Kamu udah resign? Bingung mau ngapain? Lakuin ini aja!

Dear Boss, I quit: unhappy employee message

Keluar dari pekerjaan adalah hal yang biasa bagi kehidupan seseorang. Di dunia yang berubah serba cepat ini, amat jarang ditemui orang yang konsisten pada satu pekerjaan seumur hidupnya. Apalagi anak-anak muda seumuran kita.

Kalau kamu merencanakan resign atau sudah resign dan nggak tahu harus ngapain, kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini.

1. Bangun siang.

cara agar bisa tidur dengan mudah

foto: tinashealthyliving.com

Mencari pekerjaan baru? Jangan terlalu jauh dulu guys. Selow bentar lah. Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah resign adalah bangun siang. Iya, BANGUN SIANG! Terlalu sering bangun pagi bisa menyebabkan kejenuhan bagi kita. Untuk itu, sesekali perlu dilakukan gebrakan agar berbeda dari hari-hari biasa.

Eits, tapi ingat Wovger, bangun siangnya nggak perlu sampai dijadikan kebiasaan. Cukup dilakukan sekali sebagai pelega. Setelah itu tentu harus kembali ke kebiasaan semula. Bangun pagi sebisa mungkin. Lagipula bangun pagi manfaatnya lebih banyak daripada bangun siang.

2. Traveling ke tempat-tempat jauh dalam waktu yang lama.

Gunung Prau

Foto : blog.jalan2terus.com

Kesibukan kerja merupakan penghambat terbesar bagi kita kalau mau traveling. Mau traveling 5 hari aja harus nunggu giliran cuti. Itupun prosedurnya ribet banget. Harus izin kepala divisilah, kepala bagian lah, banyak banget.

Nah, mumpung kamu sudah resign, nggak ada salahnya untuk traveling ke luar negeri atau keliling Indonesia dalam jangka waktu lama. Jangan tanggung-tanggung. Sebulan sekalian! Banyak nilai positif yang kamu dapat sekembalinya kamu ke kampung halaman.

3. Asah hobimu agar semakin mendalam.

cara bermain biola

foto: id.aliexpress.com

Setelah resign, waktu yang kamu punya jadi lebih banyak. Kamu bisa mengembangkan hobimu menjadi lebih dalam. Siapa tau kelak hobi ini yang akan mengantarkanmu ke pekerjaan selanjutnya.

Nggak banyak lho orang yang seberuntung kamu, punya waktu untuk mengasah hobi. Selagi belum ada pekerjaan baru, asah hobimu sedalam mungkin!

4. Gabung dengan komunitas-komunitas yang kamu sukai.

komunitas menanam pohon

foto: sepeda.sportku.com

Resign dari pekerjaan bukan berarti tanpa kegiatan. Agar tidak bosan, bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang kamu sukai. Misalnya, komunitas yang dapat menunjang perkembangan hobi dan passion kamu. Siapa tau banyak tawaran yang datang melalui komunitas-komunitas yang baru kamu ikuti tersebut.

5. Rintis bisnismu sendiri.

bekerja dengan passion

foto: johnbenloy.com

Alasan klasik orang-orang memutuskan resign adalah untuk mendirikan bisnis sendiri. Banyak juga yang sudah melakukannya. Ada yang sukses, ada yang berhenti di tengah jalan hingga akhirnya memutuskan untuk mencari pekerjaan lagi.

Nggak ada salahnya buat Wovger untuk mencoba semua kemungkinan yang ada termasuk merintis bisnis sendiri. Jika nanti balik mencari kerja, toh setidaknya sudah pernah mencoba. Setidaknya lagi, Wovger sudah tahu apa yang harus dilakukan setelah resign.

6. Cari pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu.

cara meningkatkan fokus

foto: blog.atmosphereci.com

Setelah resign, hal yang identik dilakukan adalah mencari pekerjaan lagi. Harapannya sih pekerjaan baru lebih baik daripada pekerjaan lama. Tapi tidak jarang banyak yang menjadi lebih buruk.

Agar tidak salah langkah dan berujung lagi-lagi resign, cermati dulu pekerjaan yang kamu lamar. Cermati budaya kerjanya, gajinya, keberlangsungannya, dan sebagainya. Dengan demikian, kamu bisa menjadi lebih selektif sehingga kemungkinan untuk resign lagi cukup kecil.

7. Pastikan kebutuhan finansial tetap tercukupi.

uang

Foto : www.lintasgayo.com

Jangan sampai kebebasan resign bikin kamu terlena. Kamu harus tetap memperhatikan kondisi keuangan. Mau melakukan aktivitas apapun boleh saja asal kantong tetap tebal. Nggak tebal juga sih, setidaknya cukup lah.

Wovger bisa memenuhi kebutuhan finansial dengan bekerja sementara jika belum ingin mencari pekerjaan baru. Sebagai freelancer misalnya.

8. Bangun relasi yang berkualitas sebanyak-banyaknya.

relasi

Foto : mebiso.com

Siapa bilang setelah resign nggak bisa membangun relasi? Seperti yang sudah Wovgo bilang, kamu tetap bisa membangun relasi tanpa harus mencari kerja. Caranya cukup bergabung dengan organisasi atau komunitas tertentu. Pastikan relasi yang kamu bangun terdiri dari orang-orang yang berkualitas yang memiliki kesamaan visi denganmu.

***

Gimana Wovger, udah nggak bingung lagi kan mau ngapain? Kalau masih bingung, itu tandanya niatmu yang belum mantab. Baiknya, kamu mantabkan dulu niat di diri sendiri dan cari tahu apa yang mau kamu lakukan.