9 Makanan penghilang lelah yang wajib kamu konsumsi

oatmeal

Padatnya aktivitas membuat tubuh mudah lelah. Meski sudah makan banyak dan teratur, tidak menjadi jaminan tubuh bisa terhindar dari kelelahan. Meski makannya banyak namun jika tidak memperhatikan kandungan gizi dalam makanan tubuh bisa menjadi tambah lelah.

Pastikan setiap asupan makanan yang kamu makan menjadi sumber energy yang tidak sia-sia. Daripada ngemil banyak-banyak, lebih baik makan sedikit tapi penuh gizi. Di bawah ini adalah daftar makanan yang bisa mengatasi rasa lelahmu.

1. Oatmeal.

Sarapan oatmeal

Bubur gandum ini memang tidak begitu populer di Indonesia. Namun tidak ada salahnya kamu mengkonsumsi oatmeal sebagai penghilang lelah. Oatmeal mengandung karbohidrat yang berkualitas dan tersimpan di dalam tubuh sebagai glikogen. Glikogen berfungsi sebagai sumber bahan bakar bagi otak dan otot. Hal ini dikemukakan oleh Lyssie dan Tammy Lakatos, ahli diet dari New York City.

BACA JUGA : 7 Resep sarapan sehat yang bisa kamu coba sebelum beraktifitas

2. Bayam.

daun bayam

Nggak heran kenapa Popeye sering banget mengkonsumsi bayam. Ternyata bayam bisa menghilangkan rasa lelah lewat energi yang dibangun dari zat-zatnya. Bayam membantu tubuh tetap stabil ketika sedang padat-padatnya aktivitas. Perlu kamu tahu, bayam merupakan makanan sumber zat besi paling banyak di muka bumi.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian.

kacang

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein dan serat yang membantu meningkatkan energi dan menjaganya agar tetap stabil. Banyak banget zat yang terkandung di dalamnya seperti: protein, zat omega 3, mangan, magnesium, fosfor, zat besi, tembaga, riboflavin, vitamin B1, B2, B5, B6, dan tryptophan.

BACA JUGA : Meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi bahan makanan ini

4. Air.

air mineral

Tentu saja asupan yang satu ini nggak boleh dilewatkan. Boleh jadi kamu makan banyak, bergizi, dan teratur. Namun jika tidak diimbangi dengan air yang cukup, jangan harap makanan tersebut bisa diserap tubuh dengan maksimal. Penuhi kebutuhan airmu sebanyak 2 liter per hari agar tubuhmu terhidrasi dengan baik. Jangan hanya peka pada perut yang lapar saja, pekalah juga pada tubuh yang kehausan.

5. Semangka.

Bikin jus semangka dengan cara ini yuk! 🙂

Posted by Wovgo on Thursday, October 1, 2015

Bahkan sedikit kurang cairan, bisa menyebabkan kamu mudah lelah. Journal Nutrition mempublikasikan penelitian yang menyatakan bahwa berkurangnya 1,5% volume air dalam tubuh bisa menyebabkan kelelahan. Buat kamu yang tidak suka minum air putih, sumber cairan bagi tubuh bisa kamu peroleh dari buah semangka. Semangka mengandung 90% air yang mencegah tubuh dari dehidrasi. Tentunya juga mencegah kelelahan.

BACA JUGA : Sarapan mudah, murah, dan sehat? Coba 5 menu sarapan berikut ini

6. Susu.

susu

Tidak susu yogurt? Minum susu aja sebagai penghilang lelah. Selain menambah cairan dan kalsium bagi tubuh, susu juga berfungsi untuk menjaga elektrolit ketika kamu berkeringat. Susu kaya akan protein, energi, dan juga karbohidrat. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Medicine & Science in Sports & Exercise, menemukan bahwa meminum kasein (salah satu protein dalam susu) di malam hari, membantu perbaikan otot.

7. Ubi jalar.

ubi jalar

Untuk menghilangkan lelah dari makanan berserat tinggi, ubi jalar merupakan piliihan yang tepat. Ubi Jalar mengandung seperempat kalium yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalium berfungsi menyeimbangkan cairan elektrolit yang artinya mencukupkan cairan dalam tubuh. Akibatnya tubuh menjadi tidak mudah lelah. Keuntungan lainnya, kalium membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres yang bisa memicu kelelahan.

BACA JUGA : Ingin racun menghilang dalam tubuh? Konsumsi bahan-bahan di bawah ini secara rutin

8. Telur.

telur

Telur merupakan salah satu sumber energi yang baik. Di dalamnya terkandung zat besi, seng, dan banyak protein. Penelitian di tahun 2009 menemukan bahwa protein tidak hanya berguna untuk membangun otot dan mengenyangkan perut. Protein juga membantu menyediakan energi bagi tubuh, vitamin B yang ada dalam telur membantu memproduksi energi di tubuh.

9. Teh.

teh

Daripada memilih kopi sebagai penghilang lelah, lebih baik meminum teh. Semua jenis teh baik untuk kesehatan baik teh hitam, teh hijau, maupun teh olong. Secangkir teh mampu meningkatkan ketajaman pikiran sehingga membuat kita lebih fokus. Hal ini karena adanya asam amino theanine dalam teh. Hanya saja jangan meminumnya tepat sebelum tidur. Ia justru akan membuatmu semakin susah tidur.

BACA JUGA : Kombinasi makanan yang sebaiknya nggak kamu makan. Terutama nomor 5!

***

Sudah saatnya kita perhatian pada diri sendiri, Wovger. Ada banyak sekali makanan-makakan alami yang bisa menjauhkanmu dari kelelahan. Ganti minuman instan sumber energi dengan makanan di atas.  Prioritaskan kesehatanmu baru prioritaskan kekenyanganmu.