Yang dialami pengendara motor ketika harus menempuh perjalanan 12 Jam atau lebih

KOMBO indonesia Sumber Foto : sixmoment.com

Wovger pernah gak sih mengendarai motor lebih dari 12 jam. Yah misalnya saja dari Jakarta-Jogja gitu. Kalo pake motor gede kaya Harley atau motor-motor sport yang udah settingan touring sih gak masalah yah, gak begitu capek. Tapi pernah gak Wovger bayangin harus naik motor selama 12 jam terus pake motor yang biasa ajah gitu. Iyah motor biasa ajah, kaya motor bebek misalnya, coba dech bayangin dulu gimana rasanya.

*Bayangiiinnn*

Coba dech bayangin para pemudik yang bawa motor buat balik kekampungnya. Mereka bisa menempuh perjalanan lebih dari 12 jam lho. Mereka-mereka ini menemui banyak hal yang terjadi secara unpredictable dijalanan.

Nah disini Wovgo mau sharing tentang hal-hal yang dialami dan dirasakan para pengendara motor saat menempuh perjalanan panjang. Siapa tau Wovger lagi ada rencana mau menempuh perjalanan jauh pake motor, Wovger bisa mempelajari hal-hal dibawah ini buat persiapan.

BACA JUGA : Cuma pengendara motor yang paham dan ngerasain hal-hal begini saat musim hujan

1. Pantat seketika tepos.

duduk di motor

Foto : www.mpm-motor.co.id

Gimana engga tepos kalo harus duduk di jok motor ber jam-jam. Para pengendara motor yang menempuh perjalanan panjang (terasa sangat menyedihkan, saying engkau tak duduk, di sampingku kawan ~ Ebit G. Ade) pasti mengalami hal ini. Berasa udah gak punya pantat ajah gitu.

Sepanjang perjalanan pasti mereka selalu berusaha memperbaiki posisi tempat duduk. Geser kanan lah, kiri lah, nanti berdiri sebentar, tapi yakinlah mereka gak bakal kayang atau push up sambal berkendara. Yah gimana lagi, menempuh perjalanan jauh emang bikin pantat pegel banget.

2. Harus bertarung dengan truck dan kendaraan besar lainnya.

motor macet dengan bus

Foto : fahmylemonz86.wordpress.com

Iya namanya dijalan pastinya harus berbagi jalan sama kendaraan lain donk. Dijalan para pengendara motor ini bakalan ketemu banyak jenis kendaraan, dan yang paling bikin jengkel adalah kalo udah ketemu bus atau truck. Apalagi kalo posisinya ada dibelakang bus atau truck ini dan susah banged nyalip. Udah panas, kena kepulan asep pula. Miris banget lah.

Buat pengendara motor jenis matic atau motor bebek juga harus lebih hati-hati. Karena pas disalip sama kendaraan besar ini, biasanya mereka bakalan terasa kaya mau terbang, Kapal oleng captain !!! Kalo gak hati-hati bisa terbang beneran nih, kalo dibawa terbang ke khayangan sih gapapa lha ini nanti abis terbang terus jatuh sampe kayang. Kan gak ngenakin.

BACA JUGA : Demi kesehatan dan keselamatan, nggak ada salahnya kamu membaca tips ini biar aman naik motor sekalipun malam hari

3. Naik motor sambil nahan kantuk.

tidur di motor

Foto : orongorong.com

Namanya juga perjalanan jauh, kondisi badan bakalan capek dan kantuk bakalan melanda. Nah para pengendara motor ini pasti mengalami namanya naik motor sambil merem-merem, entah 2 atau 3 detik.

Pas lampu merah kadang ada juga yang ampe ketiduran, sampe-sampe diklakson belakangnya karena gak nyadar kalo udah lampu ijo. Extream banged lah. Berasa jadi magician yang bisa naik motor sambil tutup mata. Bisa nutup mata selama 5 detik dan gak nabrak itu bakal jadi achivement tersendiri buat orang-orang ini.

