Kalau berwisata ke Madura, jangan lupa mengunjungi tempat-tempat ini

Kepulauan Kangean Madura

Kata siapa Madura cuma terkenal dengan satenya. Madura juga punya beragam tempat wisata yang unik lho. Madura yang merupakan sebuah pulau di wilayah Jawa Timur ini ternyata memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sangat wajib dikunjungi.

Nah, disini Wovgo akan merangkum beberapa destinasi menarik untuk Wovger berwisata.

1. Pantai Siring Kemuning, pesona pantai yang tersembunyi.

Pantai Siring Kemuning

Foto : catatanhisoka.com

Pantai Siring Kemuning lokasinya berada di Desa Mecajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan.

Pantai ini masih begitu alami. Pantai dibilang masih tersembunyi dari pandangan para wisatawan. Padahal suasananya sangat menyenangkan sebagai destinasi wisata. Suasana di tepi Pantai Siring Kemuning yang cukup asri dan sejuk dengan pohon-pohon yang cukup rindang disekitar pantai, dan pasir putihnya membuat pantai ini sangat layak untuk Wovger kunjungi.

2. Pantai Rongkang Kwanyar, begitu eksotis dengan bebatuan karang.

Pantai Rongkang Kwanyar

Foto : www.telusurindonesia.com

Lokasi pantai ini berada di Desa Kwanyar, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Madura. Pantai ini sangat eksotis dengan hiasan bebatuan dan pepohonan disekitarnya. Wovger bisa menghabiskan waktu disini dengan menikmati panorama pantai yang sangat indah.

Di pantai ini, Wovger bisa melihat jembatan Suramadu dan ketika saat senja dan malam hari, Wovger akan melihat kilauan sinar dari lampu kapal-kapal yang berlayar di selat madura ini menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan.

3. Sentra Batik Madura, tempat pembuatan apiknya batik pesisiran.

Sentra Batik Madura

Foto : disperindag.pamekasankab.go.id

Selain pantai, Bangkalan juga memiliki tempat wisata unik yang bisa Wovger kunjungi. Di Sentra Batik Madura ini Wovger bisa berbelanja batik Madura dan melihat proses pembuatannya. Lokasi sentra batik ini tepatnya berada di Tanjung Bumi, Bangkalan, Madura. Disini Wovger akan mendapati Batik Bangkalan yang termasuk dalam batik pesisiran dengan coraknya beragam dan berwarna cerah.

4. Pantai Nepa yang sangat menarik dipadukan dengan Hutan Nepa dengan sekumpulan keranya.

Pantai Nepa Madura

Foto : Lulus Andika

Pantai dan Hutan Nepa berada di Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura. Disini Wovger bisa menikmati eksotisme pantai berpasir putih dengan ombak yang sangat bersahabat untuk berenang. Selain menikmati Pantai Nepa disini Wovger juga bisa menikmati kawasan hutan Nepa yang dihuni oleh sekumpulan kera-kera yang siap menyambut kedatangan kalian.

5. Air Terjun Toroan, air terjun yang langsung jatuh kelaut.

air terjun toroan

Foto : arizegoh.wordpress.com

Air Terjun Toroan berada di Desa Ketapang Daya, Kec. Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Air terjun ini sangat unik. Jika biasanya air terjun ada dipegunungan, saat mengunjunginya, Wovger akan menemukan air terjun yang langsung jatuh kelaut. Sungguh Epik.

6. Pantai Lombang yang begitu indah dengan hiasan cemara udang ditepian pantainya.

Pantai Lombang Madura

Foto : archive.kaskus.co.id

Pantai Lombang berada di Desa Lombang Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Madura. Saat mengunjungi Pantai Lombang ini, Wovger akan disapa keindahan pantai berpasir putih dengan pantainya yang cukup luas untuk menjadi tempat bermain pasir. Wovger juga akan menemukan pohon cemara udang disepanjang pantai, dimana pohon ini jarang ada di daerah lain Indonesia. Jika mengunjunginya saat pagi hari, Wovger bisa mendapati pemandangan sunrise yang begitu sempurna.

7. Kepulauan Kangean gugusan pulau di Madura yang sangat mempesona.

Kepulauan Kangean Madura

Foto : youngmanoldbrain.wordpress.com

Kepulauan Kangean adalah gugusan pulau yang berada di Pulau Madura, Jawa Timur dan masih termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Sumenep. Untuk menuju Kangean anda harus menggunakan kapal dari pelabuhan Kalianget Madura ke Pelabuhan Kangean. Ada puluhan pulau yang berada di Kangean untuk dikunjungi antara lain Pulau Kangean, Pulau Sapeken, Pulau Saebus dan masih banyak lagi Pulau yang indah lainnya di Kepulauan Kangean ini.

8. Mercusuar Sembilangan, Eksotisme bangunan peninggalan jaman Belanda.

Mercusuar Sembilangan

Foto : www.flickr.com

Mercusuar Sembilangan terletak di sebuah desa bernama Sembilangan di Kecamatan Socah. Mercusuar ini berdiri th 1879 dan dibangun pada pemerintahan Belanda Z.M William III. Mercusuar ini terletak tidak jauh dari pusat Kota Bangkalan.

Disini Wovger bisa menaiki mercusuar ini dan menikmati eksotisme pemandangan Pulau Madura dari ketinggian.

9. Pantai Slopeng, dengan hamparan pasir putih yang lembut – selembut belaian mantan.

Pantai Slopeng

Foto : yukpiknik

Kembali lagi ke Pantai. Namanya, Pantai Slopeng. Terletak di Kecamatan Dasuk, Sumenep. Sekitar 21 Km dari Kota Sumenep. Di Pantai Slopeng, Wovger akan di sambut dengan hamparan pasir putih yang lembut banget. Selembut belaian mantan… Panjang bibir pantainya 6 km, berbukit-bukit tapi landai. Buat kamu yang doyan nyebur ke pantai, nggak usah ragu, ombak di pantai ini cukup tenang.

***

Nah inilah beberapa destinasi wisata yang bisa Wovger kunjungi saat ada di Madura. Sebenarnya masih ada banyak lagi, jika Wovger ingin menambahkan bisa ditulis dikomentar.