Ini dia beberapa destinasi wisata di Kebumen yang ‘wow’ banget!

Pantai Menganti kebumen

Wovger tau kabupaten Kebumen? Ya emang sih, kalo Wovgo nyebut kota-kota di Jawa Tengah banyak pada gak taunya. Tapi Wovger tau gak kalo Kebumen ini memiliki banyak potensi termasuk tempat wisata yang bisa menjadi pilihan untuk bisa Wovger kunjungi.

Nah, disini Wovger akan merangkum beberapa tempat wisata di Kebumen yang keren abis.

1. Goa Jatijajar

goa jatijajar kebumen

Foto : cah-bumen.pun.bz

Berada di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten kebumen. Untuk bisa berwisata disini Wovger hanya butuh membayar tiket seharga Rp. 7.000 – Rp. 10.000,-.

Goa Jatijajar ini merupakan sebuah goa yang terbentuk dari batu kapur. Di goa ini kita bakal di suguhi macam-macam diorama yang menceritakan sejarah awal mula nama goa ini.

BACA JUGA : Nggak cuma surga wisata, Jawa Tengah juga punya 12 kuliner khas yang akan menggoyang lidahmu

Di Goa ini Wovger juga bakal menemukan beberapa sendang, seperti Sendang Mawar yang menurut kepercayaan jika airnya dibuat mandi atau raup alias cuci muka bisa bikin awet muda, dan Juga Sendang Kantil yang konon katanya jika airnya untuk digunakan untuk cuci muka atau mandi, maka niat/cita-citanya akan mudah tercapai.

2. Pantai Ayah

Pantai Ayah kebumen

Foto : beritatrans.com

Tidak jauh dari Goa Jatijajar, Wovger bisa menemukan pantai indah yaitu Pantai Ayah. Dari Goa Jatijajar, Wovger bisa mengikuti petunjuk jalan yang ada. Wovger hanya butuh menempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Pantai ini memiliki area yang cukup luas dengan pantai yang sangat landai. Didekat kawasan pantai ini juga ada hutan wisata yang dikelola Perum Perhutani. Wovger bisa coba explorasi sekalian tuh.

BACA JUGA : Ayo berwisata ke Kabupaten Batang, serpihan surga lain di provinsi Jawa Tengah

Untuk bisa menikmati segala keindahan dipantai ini Wovger hanya butuh membayar tiket masuk sekitar Rp. 5.000,-

3. Goa Petruk

Goa Petruk kebumen

Foto : disewain.com

Masih di Kecamatan Ayah. Selain ada Goa Jatijajar, disini juga ada Goa Petruk. Goa Petruk atau juga disebut Goa Andrakila ini tepatnya berada di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kebumen.

Berbeda dengan Goa Jatijajar yang sudah dilengkapi penerangan, di Goa Petruk ini Wovger akan disuguhkan pemandangan yang lebih alami dan asli, maka dari itu pihak pengelola sengaja tidak memasang lampu di goa ini.

BACA JUGA : Rumah-rumah adat Jawa Tengah yang harus kamu tahu

Disini Wovger akan disuguhi dengan pemandangan goa yang alami dengan stalagnit dan stalagtitnya.

Untuk bisa menikmati tempat wisata ini, Wovger hanya perlu membayar tiket sekitar Rp. 8.000,-.

4. Pantai Menganti

Pantai Menganti kebumen

Foto : www.telusurindonesia.com

Lokasi pantai ini ada di Desa Karangduwur, kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Disini Wovger akan mendapati pantai berpasir putih bersih. Wovger juga bisa menikmati suasana pantai dari ketinggian dengan menaiki mercusuar setinggi 20 meter yang ada diarea ini.

5. Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck kebumen

Foto : Aulia Rahmani / www.kebumenkab.go.id

Benteng Van Der Wijck adalah sebuah benteng yang di bangun oleh pemerintah Hindia-Belanda pada abad ke 18 sebagai benteng pertahanan. Benteng ini berlokasi di Gombong, Kebumen. Untuk masuk kesini Wovger dikenakan tarif Rp 25.000,-

Ada banyak fasilitas yang ditawarkan disini selain wisata sejarah. Wahana yang ada disini juga cukup lengkap seperti wisata keluarga juga hotel, water park, area bermain anak, terapi ikan, kincir raksasa, bom bom car dll.

BACA JUGA : Jawa Tengah emang punya banyak tempat wisata keren. Tapi jangan melewatkan pengalaman berwisata ke Cilacap

Wort it lah dengan harga tiket segitu.

6. Pantai Lembupurwo

Pantai Lembupurwo kebumen

Foto : diasporaiqbal.blogspot.com

Pantai Lembupurwo berada di Desa Lembupurwo Kecamatan Mirit, Kebumen. Pantai ini berpasir hitam, tapi pantai ini cukup eksotis. Disini Wovger bisa mendapati laguna pasir yang begitu indah dan deretan cemara laut yang rindang meneduhkan tepian pantai.

Untuk bisa menikmati keeksotisan pantai ini, Wovger hanya perlu membayar Rp. 2.000,- saja.

7. Pantai Petanahan

Pantai Petanahan kebumen

Foto : sip-alamnusantara.blogspot.com

Pantai ini berlokasi di kecamatan Petanahan, Kebumen. Pasirnya putih dan dipadukan dengan ombak yang tidak terlalu besar. Disini Wovger bisa menikmati suasana pantai yang begitu nyaman sembari bermain air atau pasir.

Untuk bisa menikmati wisata disini Wovger cuma dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 3.000,-

BACA JUGA : 12 gunung di Pulau Jawa yang senantiasa menunggumu untuk didaki

8. Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong kebumen

Foto : www.pegipegi.com

Pantai Karangbolong berada di Kecamatan Cinangka Kebumen. Yang menjadi daya tarik wisata disini adalah adanya sebuah Goa karang yang dinamakan Gua Karangbolong yang terletak disisi timur. Gua ini sendiri berukuran panjang 30meter dan lebar 10meter serta memiliki tinggi 5 meter.

Untuk bisa menikmati wisata disini Wovger hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 3.000,-

9. Curug Silancur

Curug Silancur kebumen

Foto : www.yukpiknik.com

Lokasi curug ini ada di Dusun Pujegan, Desa Wadasmalang, Karangsambung. Curug ini tingginya mencapai 20 meter lebih dan jatuh ke batuan purba di bawahnya, sehingga tidak membentuk kolam untuk berenang.

Akses jalan menuju curug ini sangat terjal. Tapi airnya yang jernih dan suasananya yang alami bakal membayar itu semua.

10. Pantai Suwuk

Pantai Suwuk

Foto : www.kebumenkab.go.id

Pantai Suwuk terletak di desa Suwuk, kecamatan Puring, kabupaten Kebumen. Pemandangan pegunungan kapur yang elok akan Wovger dapati disini memanjang dari utara sampai selatan. Pantai ini berbatasan langsung dengan pegunungan dan Pantai Karangbolong.

Untuk masuk lokasi ini Wovger dikenakan tarif sebesar Rp. 3.000,-

BACA JUGA : Kalau kamu pergi ke Purworejo, sempatkan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata berikut ini

***

Masih ada banyak sekali tempat wisata di Kebumen ini. Jika Wovger tau tempat-tempat lain bisa ditambahkan dikoment yah.