Kombinasi makanan yang sebaiknya nggak kamu makan. Terutama nomor 5!

fruit and yogurt

Dalam kehidupan sehari-hari, cukup bermacam-macam makanan yang masuk ke perut kita. Mulai dari yang digoreng, direbus, hingga cuma mentahan. Belum lagi makanan-makanan hasil kombinasi seperti gorengan mendoan dan bakwan, jus, susu, dan masih banyak lagi.

Diam-diam, ternyata, ada beberapa kombinasi makanan yang nggak baik bagi kesehatan dan harus kamu hindari. Apa saja kombinasi makanan itu? Simak daftarnya di Wovgo.

1. Buah setelah makan atau ketika makan.

What? What? What? Wait. Wait. Wait. Buah setelah makan? Apa-apaan ini? Bukannya justru dianjurkan memakan buah setelah makan sebagai pencuci mulut? Buah memiliki daya serap yang sangat cepat. Ia masuk ke perut kemudian dengan sangat cepat terserap ke usus.

Ketika buah-buahan ini dikombinasikan dengan nasi, daging, atau produk kering lainnya, mereka bisa tinggal lama di dalam saluran pencernaan dan mulai terfermentasi. Fermentasi ini dapat menyebabkan kerusakan pada dinding usus.

Sebaliknya, daging, nasi, dan makanan selain buah membutuhkan waktu pencernaan yang lama di dalam usus. Ketika kamu memakan nasi, ia akan dicerna secara lambat oleh usus. Jika setelah makan nasi, kamu langsung makan buah, buah tersebut terpaksa harus ngantri dulu di usus sampai nasi yang kamu makan selesai dicerna. Kalau ngantrinya kelamaan, akhirnya terjadilah proses fermentasi.

2. Yogurt dan buah.

Kalau yang satu ini untungnya tidak banyak orang Indonesia yang memakannya. Mungkin banyak sih, tapi tidak sebanyak populasi pemakan buah setelah makan. Kombinasi buah dan produk-produk hasil turunan susu bukanlah ide yang bagus. Dalam poin ini, produk turunan susu tersebut adalah yogurt.

Boleh jadi yogurt kaya akan vitamin yang bagus untuk tubuh. Namun di sisi lain, yogurt juga memiliki kelemahan yaitu menghambat sinus, menyebabkan pilek, dan memunculkan alergi. Dengan menambah buah-buahan, risiko tersebut akan meningkat.

Cara aman memakannya yaitu jangan digabung. Cukup makan buah saja atau minum yogurt saja. Hindari yogurt dan buah secara bersamaan.

3. Pisang dan susu.

pisang susu

Pisang dan susu juga berbahaya? Wah, wah, wah. Padahal kalau minum jus pisang pasti dikasih susu. Apalagi milkshake banana dan banana smoothies yang rasanya enak banget itu. Berarti aslinya susu pisang itu nggak sehat dong?

Pisang dan susu bisa menciptakan racun. Efek samping lainnya, keduanya membuat tubuh semakin berat serta melemahkan fungsi otak. Akibatnya otak jadi lambat ketika berpikir. Kalau kamu suka minuman yang terdiri dari susu dan pisang, pastikan pisang yang digunakan benar-benar matang. Tambahkan kapulaga atau pala agar risiko racun berkurang.

4. Kacang-kacangan dan keju.

Meski kombinasi kacang-kacangan dan keju tidak begitu populer di Indonesia, tidak ada salahnya untuk mengetahuinya. Keduanya menghasilkan reaksi yang menyebabkan perut mudah kembung. Demikian juga dengan kombinasi keju dan tomat.

Seperti yogurt dan buah, cara terbaik untuk memakannya adalah dengan tidak memakannya secara bersamaan.

5. Minum air ketika makan.

Jangan kaget lagi ya. Minum air ketika makan ternyata nggak baik bagi tubuh. Air apapun. Mau jus, teh, es jeruk, kopi, bahkan hingga air putih pun memiliki dampak yang sama-sama tidak baik. air yang masuk ke tubuh dapat mencairkan zat-zat yang seharusnya dicerna oleh tubuh. Protein, karbohidrat, dan lemak yang seharusnya dicerna, malah larut begitu saja oleh air yang masuk.

Lalu, bagaimana cara yang baik agar zat-zat tersebut tidak hilang? Minum sebanyak apapun air yang kamu inginkan 10 menit sebelum makan. Setelah makan, beri jeda selama 1 jam atau lebih. Barulah minum air. Di sisi lain, minum air ketika makan menyebabkan perut menjadi kenyang sehingga menurunkan nafsu makan.

***

Beberapa daftar di atas harus kamu hindari agar tubuhmu menjadi lebih sehat. Namun sekali lagi, tidak semua makanan di atas begitu berbahaya sehingga perlu benar-benar dihindari. Sistem kekebalan tubuh masing-masing individu juga berpengaruh. Jika kamu memiliki sistem imun yang sehat, tidak masalah mengkonsumsi makanan di atas. Tentunya jangan sering-sering dan harus diimbandi dengan minum air putih.