Hal-hal yang bisa kamu lakukan sambil menunggu lampu merah

lampu merah

Buruan ngebuttt keburu merah. Yah, yah, merah beneran deh lampunya. Terpaksa haru nunggu 65 detik. 

Wovger pasti sering banget kayak gini. Datang dari jarak jauh, lihat lampu hijau, buru-buru ngebut sebelum lampu berubah warna. Udah tancap gas sepol-polnya, tetep aja nggak kebagian lampu hijau. Dan terpaksa harus nunggu.

Menunggu memang nggak pernah menyenangkan. Apalagi yang namanya menunggu lampu merah. Seolah nggak ada habisnya karena kejadian ini terus berulang sepanjang hari, sepanjang tahun. Di samping itu, selain nggak enak, waktu kita jadi terbuang begitu saja.

Di artikel Hal-hal yang tanpa disadari menyebabkan waktu terbuang sia-sia. udah dibahas dampak merugikan lampu merah. Tanpa kamu tahu, waktu kamu tergerogoti sedikit demi sedikit cuma untuk menunggu. Kabar baiknya, Wovgo punya solusi biar kamu nggak bete dan bisa tetap produktif meski sedang menunggu traffic light berubah menjadi hijau.

 1. Sarapan. Yup, sarapan. Makan siang atau makan malam juga bisa sih.

makan di dalam mobil

Kalau kamu termasuk orang-orang sibuk yang nggak ada waktu buat sarapan, waktu di sela-sela lampu merah bisa kamu manfaatkan untuk makan pagi. Terutama buat kamu yang naik mobil. Siapkan bekal dari rumah, cicil makan selama di lampu merah.

Kamu yang naik motor juga bisa nyicil sarapan. Caranya, bawa satu bungkus roti yang tinggal dimakan. Ketika lampu merah, keluarkan roti dari tas dan makan sedikit demi sedikit.

*Ingat, hal ini hanya boleh dilakukan ketika kendaraan benar-benar dalam keadaan berhenti.

 2. Berdoa kepada Tuhan agar diberikan keselamatan di jalan.

berdoa

Berdoa tidak mengenal waktu dan tempat. Ia bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Sebaiknya sembari menunggu lampu menjadi hijau, gunakan kesempatan ini untuk berdoa. Khususnya berdoa memohon kesalamatan selama di jalan.

 3. Mempelajari manusia lewat pengamatan sejenak.

keramaian di perempatan

Foto : muhammadjanu.blogspot.com

Mempelajari manusia maksudnya, ya, mempelajari manusia. Manusia punya sikap yang berbeda-beda ketika antri. Ada yang sambil ngupil, marah-marah, ngomong sendiri, pokoknya unik deh. Dengan mengamati pengantri lainnya, kamu akan menemukan hal-hal unik yang belum pernah kamu lihat.

 4. Kontemplasi sejenak, renungi apa saja yang sudah kamu lakukan hari itu.

merenung

Foto : www.deviantart.com

Apa sih kontemplasi itu? Secara ringkas, kontemplasi berarti merenungi. Renungi hal-hal yang sudah kamu lakukan beberapa saat yang lalu. Sudahkah kamu melakukan hal-hal yang bermanfaat hari ini? Sudah berapa orangkah yang kamu buat bahagia hari ini?

 5. Ngeluh udara panas dan macet? Mending perbanyak bersyukur.

bersyukur

Sebagai manusia yang baik dan berakal, sudah barang tentu kita wajib mensyukuri kehidupan. Anjuran bersyukur sebaiknya dilakukan setiap saat. Tujuannya agar kita tidak banyak mengeluh. Daripada mengeluhkan udara panas, debu, asap knalpot yang bercampur jadi satu, lebih baik perbanyak bersyukur.

Bersyukur kamu masih bisa menunggu dan diberikan kesempatan merasakan panjangnya antrian. Belum tentu lho esok hari kamu mendapat kesempatan yang sama.

 6. Ajak ngobrol teman seperjalanan supaya aktivitas menunggumu menjadi tidak terasa.

Teman satu mobil

Ngobrol di perjalanan membuat kita tidak konsentrasi. Selain itu, volume suara kita berebutan dengan suara volume angin yang menderu-deru. Nah, sebaiknya mengobrollah ketika kendaraan berhenti yaitu ketika di lampu merah. Kamu bisa mengenal teman seperjalananmu menjadi lebih dekat.

7. Menghafalkan kosakata yang berhubungan sama bidang yang kamu geluti sekarang.

hmm

Daripada bengong nggak jelas, lebih baik kamu manfaatkan waktu yang sebentar ini untuk menghafalkan kosakata. Menghafalkan kosakata nggak cuma buat kamu yang sedang belajar bahasa. Hafalkan kosakata yang berhubungan dengan bidang yang kamu pelajari saat ini.

Misalnya, kalau kamu kerja di bidang marketing, hafalkan kosakata atau teori marketing. Kalau kamu mahasiswa yang kuliah di jurusan biologi, hafalkan kosakata yang berhubungan dengan biologi. Sambil menunggu, sambil belajar. Baiknya siapkan terlebih dahulu daftar kosakata dari rumah.

***

Itulah hal-hal yang bisa kamu lakukan sembari menunggu lampu merah. Nggak ada alasan buat nggak produktif. Gunakan waktu yang diberikan pada kita sebaik mungkin. Ingat, waktu kita di dunia tidak banyak. Jangan sampai ia terbuang begitu saja untuk hal yang sia-sia. Alangkah baiknya kalau kamu sambil membuat to do list harian.