7 Resep sarapan sehat yang bisa kamu coba sebelum beraktifitas

Apple and Peanut Butter Sumber Foto : LifeHack / Comfort Cooking

Hai Wovger, Wovgo datang dengan seabrek resep makanan agar kamu nggak bosen sama makanan yang itu-itu aja.

Sebelum memulai aktivitas biasanya kamu memilih untuk sarapan dengan karbohidrat tinggi tapi kali ini beda loh.

Untuk menuju ke makanan utama paling pas kalau kamu mencicipi kudapan ringan ini tanpa membuat perutmu kaget.

Makanan yang nggak berat tapi juga nggak ringan-ringan banget, cocok nggak hanya buat sarapan tapi juga dimakan sebelum kamu memulai olahraga.

Nah, apa aja? Ini dia …

1. Apel + Selai kacang = Kudapan nikmat di pagi hari.

Apple and Peanut Butter

Gabungan potongan apel dan selai kacang mungkin membuatmu bertanya-tanya gimana rasanya.

Tapi itu cukup membuatmu memiliki resep baru yang cara bikinnyapun gampang dan nggak memakan waktu lama.

Cocok banget buat yang buru-buru berangkat untuk beraktivitas.

Bahannya :

  • Potongan Apel segar
  • Selai kacang
  • ¼ cup granola. Granola ini sejenis makanan ringan terdiri dari kacang-kacangan seperti gandum dan kacang almond kemudian dipanggang hingga renyah.
  • ¼ sendok teh kayu manis bubuk untuk dekorasinya.
  • ¼ coklat chips yang sudah dilelehkan terlebih dahulu.

Cara bikinnya simpel banget, lumuri potongan apel dengan selai kacang secukupnya. Cara melumurinya sama seperti dioles ke roti tawar biasa. Kemudian, taburi granola di atasnya hingga merata. Bubuhi dengan kayu manis bubuk dan jangan lupa beri topping coklat chips yang udah kamu lelehkan sebelumnya. Hmmm..sipirili manis asam renyah siap meledakkan mulutmu pagi hari.

2. Pisang + Biji Chia = Minuman mahadahsyat pembangkit semangat.

Banana

Nggak semua orang suka pisang, padahal buah kuning panjang ini mengandung banyak gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Pottasium yang ada dalam pisang dapat mengurangi kram dan kandungan karbohidrat yang dimiliki bisa membantumu untuk tetap full berenergi.

Mungkin kamu harus coba deh mencampurnya dengan biji Chia, sejenis wijen hitam yang cocok jika dibuat smoothie biji Chia.

Bahannya :

  • 1 buah pisang
  • ¼ cup almond atau susu
  • 2 sendok teh biji Chia
  • Ekstrak vanilla atau vanili, kamu bisa cari di toko bahan kue
  • Madu sebagai pemanis alami

Cara bikinnya nggak usah terlalu banyak ba..bi..bu. Hancurkan aja pisang dalam sebuah mangkuk hingga lembut, campurkan dengan susu atau almond yang udah di blender. Kalau kurang lembut kamu bisa blender pisang dengan almond atau susu secara bersamaan. Beri sentuhan biji Chia di atasnya. Oh ya jangan lupa untuk menambah aroma harum dengan ekstrak vanilla dan juga madu sebagai pemanis alami. Kudapan yang satu ini bikin kamu ketagihan.

3. Telur + Bayam = Telur Dadar Popeye.

Eggs

Siapa sih yang nggak suka telur? Apalagi telur dadar, paling nikmat kalau dimakan selagi hangat ketika sarapan.

Tapi kadang ngerasa bosen juga sama resep yang itu-itu aja. Coba kamu praktikkin resep ini deh.

Campuran antara telur dan bayam bikin hari-harimu makin kuat seperti Popeye!

Bahannya :

  • 1 sendok teh Olive oil
  • 3 telur yang udah dikocok
  • Garam dan lada hitam bubuk secukupnya
  • 5 lembar daun bayam
  • 2 lembar daun basil atau orang Indonesia menyebutnya kemangi

Cara bikinnya, tentunya nggak pake lama. Campur semua bahan yang udah Wovgo sebutin. Untuk bayam dan daun kemangi jangan lupa dipotong kecil-kecil ya biar pas digoreng nggak nongol-nongol di penggorengan. Kemudian goreng di wajan menggunakan olive oil. Jangan terlalu gosong nanti wangi daun kemanginya nggak berasa. Angkat dan sajikan dalam keadaan hangat.

4. Salad kacang dan buah kering.

Fruit and nuts

Kalau kamu sering makan buah segar yang kadang bikin belepotan ditangan, coba ganti menu cemilan di pagi hari dengan kumpulan buah kering dan kacang-kacangan.

Mereka mengandung vitamin dan protein yang kalau dikonsumsi secara bersamaan bikin moodmu naik sebelum berkegiatan di luar.

