15 Air terjun di Jogja ini wajib kamu kunjungi agar liburanmu di Kota Gudeg semakin komplit

Sri Gethuk

Siapa sih yang gak kenal Jogja. Sebuah kota yang sangat terkenal dengan wisata budaya. Bagaimana disini budaya lokal masih dipertahankan. Dengan kesederhanaan yang menjadi ciri khasnya, Jogja memang selalu mempesona para pengunjungnya.

Tak hanya wisata budaya, Jogja juga memiliki beragam destinasi wisata alam yang luar biasa. Selain pantai-pantainya, perbukitan yang indah, Jogja juga mempunyai jajaran air terjun yang keren juga.

Ini dia beberapa air terjun yang wajib Wovger coba kunjungi.

1. Sri Gethuk, Gunung Kidul

Sri Gethuk, Gunung Kidul

Foto : www.wisatajogja.co.id

Orang-orang Jogja pasti sudah cukup familiar dengan nama Sri Gethuk ini. Air Terjun Sri Gethuk merupakan air terjun yang paling terkenal di Jogja. Lokasi air terjun ini berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul. Wovger akan dibawa menggunakan perahu rakit menyusuri aliran Sungai Oya untuk bisa sampai di lokasi air terjunnya.

Dengan tiket Rp. 7.000,- Wovger sudah bisa mendapatkan suasana yang nyaman dan pemandangan yang indah untuk menikmati liburan.

Air di air terjun ini sangat jernih. Air terjun ini juga sangat unik karena tidak langsung jatuh dan bermuara ke sungai. Tetapi air terjun ini jatuh dan mengalir di bebatuan karst sekitar sungai terlebih dahulu sehingga terlihat lebih cantik. Pada tahun 2014 lokasi air terjun ini juga sempat menjadi tempat syuting film Hollywood berjudul Beyond Skyline. Kurang epik apa coba.

BACA JUGA : 11 tempat asik di Jogja untuk menikmati senja

2. Grojogan Sewu, Kulon Progo

Grojogan Sewu, Kulon Progo

Foto : nur-akhwan.blogspot.com

Kabupaten Kulon Progo yang namanya tidak sebeken Sleman, atau Bantul ternyata memiliki wisata alam yang keren-keren. Salah satunya ya ini, Air Terjun Grojogan Sewu.

Air terjun ini berlokasi di Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Hanya dengan membayar Rp. 2.000,- untuk parkir dan sumbangan sukarela untuk masuk kekawasan air terjun, Wovger sudah bisa bermain-main di air terjun Grojogan Sewu ini.

Dari pintu masuk, Wovger harus berjalan kaki sejauh 200meter melewati perkebunan warga. Perjalanan ini akan terasa menyenangkan karena Wovger akan dibawa menyusuri perkebunan seperti hutan yang masih begitu alami. Kondisi jalannya juga masih alami, hanya menggunakan batu dan kayu untuk memperkuat kondisi jalan.

Walaupun masih 2 tahun ini dikelola sebagai tempat wisata, dan belum banyak fasilitas penunjang, tempat ini masih tetap direkomendasikan untuk Wovger kunjungi. Karena ini indah banged cuy.

BACA JUGA : Ini dia resep Ayam Geprek Ala Jogja yang bisa bikin kamu ketagihan [Video]

3. Kembang Soka, Kulon Progo

Kembang Soka, Kulon Progo copy

Foto : www.rentalmotordijogja.com

Masih di kabupaten Kulon Progo, air terjun Kembang Soka melengkapi jajaran wisata alam yang indah di kabupaten ini. Air terjun ini berada di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo.

Disini Wovger akan menemukan sesuatu yang sangat unik. Air yang ada di air terjun ini terbagi atas dua warna yang berbeda yakni putih dan hijau toska. Selain itu Wovger juga akan mendapati bebatuan yang berbeda warna. Yang ada di dasar sungai berwarna kuning sedangkan bebatuan yang ada di tebing sebelah kirinya berwarna merah. Pemandangan seperti ini tidak banyak Wovger temui di lokasi-lokasi lain.

Dengan tiket Rp. 3.000,- Wovger sudah bisa menikmati suasana di air terjun ini. Tapi sanyangnya air terjun ini masih belum lengkap fasilitasnya karena memang masih baru-baru ini saja dikelola sebagai tempat wisata.

BACA JUGA : Wahai pemburu sunset, coba kesini deh kalau pengen lihat pemandangan keren!

