Setelah baca ini sampai akhir, dan kamu ngerasa bener banget, berarti kamu udah kelamaan jomblo!

jomblo

Jomblo menahun, jomblo abis, high quality jomblo, jomblo berkelas…helehh… meskipun sebutannya dibikin keren tetep aja J.O.M.B.L.O.

Hidup sendirian, nggak ada acara gandengan tangan, hahahihi bareng pacar. Nggak sepenuhnya salah sih, hidup sendirikan bukan berarti nggak ada aktivitas lain. Justru kamu bisa lebih produktif dan memanfaatkan kesendirian untuk hidup bebas meraih mimpi.

Tapi nggak sedikit juga, meskipun kamu punya planning ini itu dan udah berhasil menggapai cita-cita, masih aja mempertanyakan kapan jodoh segera datang. Nah kalau kamu salah satunya, itu tandanya kamu udah kelamaan jomblo dan pastinya sering merasakan tanda-tanda kayak gini nih…

Udah lupa rasanya mesra-mesraan, kamu cuma bisa geleng kepala kalau ngelihat orang lain bergandengan tangan.

foto: dodif.wordpress.com

foto: dodif.wordpress.com

Demi mengisi waktu luang, kamu akhirnya memutuskan untuk jalan-jalan sekedar beli gorengan. Di gerobak gorengan, kamu melihat sepasang muda dan mudi saling bersuka cita foto selfie bareng dan bergandengan tangan.

Kamu cuma bisa perang batin:

“Nih berdua ngapain sih nggak ada kerjaan apa? Sempet banget selfie sama gorengan?

Kan, jadi pengen…”

BACA JUGA: Jomblo-jomblo kesepian, cobalah berwisata ke kota sejuta bunga: Magelang. Siapa tahu dapet bunga

Terlalu lama sendiri membuatmu lupa rasanya mencintai dan dicintai yang ada malah nyinyir dan ngerasa malu sendiri.

*kemudian muter lagunya Kunto Aji – Terlalu Lama Sendiri*

Mungkin menurut orang lain itu adalah hal yang wajar, apalagi kalau ngelihat si cowok nganter si cewek di depan rumah terus si cewek sok-sokan salim gitu. Astaga, buat kamu itu cuma polusi mata dan menyangka itu anak salim sama bapaknya yang mau ditinggal kerja.

Aneh melihat temen yang dilarang-dilarang sama pacarnya, soalnya kamu terbiasa hidup bebas.

foto: beehy.pe

foto: beehy.pe

“Jadi ketemuan nggak? Lama nggak ketemu nih…”

“Duh…sorry nih, pacar aku nggak suka kalau kita mainnya jauh-jauh. Mending di mall deket sini aja deh. Bukan di mall-nya loh ya. Deketnya!”

“Main apaan?”

“Gundu!”

*Hell*

Kok kamu mau banget diatur-atur gitu, emang cowok kamu siapa? Bokap aja bukan udah berani ngelarang-ngelarang.

BACA JUGA: LDR bukan lagi penghambat kualitas hubungan, jika hal-hal ini sudah melekat pada diri kamu dan pasangan

Sabar deh, kamu tuh gagal paham terlalu lama jomblo sih. Seseorang yang lama sendiri dapat berimbas pada pola pikir yang berbeda. Hidup kamu aja ikut aturan sendiri ngerasa free banget, jadi sekalinya kamu melihat temen yang diprotektif cowoknya seakan jadi masalah. Padahal sejatinya mereka yang saling jatuh cinta emang cenderung mengikuti kemauan orang yang disayang. Ada perilaku SALING yang membuat cinta berjalan seimbang. SALING mengingatkan, SALING sayang, SALING melindungi dan SALING yang lainnya. Kamu yang jomblo nggak mungkin ngerasain yang namanya SALING. Tapi PALING:

“PALING NGENES!”

HA… HA… HA…

Ditinggal mantan menikah? Jelas udah pernah, bahkan sekarang cuma bisa bilang bodo amat!

foto: mirror.co.uk

foto: mirror.co.uk

Saking lamanya sendiri, kamu udah master banget sama urusan mantan. Mantan yang udah ninggalin nikah sekalipun. Rasanya udah biasa aja, kamu udah melewati ujian galau level taman kanan-kanak sampai pada akhirnya jadi master. Bahkan kamu sekarang lebih tenang di duniamu sendiri. Tapi tentunya bekas di hati masih ada, kadang tersulut dendam-dendam kecil yang membuatmu sering berkomentar. Ah… bodo amat.

Kalimat Ah..bodo amat mungkin sering terucap yang menandakan kamu cuek dan baik-baik aja, tapi siapa sangka dalam hatimu selalu ada rasa muak jika mengingat mantan. Semacam kapok, tapi kapok-kapok makan sambel. Kapok nggak mau inget lagi, tapi berusaha untuk inget terus.