Bahannya :

  • Potongan coklat, entah itu dark coklat, white atau yang mengandung banyak susu
  • Superfruits atau kumpulan buah kecil dan buah kering seperti goji berries, blueberries, cranberries, kismis atau almond. Semua bisa di dapat di toko kue kok.
  • Popcorn
  • ¼ sendok teh kunyit bubuk
  • ¼ sendok teh kayu manis bubuk
  • Madu

Cara bikinnya, ya tinggal campur aja semuanya tanpa terkecuali. Kasih sentuhan terkahir dengan madu sebagai penambah gula alami. Yummy, renyah dan sehat pastinya mudah didapat bukan?

5. Beet + Ice = Beet Juice.

Beet Juice

Wovgo sedikit bingung, Bit ini termasuk golongan sayuran atau buah ya?

Bentuknya yang lucu berwarna ungu ini nyatanya kaya manfaat dan emang rada susah ditemui kalau nggak di supermarket induk.

Tapi jangan khawatir kamu masih bisa kok menemukannya dan sesekali mencoba menu baru dalam daftar jus yang ingin kamu minum.

Bahannya :

  • 2 buah bit.
  • 2 cup strawberry
  • 1 cup yogurt
  • 2 sendok teh madu
  • 1 buah pisang

Cara bikinnya agak sedikit panjang, tapi Wovgo udah siap nge-list buat kamu :

  • Panaskan oven sampai 190°C
  • Potong bagian ujung bit lalu belah menjadi dua. Letakkan di atas kertas aluminium foil. Kemudian siap dipanggang.
  • Panggang selama satu jam hingga benar-benar lembut ketika ditusuk dengan garpu.
  • Setelah matang, angkat dan biarkan dingin. Jika sudah dingin kupas kulitnya.
  • Simpan bit di lemari es kira-kira seminggu. Setelah satu minggu, bahan yang udah Wovgo sebutkan tadi masukkan dalam blender lalu haluskan.

Sajikan dalam gelas, tambahkan topping irisan pisang sebagai tambahan J

6. Protein powder smooties.

Protein powder

Bubuk protein dikenal sebagai suplemen diet atau suplemen olahraga fitnes. Bentuknya bubuk dan dapat memberikan energi lebih dalam beraktivitas.

Suplemen protein ini tidak mengandung lemak dan dapat menghindarkan dari rasa lapar karena efek kenyang lebih lama yang dihasilkannya.

Kamu juga bisa meminumnya dengan bahan campuran apa aja seperti resep berikut ini

Bahannya :

  • 120ml susu almond vanilla
  • 120ml air
  • ½ buah pisang
  • Bubuk kayu manis secukupnya
  • 1 skup protein powder rasa vanilla
  • Es batu secukupnya
  • Gula stevia secukupnya. Gula stevia adalah pemanis alami dari tanaman bernama stevia. Jika sulit mendapatkannya kamu bisa mengganti dengan gula tebu biasa atau madu.

Cara bikinnya, cukup diblender secara halus semua bahan tanpa tersisa. Masukkan ke gelas besar lalu nikmati sambil melakukan olahraga pemanasan. Beres deh.

7. Oats and honey granola bar siap membuatmu makin manis dan langsing.

oats

Selain sebagai kudapan untuk orang yang diet, Oats ini dapat membantumu meningkatkan level energi seharian penuh. Hm..menarik tapi bisa kebayangkan kalau menunya itu-itu aja?

Woles lah, kan ada Wovgo yang bisa menyulap makanan biasa jadi luar biasa. Ini dia kejutannya..

Bahan :

  • 3 ¼ cup oats. Oats ini biasanya dari kacang-kacangan dan gandum kering.
  • ¾ cup sereal crispy rice.
  • 2/3 cup tepung oat atau gandum.
  • 3 sendok makan brown sugar. Kamu bisa dapetin di toko bahan kue.
  • ¾ sendok teh baking soda.
  • ¾ sendok teh garam.
  • 2/3 cup madu.
  • 1/3 cup minyak kelapa.
  • 2 sendok teh ektrak vanila.

Cara bikinnya :

  • Panaskan oven sampai 176°C.
  • Siapkan mangkuk yang sudah terisi Oats, sereal crispy rice, tepung gandum, brown sugar, baking soda dan garam. Aduk hingga merata.
  • Siapkan juga campuran minyak kelapa, madu dan ektrak vanila di gelas.
  • Campurkan keduanya dalam satu loyang hingga merata kemudian tekan adonan hingga mengeras dan menempel.
  • Panggang selama 20 sampai 25 menit hingga warnanya coklat keemasan.
  • Keluarkan dari oven selagi belum mengeras. Diamkan 5 menit dan potong menjadi beberapa bagian.
  • Lalu masukkan ke kulkas agar benar-benar mengeras seperti snack bar.

 

Sumber : LifeHack.org