Los Angeles yang meninggal dunia. Meski tanpa uang dan peralatan yang memadai, dokter Don Francis bertekad untuk mengatasi masalah tersebut. Bagaimana kelanjutan perjuangan Don Francis?

5. How to Survive a Plague

How to Survive a Plague merupakan sebuah film dokumenter produksi Amerika Serikat yang mengisahkan tentang AIDS dan usaha-usaha penanggulangannya. Secara khusus, film ini menceritakan perjuangan sekelompok aktivis yang tergabung dalam organisasi ACT UP. How to Survive a Plague berhasil meraih penghargaan di tahun 2012 sebagai film dokumenter terbaik dari Gotham Independent Film Awards.

***

Itulah beberapa film yang harus kamu tonton seputar HIV/AIDS. Kamu bisa mengenal mereka tanpa harus bersentuhan langsung jika takut tertular. Dengan film di atas, wawasan kamu juga bertambah sehingga kamu bisa memahami sebenarnya apa yang mereka rasakan.