4. Kedung Pedut, Kulon Progo

Kedung Pedut, Kulon Progo

Foto : titik0jogja.blogspot.com

Tak jauh dari Kembang Soka, Wovger bisa menemui air terjun yang tak kalah indahnya yaitu air terjun Kedung Pedut. Air terjun ini diapit oleh dua buah tebing yang cukup tinggi.

Disini Wovger bisa berenang dikolam alami yang ada dibawahnya dengan air yang berwarna hijau tosca bersih. Sangat menyenangkanlah pokoknya.

Lokasi pastinya dai air terjun ini adalah di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Gilimulyo, Kulonprogo dan hanya butuh Rp. 3.000,- saja untuk Wovger bisa menikmati suasana disini.

5. Curug Indah Gedangsari, Gunung Kidul

Curug Indah Gedangsari, Gunung Kidul

Foto : ridiculoustravel.wordpress.com

Gunung Kidul kalo urusan wisata alam, memang juaranya di Jogja. Air terjun Gedangsari ini juga berlokasi di Gunung Kidul, tepatnya di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Keberadaan air terjun ini tepat berada dibawah gunung yang menjadi perbatasan antara kabupaten gunung kidul dengan kabupaten Klaten.

Air terjun ini dibagi menjadi 2, yaitu atas dan bawah. Tapi bagian atas lebih populer dikalangan para pelancong.

Untuk bisa mendapatkan pemandangan air terjun yang lebih maximal. Untuk memasuki kawasan air terjun ini, Wovger cuma harus mengeluarkan kocek Rp. 2.000,-, worth it lah.

BACA JUGA : Kalau kamu pergi ke Purworejo, sempatkan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata berikut ini

6. Curug Gede, Nglanggeran

Curug Gede, Nglanggeran

Foto : andisapto.blogspot.com

Curug ini berada di wilayah perbatasan kabupaten Sleman dan Gunungkidul dan tidak jauh dari kawasan Gunung Nglanggeran. Persisnya ada di perbatasan Dusun Gembyong Desa Ngoro-oro, Patuk, Kabupaten Gunungkidul dengan Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Untuk bisa mencapai kawasan ini Wovger harus melakukan sedikit perjuangan karena lokasinya yang agak sedikit terpelosok di hutan.

7. Jurang Pulosari, Bantul

Jurang Pulosari, Bantul

Foto : www.telusurindonesia.com

Lokasi air terjun ini berada di Desa Wisata Krebet Sendangsari, Pajangan, Bantul. Air terjun ini memiliki kolam yang cukup lebar di bawahnya. Dikolam ini Wovger bisa aman berenang.

Disini Wovger tidak perlu membayar tiket masuk, hanya perlu menyediakan untuk parkir kendaraan saja.

Lokasinya masih sangat alami dengan hutan yang begitu asri.

BACA JUGA : Banyuwangi, ujung timur Pulau Jawa yang menyimpan segudang surga

8. Air Terjun Pantai Jogan, Gunung Kidul

Air Terjun Pantai Jogan, Gunung Kidul

Foto : www.initempatwisata.com

Saat musim hujan tiba, Wovger ada baiknya melihat air terjun ini. Air terjun yang satu ini cukup unik karena lokasinya yang berada persis di tepi pantai. Jadi aliran air yang ada di air terjun ini langsung jatuh ke bibir pantai.

Air Terjun Pantai Jogan sendiri merupakan bagian dari Pantai Jogan. Lokasinya berada di Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul.

Untuk menuju lokasi in Wovger hanya perlu merogoh kocek Rp. 3.000,-

9. Curug Setawing, Kulon Progo

Curug Setawing, Kulon Progo

Foto : missrisna.blogspot.com

Selain dikenal dengan nama Setawing, air terjun ini juga dikenal dengan nama Jonggrangan karna lokasinya berada di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Air yang ada di sana mengalir dari tebing batu gamping setinggi kira-kira 18 hingga 20 meter.

Disini Wovger akan mendapati suasana yang begitu asri dan juga semacam taman dengan konsep pedesaan yang menyenangkan untuk tempat beristirahat. Kawasan ini memang sudah ditata oleh masyarakat sekitar dan dikelola menjadi tempat wisata.

