Hal hal sederhana ini bikin hidupmu lebih praktis dan nggak ribet

paper clip untuk kabel

Hidup ini udah penuh dengan tantangan dan banyak masalah. Mulai dari hal besar hingga hal-hal sepele sekalipun. Entah itu dari orang lain atau datang dari lingkungan sekitar. Jadi nggak ada salahnya dong kamu juga berusaha untuk mempermudah kehidupan dengan melakukan hal-hal sederhana yang itu berdampak baik bagi aktivitasmu.

Kamu bisa gunakan benda-benda disekitarmu untuk membuat sesuatu yang lebih efisien bahkan bisa juga dipadupadankan dengan benda lainnya. Wovgo punya loh rekomendasi barang-barang yang bisa mempermudah hidupmu. Apa aja ya kira-kira?

Hmm..coba dibaca terus..

1. Ketika memutuskan untuk trevelling, coba ikatkan tali pada kopermu agar mudah dikenali.

memberi tali pada koper

Foto : www.klikhotel.com

Bagi treveller sejati tentunya hal ini adalah cara yang mudah dan bikin hidupmu lebih nyaman. Pasalnya, ketika kamu check-in di bandara sering kali ada adegan kamu harus masukin koper ke dalam sebuah mesin yang bertugas buat ngecek apa isinya. Nah kalau kamu kebiasaan nonton film, sering ada kejadian koper ketuker. Untuk mengantisipasi kejadian itu, kamu bisa mengikatkan tali pita dipegangannya biar nggak ketuker satu sama lain dan mudah dikenali. Simpel kan.

2. Gunakan kacamata untuk handphonemu bersandar.

menggunakan kacamata untuk sandaran ponsel

Foto : osxdaily.com

Nggak cuma bahu yang butuh tempat bersandar tapi HP juga, terutama yang menggunakan smartphone. Kebiasaan banget kalau kamu memfungsikan HP buat nonton video, tangan akan terus memegang HP sampai ceritanya selesai. Nah itu nggak efisien banget, ada kalanya tangan ini capek atau kamu juga pingin santai sambil tiduran gitu. Solusinya mudah, coba deh ambil kacamata terus sandarin kayak gambar ini nih.

3. Fotolah kartu nama orang atau jasa perbaikan, berjaga-jaga jika kartu itu hilang.

memotret kartu nama

Foto : www.anderbergprint.com

Kamu yang gampang banget membuang kartu nama orang penting atau jasa perbaikan entah itu sedot WC, jasa service AC atau TV, yang sering kali ditemuin nyantol di pager rumah, sayang banget loh. Mungkin sekarang nggak penting tapi kalau Wovgo nih, ngumpulin kartu nama itu buat jangka panjang. Kamu nggak pernah tau kapan TV rumah bakalan rusak atau WC mendadak mampet. Lebih baik difoto pake HP terus jadikan satu folder di gallery. Percaya deh, suatu saat kamu nggak akan ribet dan nyariin kartu nama yang udah kebuang atau hilang secara nggak sengaja di tong sampah.

4. Letakkan koran di bagian bawah tempat sampah, gunanya agar sampah basah bisa meresap dengan sempurna.

meletakkan koran bekas di bagian bawah tempat sampah

Foto : www.thesouthafrican.com

Sampah itu biang penyakit apalagi kalau sampahnya campur aduk. Sampah basah dan sampah kering menjadi satu euuwhh…bikin males membuangnya. Solusi terbaik adalah kasih lembaran koran di dalam sampah biar sisa makanan basah seperti jus atau kuah makanan bisa terserap dengan baik dan nggak menimbulkan efek becek. Jangan lupa tambahin bungkusan kresek untuk melapisi sampah tersebut biar enak waktumembuangnya.

5. Cara keren mendeteksi kualitas baterai, apakah baterai masih bagus atau udah jelek.

menjatuhkan baterai

Foto : www.instructables.com

Emang caranya keren dan nggak makan banyak waktu. Kalau kamu tiba-tiba nemuin baterai nganggur di rumah dan nggak tau itu masih bagus apa enggak, tinggal dilempar aja. Tapi jangan keras-keras ya. Jadi pas kamu lempar perhatikan si baterai, kalau si dia memantul dengan gerakan lembut maka bisa dipastikan baterai masih memiliki kualitas bagus. Kalau mantulnya ke arah nggak karu-karuan hmm..udah saatnya kamu ganti dengan yang baru.

6. Kamu nggak jago foto selfie? Coba tampilkan senyum terbaik dengan mengerutkan mata.

senyum

Foto : rossinagil.wordpress.com

Kenapa harus mengerutkan mata? Biar ada efek ramah tamah dan terkesan senyum kamu natural. Coba deh praktekin kalau selfie sambil senyum tapi melotot. Kayak gambar ini, hmm kelihatan bedanya kan…

7. Gunakan sekop sampah bersih untuk mengisi air dalam ember.

mengisi air dengan sekop dari washtafelmengisi air dengan sekop dari washtafel

Foto : www.konxlicio.us

Poin ini ada lanjutannya ‘gunakan sekopsampah bersih untuk mengisi air dalam ember, soalnya wastafel kamu nggak akan cukup kalau embernya kamu naikkan ke atas’. Gitu.
Caranya gampang abis, ambil sekop, arahkan gagangnya di depan kran air. Biarkan air mengalir hingga jatuh ke ember di bawah wastafelmu. Pokoknya kayak digambar deh. Selain memudahkan juga lebih efisien.

8. Membuat spiker dari gulungan tisu toilet.

membuat speaker dari tisu

Foto : YouTube

Penasaran kan? Kamu cuma perlu gulungan tisu toilet yang udah kamu lubangi tengahnya. Lubang itu nanti berfungsi untuk menopang HP kamu. Nah…kalau udah, tinggal masukkan HP ke dalam lubang, pastikan spiker bawaan dari HP berada di posisi bawah dan pas ke lubangnya. Setelah itu biar nggak guling-guling, ganjal dengan tusukan pin up di bagian bawah gulungan tisu. Fungsinya jadi kayak kaki yang menopang beban si HP.

9. Gunakan kutek untuk mewarnai bermacam-macam kunci.

mewarnai kunci

Mungkin tips ini cocok untuk penjaga kunci di lawang sewu. Nggak lucu kalau kuncinya yang banyak itu sampai ketuker-tuker di waktu yang nggak tepat. Mending solusinya, per kunci diwarnai dengan warna yang berbeda-beda menggunakan kutek. Ada warna hijau, kuning, merah, kalau kuncinya beneran 1000 ya pake warna campuran jadi tosca, red velvet, maroon, oreo, green tea. Itu variasi rasa atau warna…

10. Paper clip nggak cuma buat jepit laporan skripsimu tapi bisa juga merapikan kabel

paper clip untuk kabel

Foto : www.popeti.com

Kalau kamu lihat gambarnya, udah kerasa kan ya manfaatnya? Nggak cuma buat jepit lembaran skripsian tapi juga buat mengkoordinasikan kabel-kabel yang sering kececeran di lantai.

***

Nah, itu dia beberapa hal simpel yang dapat memberi kemudahan dan manfaat dalam kehidupanmu.

Selamat mencoba.