Keith Haring, sosok penderita AIDS yang karyanya mendunia

Keith Haring

Siapa Keith Haring?

Keith Harring merupakan seniman jalanan asal Amerika Serikat sekaligus seorang aktivis sosial. Dia merupakan seniman penganut paham kontemporer dengan nama yang sudah melegenda di ranah seni jalanan.  Pada tahun 1978, di usianya ke-19, dia pindah ke New York City. Ia banyak memperoleh inspirasi seni graffiti dari sana. Seperti banyak legenda seni jalanan lainnya, Harring pertama kali turun ke jalan dengan menggambar di kereta bawah tanah di awal tahun 1980-an.

Banyak karyanya bertema politik , perang, seksualitas, agama, dan AIDS, terutama menanggapi budaya jalanan New York yang sering ia alami. Sayangnya, di tahun 1988 dia didiagnosis menderita penyakit AIDS. Tak gentar, pemuda yang lahir tahun 1958 di Reading, Pennsylvania ini, mendirikan Keith Harring Foundation untuk membantu para penderita AIDS dan untuk amal anak-anak di tahun 1989.

Tak lama setelah itu, pada 16 Februari 1990 Harring meninggal dunia di Manhattan tepat di usianya yang ke 31. Dia meninggalkan warisan menakjubkan dan ikon yang popular di dunia seni jalanan. Karyanya memiliki ciri khas figur dengan simbol dan ikon yang penuh warna. Seni grafitinya menjadi terkenal pada tahun 1980-an. Karya-karyanya banyak dipajang di galeri dan museum di seluruh dunia. Keith Harring tetap menjadi salah satu legenda seni jalanan, meskipun telah tiada.

Untuk lebih mengenal tentang dirinya, Wovgo hadirkan karya-karya terbaik yang pernah dibuat Keith Harring.

Radiant Baby

Radiant Baby

Foto : www.windowssearch-exp.com

Radiant Baby, merupakan karyanya yang paling ikonik. Dijuluki sebagai radiant child, atau radiant Christ. Karakter sederhana ia bangun, pertama kali muncul di graffiti kereta bawah tanah. Harring sering menggunakannya sebagai tag untuk menandai karyanya.

Chalk Street Art

Keith Haring Chalk Street Art

Foto : www.widewalls.ch

Ketika banyak seniman graffiti menggunakan cat semprot untuk menggambar justru Harring bereksperimen dengan kapur tulis. Inilah penyebab pada tahun 1984 namanya menjadi terkenal. Ia sering menghabiskan waktunya di subway-subway untuk membuat graffiti kapur. Hingga pada akhirnya, karyanya sempat mendapat penghargaan  dari scene graffiti New York, karena dianggap tidak biasa dan memunculkan karakter serta ada bahasa visual yang khas.

Crack is Wack

Keith Haring Paints 'Crack Is Wack'

Foto : animalnewyork.com

Karya Harring terkadang menuai kontroversi, salah satunya adalah Crack is Wack. Karya legendaris Crack is Wack merupakan ilegal piece yang Harring buat di salah satu lapangan di 128 Street dan 2nd Avenue. Akibat perbuatannya ini Harring pernah didenda oleh Departemen Taman Kota sebesar $25. Dalam gambarnya Ia membuat tengkorak, orang, salib, dan uang. Karya ini berpesan tentang masalah obat-obatan dan kejahatan yang ada di New York waktu itu.

Houston Bowery Wall

Keith Haring Houston Bowery Wall

Foto : www.goldmanproperties.com

Keith Harring pernah menciptakan mural out door pertamanya di dinding Houston Bowery Wall, New York pada tahun 1982. Karya ini menjadi salah satu karya yang paling dikenali dalam sejarah graffiti jalanan. Dibuat sebagai dedikasi atas kesadaran terhadap seni yang meningkat di daerah tersebut. Untuk memperingati ulang tahun Harring ke-50, pada tahun 2008, mural ini dibuat kembali sebagai tribute bagi dirinya.

Berlin Wall Mural

Keith Haring Berlin Wall Mural

Foto : twixnmix.tumblr.com

Atas permintaan dari Checkpoint Charlie Museum. Bulan Oktober 1986, Keith Harring melakukan perjalanan ke Berlin, Jerman. Ditengah hiruk pikuk media TV dan surat kabar internasional yang meliput dirinya, Ia membuat graffiti di tembok berlin sepanjang 300 meter.

Gambar yang dibuat berbentuk rantai manusia terlentang dengan kedua tangan memegang kaki satu sama lain. Gambar ini mewakili kesatuan masyarakat terhadap tembok Berlin. Namun sayangnya, karya ini tidak diapresiasi semua orang, karena hanya beberapa jam setelah Harring menggambar, terdapat seniman lain yang menimpa gambarnya dan mengklaim bahwa warna tembok harus abu-abu karena merupakan warna asli. Karya ini telah lenyap seiring dengan hancurnya tembok Berlin di tahun 1991.

Ignorance = Fear

Keith Haring Ignorance = Fear

Foto : www.widewalls.ch

Ignorance = Fear merupakan karya yang memiliki fokus pada epidemik AIDS. Selesai pada tahun 1988, karya ini selain menggambarkan dirinya, sekaligus dipersembahkan untuk teman-temannya yang telah banyak terenggut oleh penyakit AIDS. Hal ini juga, yang menyebabkan dorongan kuat terhadap dirinya untuk menciptakan karya sebanyak mungkin.

Fight AIDS Worldwide

Keith Haring Fight AIDS Worldwide

Foto : www.regencystamps.com

Banyak karyanya yang berpesan mengenai penyakit yang ia derita. Hingga sebelum ajal menjemput, Keith Harring masih terus memberikan edukasi kepada para penderita AIDS. Salah satunya adalah Fight AIDS Worldwide, yang memiliki konten berkaitan dengan AIDS dan dikombinasikan dengan seksualitas seperti litograf pada gambar ini. Selain digunakan untuk kampanye melawan AIDS di seluruh dunia, gambar ini sekaligus digunakan sebagai perangko PBB.

****

Semoga dari sosok Keith Harring ini, mampu memberi inspirasi kepada kita bahwa meski menderita penyakit mematikan seperti AIDS masih bisa berkarya bagi sesama.

HIV AIDS – Jauhi penyakitnya, bukan orangnya !

BACA JUGA : Bagaimana HIV AIDS bisa menular dan cara mencegahnya.