Untuk bisa mendapati keindahan disini Wovger hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000,-

BACA JUGA : Jomblo-jomblo kesepian, cobalah berwisata ke kota sejuta bunga: Magelang. Siapa tahu dapet bunga

10. Grojogan Mudal, Kulon Progo

Grojogan Mudal, Kulon Progo

Foto : panduanwisata.id

Masih di Kulon Progo. Disini ada sebuah air terjun juga yang disebut Grojogan Mudal. Lokasinya berada di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo.

Dinamakan Grojogan Mudal karena airnya berasal dari sumber air Mudal. Sumber air tersebut keluar melalui mulut goa yang berada di tebing yang berdekatan dengan lokasi air terjun ini.

Disini Wovger akan mendapati air terjun yang bertingkat dengan 4 tingkatan. Dan setiap tingkatnya saling berdekatan. Tanah yang ada dikawasan air terjun ini juga berwarna merah, sehingga menambah kesan eksotisnya jika dilihat dari atas.

Masyarakat yang mengelola Grojogan Mudal tersebut juga sudah mulai berbenah. Mereka membuat akses jalan menuju air terjun, , mebuat bangku bambu tempat istirahat, dan membuat taman untuk mempercantik kawasan ini. Untuk masuk kesini Wovger juga hanya perlu membayar parkir sebesar Rp. 2.000,-

11. Banyunibo, Gunung Kidul

Banyunibo, Gunung Kidul

Foto : ryandxter.blogspot.com

Lokasi air terjun ini berada di Dusun Batur, Desa Putat, Patuk, Gunungkidul. Wovger akan mendapati pemandangan yang istimewa. Ketika hampir sampai, Wovger akan disuguhi pemandangan persawahan. dengan deretan persawahan di sekitarnya.

Disini Wovger akan melihat ada banyak sekali batu-batu besar. Menurut warga sekitar batu-batu besar tersebut merupakan tebing dari air terjun Banyunibo yang runtuh akibat gempa bumi 2006 silam.

BACA JUGA : Hey pasangan yang baru menikah, masukkan tempat-tempat indah ini dalam daftar destinasi bulan madumu

12. Curug Watu Jonggol, Kulon Progo

Curug Watu Jonggol, Kulon Progo

Foto : spadepicnic.wordpress.com

Curug Watu Jonggol lokasinya sangat terpelosok jika dibandingkan curug-curug lain di Kulon Progo. Untuk mencapai lokasi air terjun, Wovger harus melakukan trekking melewati jalan setapak yang cukup jauh dan curam. Lokasi air terjun ini berada di desa Nglinggo, Samigaluh, Kulonprogo. Tidak terlalu jauh dari lokasi Perkebunan Teh Nglinggo.

Untuk memasuki kawasan ini Wovger hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 2.000,- untuk motor.

14. Air Terjun Goa Selarong, Bantul

Air Terjun Goa Selarong, Bantul

Foto : kotajogja.com

Lokasi air terjun ini ada dikawasan Goa Selarong yang berlokasi di Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Disini Wovger bisa melihat saksi bisu perjuangan Pangeran Diponegoro melawan penjajahan Belanda setelah rumahnya di Tegalrejo dibakar, disinilah Pangeran Diponegoro bersembunyi.

Disini Wovger bisa menikmati keindahan Goa Selarong dan air terjun yang tak kalah ciamik. Untuk bisa melihat air terjun ini, ada baiknya Wovger datang saat musim penghujan, karena biasanya saat musim kemarau debit airnya akan berkurang.

Untuk bisa menikmati air Terjun ini Wovger akan dikenakan tarif masuk Goa Selarang yaitu Rp. 2.000,-

BACA JUGA : Travelling sekaligus pre wedding? Kenapa tidak! 7 Destinasi ini bisa kamu dan pasanganmu jadikan tempat untuk menjalani keduanya

15. Air Terjun Parangtritis, Bantul

air terjun parangtritis bantul

Foto : nirvana.co.id

Wovger pasti tau donk dengan pantai Parangtritis yang ada di Jogja. Nah dibagian barat pantai ini, Wovger akan melihat bukit yang menjulang tinggi. Disitulah letak air terjun ini berada.

Meskipun demikian, air terjun ini hanya bisa dilihat dan dinikmati ketika musim hujan saja.

***

Mungkin Wovger hanya bisa menyebutkan beberapa air terjun yang ada di Jogja. Masih ada beberapa air terjun indah lain yang ada di kota yang istimewa ini.

Jika Wovger ingin menambahkan bisa melipir ke kolom komentar yah.