Dengan melakukan hal-hal ini, kamu termasuk melakukan korupsi loh

korupsi

Wovger sering lihat di TV mengenai kasus korupsi yang lagi marak di Indonesia?

Perbuatan yang sering kamu dengar dari koruptor adalah kasus suap-menyuap, menyelewengkan uang, dan menyalahgunakan wewenang.

Jadi intinya, korupsi adalah segala tindakan yang menyalahgunakan tugas atau amanat untuk kepentingan pribadi maupun kelompok.

Korupsi kelihatannya begitu hina di mata masyarakat Indonesia, bahkan kamu nggak segan-segan untuk mengomentari secara pedas dan berdoa biar mereka para koruptor dihukum mati. Entah secara sadar apa enggak, tapi itu sering kali terjadi. Iya kan?

Tapi pernah nggak sih berpikir kalau sebenarnya ada hal-hal kecil di sekitar kita yang bisa disebut sebagai korupsi juga? Hmm…apa aja hayo?

Ini melekat banget loh sama keseharian kita. Penasaran? Yuk ikuti terus…

1. Punya SIM tapi nggak pernah ikut tes tulis maupun praktek alias ‘nembak.’

foto: iqbalrois.wordpress.com

foto: iqbalrois.wordpress.com

Nah ketahuan nggak lu yang suka ‘nembak’ alias menyuap pak polisi atau calo buat ngurusin Surat Izin Mengemudi atau SIM?

Secara nggak sadar ehmm..bukan nggak sadar sih, kamu pasti udah tau kalau tindakan itu namanya kecurangan tapi kamu tetep melanggarnya karena kepepet dan nggak mau ribet buat mengurus ini itu.

Guys, ternyata itu masuk golongan korupsi loh meskipun kecil. Nggak kecil juga sih soalnya yang udah ngelakuin itu banyak buanget.

2. Main-main sosial media saat jam kerja berlangsung.

foto: jalantikus.com

foto: jalantikus.com

Mungkin ini bisa disebut korupsi juga karena kamu udah menyalahgunakan wifi kantor sebagai kepentingan pribadi bukan malah untuk menyelesaikan tugas termasuk pada akhirnya kamu memutuskan untuk menunda pekerjaan demi sosmedmu.

Intinya, yang suka memanfaatkan fasilitas bersama demi urusan pribadi sekecil apapun bentuknya itu masuk korupsi loh. Contoh lain, menggunakan spidol milik sekolah buat dibawa pulang terus dipake secara pribadi masuk korupsi juga.

3. Menyerobot traffic light padahal lampu merah baru berjalan 4 detik.

foto: boombastis.com

foto: boombastis.com

Nah, ini selain bikin celaka ternyata tindakan tersebut bisa disebut korupsi. Korupsi kelas teri. Dengan perasaan nggak sabar kamu menyegerakan apa yang seharusnya tidak boleh alias melanggar peraturan. Jangan ya guys, mungkin kamu nggak nyadar dan kebanyakan emang nggak pernah sadar sih dan dianggap aman tapi kamu jadi melakukan korupsi deh. Lebih baik, menunggu dengan sabar, menanti hanya semenit nggak ada salahnya bukan.

4. Ambil gorengan 4 biji bilangnya 2.

foto: owtop.blogspot.com

foto: owtop.blogspot.com

Yuk jujur siapa yang suka banget kayak gini? Ambil gorengan 4 biji di warung tapi bilangnya cuma 2. Sadar nggak kalau kamu melakukan korupsi gorengan. Contoh yang sama juga nih, minta uang buat bayar SPP harganya 500ribu tapi minta satu juta biar sisanya bisa buat nonton sama jajan.

Nah ini sama saja dengan berbohong, yang merupakan indikasi ke arah korupsi. Kalau ini dibiasakan terus, mungkin pas udah gede kamu bukan lagi ambil gorengan atau ngambil keuntungan uang SPP aja bisa-bisa uang kas satu sekolah kamu embat juga.

5. Terlambat merupakan korupsi waktu.

foto: wikihow.com

foto: wikihow.com

Terlambat dalam hal apapun, terlambat kuliah, terlambat mengumpulkan tugas, terlambat menghadap dosen. 5 menit aja udah termasuk korupsi. Kok bisa?

Iyalah, karena kamu nggak menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk kegiatan kamu yang merupakan tanggung jawabmu. Nah, itu juga termasuk menyelewengkan pekerjaan kan? Jadi harus belajar tepat waktu kalau nggak mau disebut koruptor.

6. Titip absen kuliah, padahal lagi tiduran di kos.

foto: tolongshare.com

foto: tolongshare.com

Bolos kuliah dan mencuri waktu buat senang-senang adalah salah satu bentuk korupsi waktu. Sama seperti contoh sebelumnya. Kegiatan ini kelihatannya cukup sering dilakukan oleh mahasiswa. Hei..bukankah mahasiswa itu agent of change? Jadi berubahlah, jalankan kewajibanmu dengan semestinya seperti rajin mengikuti kuliah dan jangan suka terlambat.

7. Bikin contekan ketika ujian.

foto: jatik.com

foto: jatik.com

Stop contek mencontek!

Hal ini termasuk kebiasaan bikin contekan waktu ujian. Sadar atau enggak, dengan begini kamu sama saja sudah mencari jalan pintas yang nggak benar. Itu artinya kamu juga nggak menghargai proses yang berjalan. Maunya yang cepet-cepet aja. Kalau kebiasaan seperti ini diteruskan bisa jadi kamu ketagihan untuk mencari jalan pintas yang lain-lain, apalagi jika beberapa oknum juga mendukung aktivitas kamu ini. Lebih baik, kamu cukup sadar kalau semua itu perlu usaha dan kerja keras.

8. Jadi calo tiket, calo CPNS dan calo-calo lain yang turut merusak harga diri bangsa.

foto: coneight.com

foto: coneight.com

Dikira jadi calo tiket itu perbuatan yang mulia apa? Termasuk calo-calo yang menjanjikan beberapa orang untuk dijadikan pegawai negeri sipil atau PNS.

Udah jadi rahasia umum lah kalau ini, demi meraup untung calo-calo ini melakukan aksinya demi memperlancar orang-orang yang nggak mau berusaha. Itu salah satu bentuk korupsi juga loh.

Biar ini nggak melulu terjadi dan jadi rantai yang merusak harga diri bangsa kita, mending dimulai dari pribadi sendiri untuk nggak berurusan sama calo. Yang mau dapet tiket ya antri semestinya, kalau mau dapet pekerjaan yang layak ya usaha buat cari sendiri nggak melalui oknum-oknum ‘dalam’ atau membayar ke calo.

***

Nah, itu dia beberapa hal kecil yang ternyata juga termasuk korupsi. Wovger ada list lainnya ? Share di kolom komentar ya.