10 Lokasi menyelam terbaik di Indonesia yang wajib kamu kunjungi!

penyu

Sudah bukan mitos lagi kalau Indonesia punya seabrek destinasi wisata yang nggak kalah sama Negara-negara lain. Dari tempat wisata yang mudah dijangkau sampai medan yang cukup rumit semua ada. Maka sayang banget kalau sebagai orang Indonesia melewatkan kesempatan ini untuk berpetualang. Jangan mau kalah sama yang bule-bule guys, mereka rela dateng dari negaranya cuma mau nengok keindahan alam nusantara.

Hmmm…kira-kira keindahan nusantara apa lagi sih yang bakal Wovgo ulik. Kali ini bukan cuma pantainya aja lo tapi keindahan bawah lautnya juga. Yuk lihat daftarnya.

1. Raja Ampat, rajanya terumbu karang.

Raja ampat diving

Foto : www.gaiadiscovery.com

Namanya sudah nggak asing di telinga kamu. Terlebih lagi, objek wisata yang satu ini memang sudah sering diberitakan di berbagai media.

Berbagai komentar positif selalu datang dari mulut wisatawan yang udah pernah berkunjung maupun yang cuma lihat fotonya doang. Hmm…emang menggoda dan memanjakan mata sih, termasuk juga pemandangan bawah lautnya. Aduhai seksi euy…

Lokasi Raja Ampat yang letaknya di Provinsi Papua Barat ini memiliki sekitar 1.500 pulau maka jangan heran banyak yang mengklaim sebagai tempat dengan pemandangan bawah laut terindah di Indonesia.

Kehidupan ragam hayati di sana masih terjaga dan komplit. Terdiri dari 1.500 jenis spesies ikan, 700 jenis moluska, dan 500 jenis karang. Kamu nggak akan bisa deh kalau cuma stay sehari atau dua hari di sana…

2. Berenang ke Manado yuk tepatnya ke Bunaken pasti seger abis.

Bunaken diving

Foto : blog.klm.com

Pulau Bunaken terdapat di Manado, Sulawesi Utara dan sudah termasuk dalam daftar kawasan taman laut Nasional. Kalau udah berada dalam pengawasan tentunya sangat aman dan layak untuk dicoba.

Terdapat 20 titik lokasi menyelam dengan kedalaman yang berbeda-beda hingga mencapai 1300m.  Masih segar diingatan beberapa waktu lalu pulau ini mencatat rekor dalam jumlah penyelaman terbanyak mencapai 2861 penyelam. Warbiasahh…

Program tersebut mendapat sambutan baik dan menerima pujian positif dari para penyelam kelas dunia.  Kegiatan tersebut diberi nama ‘Sail Bunaken’.

3. Kepulauan Derawan salah satu destinasi menyelam yang mewah.

Kepulauan Derawan diving

Foto : chateauceloteh.wordpress.com

Sejak media mengekspose nama Derawan, banyak orang berbondong-bondong mengunjungi kepulauan tersebut.

Media telah memperkenalkan keindahan bawah laut tersembunyi melalui Derawan. Di sana terdiri dari beberapa gugusan pulau seperti P.Derawan, P.Maratua, P.Sangalaki, dan P.Kakaban.

Pastinya, jika kamu berkunjung kesana akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang indah dimana airnya sangat biru dan jernih. Bayangkan aja saat kamu mulai menyelam di sana kamu akan melihat pertunjukan karang yang menari-nari liar di matamu. Nggak usah berenang terlalu dalam cukup dipinggiran aja semua pesonanya tampak begitu mewah. Recommended banget deh pokoknya.

4. Tapi, kurang afdol kalo nggak nyemplung dulu ke Karimun Jawa.

karimunjawa diving

Foto : www.e-perpustakaan.com

Bagi kamu yang berdomisili di Jawa tentunya nggak akan melewatkan diving di Karimun Jawa dong. Karimun Jawa sendiri merupakan salah satu tempat wisata bahari terindah yang wajib dikunjungi.  Di kepulauan ini terdapat 30 titik diving yang mahaindah serta telah dikembangkan dengan sangat baik oleh pemerintah setempat.

Bagi para wisatawan juga tidak perlu khawatir mengenai akomodasi dan berbagai fasilitas lainya seperti homestay atau resort mewah untuk menunjang acara rekreasimu. Karena di sana sudah tersedia fasilitas cukup lengkap.

Lokasinya sendiri berada di kabupaten Jepara, Jawa Tengah yang terdiri dari 27 pulau yang mana hanya 5 pulau saja yang berpenduduk selebihnya tanpa penghuni. Hmm serasa pulau milik pribadi kalau kamu berhasil menjelajah semua kawasan Karimun Jawa.

