Ingin sukses? Tiru kebiasaan orang-orang sukses berikut ini

success copy

Kok Andrea Hirata itu bisa sukses banget ya nerbitin buku. JK Rowling juga. Apalagi Larry Page sama Sergrey Bin yang nyiptain Google. Suksesnya minta ampun. Mereka masih muda tapi kok sudah kaya kayak gitu ya. Apa sih makanannya?

Pernah nggak Wovger bertanya-tanya seperti itu? Pasti pernah kan? Kalau kamu termasuk orang yang penasaran dengan kebiasaan orang-orang sukses, berarti bagus. Kamu ada niatan untuk meneladani mereka.

Di bawah ini merupakan daftar kebiasaan orang-orang sukses yang bisa kamu teladani.

BACA JUGA : Ritual pagi hari orang-orang sukses sebelum sarapan.

1. Mereka bekerja keras. Inilah kebiasaan pertama yang wajib kamu teladani.

hard work

Foto : Tumblr

Banyak orang bertanya-tanya mengapa orang sukses bisa sesukses itu. Mereka menanyakan resep rahasia meraih kesuksesan. Dan rata-rata orang sukses memberi jawaban yang sama: kerja keras. Orang sukses bekerja keras siang dan malam untuk membangun kesuksesan mereka. Tak peduli badai yang menghadang, mereka tetap bekerja keras.

Hardwork never lies.

Kerja keras tidak akan berbohong. Maksudnya, ia tidak akan membohongimu untuk meraih hasil yang kamu inginkan. Teruslah bekerja keras apapun yang terjadi.

BACA JUGA : Perubahan yang harus kamu bikin di usia 20-an biar bisa awet sukses selamanya!.

2. Mereka memiliki rencana. Nggak biasa menyusun rencana? Mulai sekarang biasakan diri menyusun rencana.

plan

Foto : www.der-hr-blog.de

Bukan orang sukses namanya kalau tidak memiliki rencana. Orang-orang terkenal seperti JK. Rowling dan Eminem memiliki sebuah jurnal untuk mencatat kemajuan mereka dalam mencapai tujuan.

Sebaiknya kamu juga demikian. Sekelas orang-orang besar yang sudah sukses saja memiliki jurnal kemajuan. Seharusnya kita yang belum semaju mereka juga membuat jurnal yang sama.

3. Mereka banyak bertindak dan tidak menunda-nunda.

action quotes

Foto : www.inspirationboost.com

Apa bedanya orang sukses dengan orang-orang biasa saja? Orang sukses bertindak. Orang biasa berwacana. Bermimpi dan berpiki tanpa eksekusi adalah nonsense. Nggak masuk akal. Mimpi tersebut tidak akan membawamu kemana-mana kalau tidak ditindaklanjuti.

BACA JUGA : Ingin sukses jadi pengusaha? Quote dari pengusaha sukses ini wajib kamu ketahui.

Kunci sukses bertindak yaitu dengan tidak menunda-nunda. Mau buka usaha? Ya sudah lakukan sekarang. Mau menambah relasi? Ya sudah temui saja sekarang. Menunda-nunda berakibat pada tidak selesainya pekerjaan. Lakukan sekarang selagi masih ada waktu.

No more procrastination!

4. Mereka memiliki tujuan yang jelas.

jack ma target

Foto : pando.com

Lupakan. Lupakan prinsip hidup bagai air di atas daun talas. Air di atas daun talas tampaknya memang pergi ke sana kemari. Tapi aslinya ia tidak beranjak dari mana-mana. Orang-orang sukses tidak demikian. Mereka memiliki tujuan yang jelas dalam hidup dan tahu apa yang harus dikejar.

Sedikit tambahan, orang-orang sukses tidak serakah dalam menetapkan tujuan. Mereka hanya menetapkan satu tujuan yang akan dikejar sampai dapat.

BACA JUGA : Oh, jadi begini cara orang sukses berakhir pekan? Hmmm…

Sudahkah kamu mempunyai tujuan yang jelas dalam hidupmu?

5. Mereka mengambil risiko.

Richard Branson quotes

Foto : www.virgin.com

Mengapa mereka senang mengambil risiko? Karena mereka punya tujuan yang harus dicapai. Dan untuk mencapai tujuan tersebut, orang sukses tidak berdiam diri. Mereka melakukan apapun termasuk mengambil risiko.

Mereka bersedia untuk gagal. Tidak masalah jika gagal. Toh akan ada pengalaman yang didapat dari kegagalan tersebut. Mereka juga tahu kalau tidak ada kesuksesan yang tercapai tanpa ada risiko yang diambil.

6. Mereka banyak membaca.

zuckerberg reading

Foto : www.businessinsider.my

Tidak semua orang yang suka membaca bisa jadi pemimpin. Tapi sudah pasti setiap pemimpin adalah orang yang suka membaca. Kamu tidak bisa mencapai tujuan yang kamu inginkan kalau kamu tidak banyak tahu tentang tujuan itu.

BACA JUGA : Apa yang dilakukan orang-orang sukses sebelum tidur? Yang jelas bukan stalking timeline mantan.

Uniknya, mereka tidak hanya membaca buku. Mereka juga terlatih untuk membaca kepribadian orang lain, membaca peluang, membaca masa depan, dan masih banyak lagi.

7. Mereka melakukan hal-hal yang mereka senangi.

coding

Foto : www.scienceinschool.org

Kebanyakan orang sukses memiliki passion terhadap bidang yang mereka tekuni. Mereka melakukannya bukan semata-mata karena uang tapi karena rasa suka dan cinta. Ada perasaan bahagia yang muncul ketika bisa melakukan hal yang disenangi. Perasaan bahagia ini menjadi semangat bagi mereka dalam bekerja dan meraih kesuksesan.

BACA JUGA : Indar Pratiwi, gadis yang lulus kuliah gara-gara kambing. Kok bisa?

Sudahkah kamu melakukan hal-hal yang kamu senangi?

Siap menjadi orang sukses? Siap melakukan tujuh hal di atas? Sebelumnya dengerin dulu petuah dari Pak Mario Teguh yang satu ini: anak muda yang akan super sukses, memang sering galau, tapi dia tetap serius dalam studi dan pekerjaan. See you on top!