Malam minggu udah kayak malam Senin, Selasa, Rabu. Nggak ada bedanya!

foto: dribbble.com

foto: dribbble.com

Keluar sore-sore yang kamu lihat adalah kemacetan yang dua kali lipat dari biasanya. Kamu cuma bisa bertanya-tanya.

*Terus ngeliat kalender di HP*

“Ohh..malem minggu. Cukup tau deh.”

*Balik pulang*

BACA JUGA: Kalau ada cewek yang bertingkah begini padamu, berarti dia suka kamu!

Bagi jomblo, malem minggu sama dengan malam-malam lainnya. Bedanya, lalu lintas lebih padat dari biasanya. Aktivitas wajibmu adalah sewa film series, kemudian nonton maraton sendirian di kamar. Rasanya nikmat nggak ada duanya.

Jomblo abis itu terkenal ngirit banget, soalnya lalu lintas handphone sepi. Jadi duit pulsa jarang kepake.

foto: bloowatches.wordpress.com

foto: bloowatches.wordpress.com

“Hallo, dek uangnya masih ada? Mama kirim besok ya..mama tau anak muda jaman sekarang sering banget ngabisin uang demi pulsa internet. Chatingan sana sini…”

“Mama baik banget, nggak usah mah masih ada…”

“Kamu jomblo dek?”

*Tut..tut..tutt….*

Kamu anaknya terkenal irit bukan karena pinter memanage uang dengan baik, tapi karena kamu jomblo. Jarang telpon-telponan sama orang yang disayang. Padahal jelas-jelas realita mengatakan bahwa kebutuhan pulsa anak jaman sekarang tuh emang lebih tinggi dibanding uang makan sehari-hari, apalagi yang udah punya pasangan. Kuping panas, pulsa juga membengkak. Tapi karena kamu jomblo jadi kamu nggak bakal ngerasin hal itu soalnya lalu lintas HP kamu hening.

Sekalinya deket sama orang, bingung mengawalinya kayak apa.

foto: oyibanget.com

foto: oyibanget.com

“Si anu suka kamu tuh, deketin deh.”

“Males ah!”

“Aku jodohin sama adik aku ya? Dia ngefans berat sama kamu…”

“Males ah!”

“Kalau sama Ibuku, mau? Baru aja jadi janda loh…”

“MAU! MAU! MAU!”

*digampar*

BACA JUGA: Jangan jadi jomblo biasa! Jadilah high quality jomblo dengan tips berikut ini!

Begitulah… jomblo emang sering dapet banyak tawaran. Tapi seringkali para jomblo malah lempeng-lempeng aja kayak nggak punya jiwa. Bukan karena grogi, tapi males dan cenderung bingung mau ngawalinnya kayak apa. Ngerasa aneh kalau ngajak jalan, ada yang ganjel di hati kalau denger kata jadian. Bikin geli sekaligus kesemsem juga. Sudah lama nggak pacaran sih, sekarang bingung gimana harus memulai. Mau ngegombal aja ngapalin dulu. Tapi tetep, gombalan wajib ya gombalan “Bapak kamu…” dong!

Dulu orang tua ngelarang pacaran, sekalinya kebablasan jadi jomblo menahun, ditanyain: kapan punya pacar?

foto: huffingtonpost.com

foto: huffingtonpost.com

Orang tua kadang suka plin-plan. Giliran lagi seneng-senengnya pacaran eh dilarang. Lah sekarang udah jomblo bertahun-tahun nih jadinya kebablasan. Jatuhnya waktu disindir soal pacar, kamunya terheran-heran. Kayak ada yang kongslet gitu diotak kamu,

“Dulu katanya suruh belajar yang bener, giliran sekarang udah gede dan nggak punya pacar ditanyain: kapan pacar dateng ke rumah?”

Lah dulu siapa yang nggak ngebolehin pacaraaan?

Meski jomblo menahun, ada saatnya untuk bertanya pada Tuhan: “Kapan kami dipertemukan?”

foto: quotesgram.com

foto: quotesgram.com

Bukan berarti sendirian itu merasa nyaman terus. Ada kalanya kamu juga akan berpikir dan bertanya pada Tuhan kapan jodoh akan dipertemukan. Layaknya orang lain, kamu juga diam-diam penasaran sama sosok pendamping hidupmu. Ada sisi kamu nggak sabar untuk ketemu, tapi juga bingung harus memulai dari mana.

Yang bisa kamu lakukan cuma bersabar dan percaya bahwa nggak ada istilah ‘terlalu lama’. Tapi yang ada adalah ‘waktu yang tepat’. 🙂