5. Pulau Komodo kayaknya serem soalnya banyak Komodo tapi kalau lihat view bawah airnya. Pecah!

Pulau Komodo diving

Foto : komodoliveaboard.com

Siapa yang nggak tau pulau Komodo? Bukan lagi sebagai destinasi wisata kalangan lokal aja tapi juga mendunia. Pulau Komodo yang lokasinya berada di kepulauan Nusatenggara ini, namanya mulai mencuat saat pulau ini masuk daftar “New Seven Wonders” alias tujuh keajaiban dunia yang baru.Hal ini semakin diperparah dengan datangnya produser pembuat film dokumenter untuk channel dunia seperti National Geographic yang turut andil menduniakan pulau Komodo.

Di pulau ini nggak hanya menawarkan taman satwa khusus Komodo tapi juga lokasi diving yang menyuguhkan keelokkan bawah laut sehingga mendapat julukan “Paradise Underwater”.  Julukan tersebut disematkan oleh para penyelam yang pernah menikmati indahnya ‘underwater’ pulau ini.

6. Catat! Kalau ada tempat menyelam sebaik Wakatobi dalam list jalan-jalanmu.

Wakatobi

Foto : blog.wakatobi.com

Wakatobi juga merupakan salah satu tempat di Indonesia dengan lokasi menyelam terspektakuler. Nama Wakatobi sendiri merupakan kependekan dari nama 4 pulau besar (Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko).

Kamu yang mengaku suka diving sebaiknya jangan melewatkan apa yang ada di Wakatobi ini. Catat dalam list sekarang juga. Di sana para penyelam akan dimanjakan dengan keindahan dari 750 jenis koral dan jumlah biota launya yang mencapai angka 850 spesies.

7. Pulau Alor, Pulau kecil yang menyimpan harta karun kelas dunia.

Daiving at pulau Alor

Foto : Google Plus

Ini terkesan gila, karena Pulau Alor juga memiliki harta karun biota laut yang kelasnya dunia. Dia pulau kecil yang berada di bagian timur Nusa Tenggara.

Habiskan waktumu disini guys, maka kamu akan disuguhi fasilitas diving yang memanjakan mata. Memiliki 26 lokasi menyelam disertai pemandangan bawah laut nusantara kelas dunia.

Saat menyelam kamu dapat menyaksikan secuil surga bawah laut yang dikelilingi karang cantik serta kehidupan laut eksotis termasuk  hiu karang abu-abu, ikan barakuda, berbagai jenis gurita, anemon dan aneka keindahan laut lainnya.

8. Pulau Bintan di Sumatera, memang jauh sih tapi underwater-nya beuh…menarik hati.

Pulau Bintan di Sumatera diving

Foto : infotempatwisata.net

Tempat menyelam yang satu ini berada di Sumatera tepatnya di propinsi Riau. Wisatawan yang berkunjung ke pulau Bintan ini akan diberi panorama pantai yang penuh dengan ketenangan, damai dan sejuk di hati.

Namun bukan itu aja, selain pantai yang indah pulau ini juga menyodorkan keindahan alam bawah laut yang tak kalah menarik untuk di jadikan tujuan wisata diving. Berminat untuk ke sana?

9. Mantap, di Nusa Penida ada tempat diving yang nggak kalah keren.

nusa penida diving

Foto : www.baliocean.com

Berikutnya adalah pulau Nusa Penida yang mana lokasinya berada di sebelah selatan tenggara Bali. Adapun lokasi wisata menyelam yang terkenal di kawasan ini adalah Penida Bay, Batu Abah, Batu Meling, Manta Point, Toyapakeh, Batu Lumbung dan Malibu Point.

Nggak cukup itu aja, kawasan perairan ini juga menyuguhkan museum rumput laut yang sudah langka di dunia. Sesekali jalan-jalan ke sana yuk..

10. Panorama Tulamben, udah pastinya bikin kamu ingin berlama-lama nyelem.

Tulamben

Foto : www.xray-mag.com

Panorama Bali nggak ada habisnya. Itu juga jadi alasan kenapa Bali mendapat julukan pulau Dewata. Selain keindahan kebudayaan dan panorama alam, Bali semakin komplit dengan nuansa underwaternya. Salah satunya ada di Tulamben. Tempat ini terletak di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali

Lokasi menyelam yang satu ini tentunya menyimpan segudang kejutan dari alam Indonesia. Berbagai jenis biota laut, terumbu karang yang indah, dan sisa-sisa perang dunia II berupa bangkai kapal US Liberty, siap menanti untuk dikunjungi. Amazing!

***

Nah itu dia beberapa lokasi menyelam di Indonesia yang wajib kamu kunjungi buat kamu yang ingin menikmati surga bawah laut di negeri ini. Kalau kamu punya tempat favorit lain buat menyelam, share di kolom komentar ya.