Meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi bahan makanan ini

buah berry

Makan…makan dan makan!

Kamu yang hobi makan nggak akan melewatkan makanan apapun. Terutama yang mengandung gizi tinggi untuk kesehatanmu.

Tapi sayangnya, cuaca akhir-akhir ini nggak menentu nih, sesekali ujan sesekali panas. Kayaknya kamu butuh makanan yang mengandung lebih banyak vitamin C dan antioksidan deh supaya bisa menangkal virus-virus jahat.

Hm..tenang aja, Wovgo punya kok list bahan makanan yang bisa kamu konsumsi supaya daya tahan tubuhmu meningkat. Tentunya nggak pake bahan kimia ya karena ini 100% alami.

1. Jamur.

Jamur tiram

Foto : beritadaerah.co.id

Jamur banyak macamnya, ada jamur kancing, shitake, maitake,reishi, jamur panu. Hati –hati sama jamur liar yang kamu nggak tau bisa dimakan apa enggak. Bisa-bisa kamu keracunan, lebih baik cari yang udah banyak dipasar seperti jamur tiram.

Jamur tiram memiliki warna putih bersih dan bisa langsung dimasak. Jamur ini merupakan bahan makanan yang kaya vitamin D, bisa membantu mengurangi resiko terjadinya kanker prostat.

Lebih dari itu, dia punya segudang kelebihan yang bisa Wovgo list cuma buat kamu :

  • Kalium yang ada di jamur menyehatkan jantung dan menurunkan tekanan darah.
  • Jamur memiliki zat antibakteri tinggi yang bisa meningkatkan sistem imun.
  • Dia juga bisa meningkatkan kadar vitamin B-kompleks, vitamin A dan vitamin C.
  • Kandungan antioksidannya dapat mencegah kerusakan sel yang mengarah ke penyakit kanker, penuaan dan penyakit lainnya.

2. Lemon.

Lemon

Kenapa Wovgo tulis lemon? Karena banyak manfaat yang bisa diperoleh salah satunya mengandung vitamin C tinggi yang dapat membantu tubuh melawan berbagai macam bakteri berbahaya dan virus sehingga menjaga daya tahan tubuh sehat.

Menurut Roxanne Sukol, MD, dari Cleveland Clinic Wellness Institute, asam dalam jus lemon “bekerja” bersama tubuh untuk memelihara dan meningkatkan fungsi-fungsi tubuh lebih baik.

Buah kuning ini juga cocok untuk orang yang sedang diet, karena kandungan vitamin C yang tinggi dapat menghancurkan lemak bandel di perut.

Selain itu,..

Baca juga : Semua yang baik-baik ada dalam diri lemon. Apa aja sih manfaat dari buah ini?


3. Bayam.

daun bayam

Foto : caratono.blogspot.com

Mau kuat seperti Popeye? Bacanya bukan Popay tapi Po-pe-ye.

Makanlah bayam! *backsound Po-pe-ye*

Bayam mengandung kadar folat tinggi yang dapat mencegah kerusakan DNA dan pembuluh darah sehingga kekebalan tubuh akan terjaga.

Daunnya yang hijau segar ini ternyata juga kayak nutrisi untuk memproduksi sel-sel baru dalam tubuh.

Selain itu, bayam juga mengandung serat, antioksidan dan vitamin C. Kalau kamu ingin merasakan semua gizinya, cukup dengan cara dimakan mentah atau dimasak sebentar. Jika memasak bayam terlalu lama membuat nutrisinya hilang.

4. Madu.

madu

Selama berabad-abad, madu dikenal sebagai salah satu zat yang dapat memulihkan energi secara instan. Karena kandungan madu dapat terserap begitu mudah dalam tubuh. Rasa manisnya dibutuhkan badan untuk memulihkan tenaga ketika dilanda kelelahan.

Maka dari itu, pada jaman dulu para atlet Romawi dan Yunani kuno sering meminum madu sebelum dan sesudah bertanding sebagai obat untuk stamina dan pemulih energi.

Menariknya lagi si manis ini bisa bikin kamu awet mudah loh. Kok bisa?

Baca juga :Honey oh Honey, banyak khasiat yang tersimpan dalam manismu


 

5. Bawang Putih.

bawang putih

Foto : www.info-kes.com

Kebayang nggak kalau kamu lagi flu terus dianjurkan untuk makan bawang putih mentah dengan sekali kunyah? Kraus..kraus..hmmm hidung yang mampet katanya hilang, yang ada tinggallah bau pengar keluar dari mulut. Haaahhhh…..

Kalau kamu nggak tega buat makan bulat-bulat lebih baik campurkan aja ketika masak sup atau mie instan agar mampetmu berkurang.

Tapi jangan salah, memang benar bawang putih ternyata mengandung sejumlah antioksidan yang berfungsi untuk membunuh virus penyebab flu.

Selain itu dia juga mengandung allicin, yang berperan sebagai antivirus dan anti bakteri. Kelebihan lain, berguna untuk merangsang produksi sel darah putih yang bertugas untuk melawan kuman penyakit.

6. Jahe.

jahe

Foto : jahe.greenleafindonesia.co.id

Zat aktif dalam jahe ternyata memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Penggunaannya sebagai antibiotik alami sudah terbukti sejak ribuan tahun.

Terlepas dari sifatnya yang antibakteri, jahe juga merupakan rempah untuk kekuataan sistem kekebalan tubuh. Wovger bisa dengan mudah melawan segala macam penyakit dengan mengkonsumsi jahe, karena ada kandungan antioksidan dan beta-karoten.

Bahkan bisa membantu mengendalikan mood swingmu ketika datang bulan. Nggak percaya?

Baca juga :Aktivitas yang tinggi bikin kamu gampang capek? Cobalah mengkonsumsi jahe


7. Buah Berry.

buah berry

Foto : mencegahpenyakit.com

Strawberry, blueberry  maupun arbei yang biasa kamu temukan di kebon itu, ternyata mengandung vitamin C dan bioflavonoid sehingga sangat baik untuk antioksidan karena dapat mencegah terjadinya kerusakan sel dalam tubuh.

6. Coklat.

coklat

Hampir semua orang suka coklat. Mulai dari anak-anak hingga usia tua. Selain dapat menenangkan pikiran ternyata coklat adalah salah satu makanan penambah kekebalan tubuh karena banyaknya antioksidan konsentrat yang ada di dalamnya.

Penelitian menunjukkan….ah udah deh, apa kamu nggak capek kalau Wovgo suruh baca terus. Mendingan kamu lihat langsung video yang satu ini :

***

Itu dia beberapa bahan makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Agar Wovger nggak gampang sakit-sakitan.

Nah, kalau Wovger punya list lainnya, share di kolom komentar ya. 🙂