BACA JUGA : Hal-hal yang bisa kamu lakukan sambil menunggu lampu merah

Tapi beneran dech jangan sampe kaya gini, mendingan kalo ngantuk langsung berhenti dan tidur. Kamu bisa manfaatin rest area atau pom bensin.

Ingat, jangan paksaain diri buat berkendara kalua mata nggak bisa di ajak kerjasama. Keselamatanmu yang utama, keluarga menunggu di rumah!!

4. Tidur sembarangan.

tidur di pon bensin

Foto : tamafear.blogspot.com

Nah karena namanya juga dijalan, kalo udah capek atau ngantuk para pengendara ini bakalan berhenti dan yaudah tidur ajah disembarangan tempat. Ada yang di pinggir sawah tepat dibawah pohon. Pom bensin, atau mushola udah kaya hotel mewah banget lah pokoknya.

Udah gak mikirin bersih atau engga alasnya, langsung glesotan ajahlah pokoknya.

Tapi saran dari Wovgo tetap harus jaga keamanan yah. Jaga barang-barang sama jaga kendaraan. Jangan sampe pas tidur malah kemalingan. Kan gak lucu. Kalau pas tidur, tiba-tiba bangun dan sampingnya ada rider cewek, nah itu baru seru.

5. Keluar masuk lobang jalanan.

lubang di jalan

Foto : arunsagala.blogspot.com

Tau sendiri lah jalanan Indonesia. Jalan provinsi juga masih gak rata. Ada ajah lobangnya. Dari yang lobangnya kecil sampe ada yang saking gedenya ini lobang bisa dibikin jadi kolam lele.

Namanya harus berbagi jalan sama kendaraan lain, pasti ada aja masa-masa dimana harus masuk kelobang-lobang ini. Dan saat itulah kata-kata makian semuanya keluar. Semua nama hewan bakal disebutin, dari yang berkaki empat sampe yang gak punya kaki. Yah gimana lagi, kalo udah nyempung dilobang pasti kaget dan khilaf gitu.

BACA JUGA : Macet itu ngeselin ya? Tapi dari sekian penyebab macet ini, kamu setuju sama yang nomer 5 nggak?

6. Ditipu GPS.

GPS nyasar

Foto : playtoko.com

Namanya dijalan, pasti ada ajah yang gak disangka-sangka. Mulai dari jembatan rusak jadinya harus muter lewat rute lain atau gak tau jalannya. Ini nih yang paling parah, udah nekat naik motor perjalanan jauh dan gak tau jalannya.

Kadang mereka-mereka yang gak tau jalan ini bakalan ngandelin GPS atau plang jalan. Tapi namanya juga dijalan, semua bisa terjadi. Kadang ngikutin plang malah muter-muter doank, atau ngikutin GPS malah dibawa masuk kekampung-kampung.

Makanya kalo mau perjalanan jauh, pastiin dulu udah tau jalan. Misal gak tau jalan banyak-banyak nanya sama banyak-banyak doa ajah biar gak nyasar.

Malu bertanya, sesat di jalan. Banyak nanya, malu-maluin.

***

Ini dia beberapa hal yang dialami para pengendara sepeda motor waktu menempuh perjalanan jauh. Saya sebagai penulis pernah naik motor dari Jogja ke Malang selama 9 jam, itu ajah udah capeknya setengah mati, apalagi kalo 12 jam, pasti capeknya ¾ mati tuh. Asal jangan mati beneran.

Nah, buat Wovger yang ingin menempuh perjalanan panjang dengan motor, yang penting adalah hati-hati dijalan. Patuhi peraturan lalulintas yang ada dan tetap mematuhi amanat orang tua.

Jika ada pengalaman lain yang pernah Wovger alami selama menempuh perjalanan jauh menggunakan motor bisa langsung melipir ke kolom komentar yah.

Salam gasss poll !!!