Ini dia spot wisata di pulau Bawean yang indahnya luar biasa

Pulau Bawean

Wovger tau pulau Bawean? Yups, mungkin pamor pulau Bawean belum seperti Bali, Lombok, atau Karimun yang sudah cukup terkenal sebagai pulau wisata. Pulau Bawean merupakan sebuah pulau yang secara administratif masuk dalam wilayah Gresik.

Pulau tersebut memiliki banyak sekali spot-spot yang layak dikunjungi sebagai tempat wisata. Nah Wovgo ingin berbagi sedikit tentang spot-spot yang sangat menarik dipulau Bawean yang bisa Wovger kunjungi saat berwisata.

BACA JUGA : Kalau lagi ke Jawa Timur, jangan lupa sekalian berwisata ke Gresik. Karena tempat-tempat keren ini siap bikin kamu terpikat!

1. Pantai Ga’ang.

Pantai Gaang Pulau Bawean

Foto : Rusabawean.com

Tanjung Gaang menyajikan pemandangan hamparan batu karang luas di atas laut. Disini Wovger bisa menikmati keindahan deretan karang yang diterpa ombak lautan.

Untuk bisa menikmati pesona Tanjung Gaang, Wovger bisa melakukannya dengan 2 dua cara. Pertama dengan menyusuri lautan dan melihat batu-batu karang menggunakan perahu nelayan, atau Wovger bisa mendaki karang itu dan melihat jajaran karang diatas pantai ini dari ketinggian.

BACA JUGA : Tuban, Kota Wali yang identik dengan nilai religi serta tempat wisatanya yang memikat hati

Lokasi wisata ini berada di sebelah barat dari Pulau Bawean. Air laut di pantai Ga’ang ini sangatlah jernih dan bersih, benar-benar menyejukan hati.

2. Pantai Pulau Gili.

Pantai Pulau Gili Pulau Bawean

Foto : fun-adventure.com

Di Pulau Bawean ini Wovger bisa mengksplorasi pulau-pulau kecil yang mengelilingi pulau Bawean ini. Salah satunya adalah pulau Gili. Pulau Gili adalah pulau yang paling luas dibanding dan dihuni lebih dari 700 kepala keluarga.

Di Pulau Gili ini Wovger akan mendapati pantai berpasir putih yang sangat bersih dengan air laut yang sangat jernih.

BACA JUGA : Nggak cuma Telaga Sarangan, Magetan menyimpan segudang destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi

Menikmati sunset dan sunrise disini menjadi sajian wisata yang tidak bisa Wovger lewatkan begitu saja.

3. Pantai Pulau Noko.

Pantai Pulau Noko Pulau Bawean

Foto : intaninchan.wordpress.com

Di sebelah pulau Gili terdapat sebuah pulau kecil dengan luas sekitar 1 Km persegi. Disini WOvger akan mendapati seluruh daratan Pulau Noko yang hanya dipenuhi pasir putih dan ditumbuhi semak belukar.

Buat Wovger yang mencintai pemandangan bawah laut, bisa mencoba melakukan snorkling disini. Tapi sayangnya di Bawean ini belum ada fasilitas apapun bagi wisatawan, jadi jika inging melakukan snorkling bisa membawa peralatan sendiri. Tapi keindahan pemandangan bawah laut di sini tidak akan mengecewakan. Susunan karang yang indah dan ikan-ikan laut dengan corak menarik akan membuat Wovger merasa betah.

BACA JUGA : Jangan lupa nonton tradisi lokal dan kesenian-kesenian asli Jawa Timur ini saat kamu berwisata kesana

4. Pantai Kuburan Panjang.

Pantai Kuburan Panjang Pulau Bawean

Foto : Rusabawean.com

Disini Wovger akan mendapati suatu pemandangan yang unik, salah satunya adalah sebuah kuburan panjang yang ada disisi pantai. Masyarakat percaya, kuburan panjang tersebut adalah kuburan dari para pengawal Aji Saka di Bawean. Karena nilai historisnya, kuburan ini dikeramatkan oleh masyarakat Bawean.

BACA JUGA : Tempat-tempat wisata di Kediri yang bakal sukses bikin kamu susah move on gara-gara keindahannya

Pantai ini juga unik karena memiliki 2 sisi pantai yang terpisah daratan. Yang satu pantai dengan ombak yang tenang, sementara di sisi satunya dengan ombak yang kencang.

5. Pantai Mayangkara.

Pantai Mayangkara Pulau Bawean

Foto : Rusabawean.com

Disini Wovger bisa menikmati pemandangan lepas dengan panorama laut biru. Tak jauh dari lokasi pantai, Wovger juga akan mendapati penangkaran rusa. Wovger bisa bercengkrama dengan rusa-rusa endemik yang hanya akan ditemui di Pulau Bawean. Rusa tersebut memiliki nama latin Axis Kuhlii dan terancam akan punah.

6. Danau Kastoba.

Danau Kastoba pulau bawean

Foto : trhadventure.wordpress.com

Di pulau Bawean Wovger juga bisa bermain di danau alami, Danau Kastoba. Danaunya terbentuk secara alami dan suasanya pun masih sangat alami dan begitu asri. Lokasi dari danau ini ada di atas bukit. Danau kastoba terletak tepat ditengah Pulau Bawean tepatnya di kecamatan Tambak.

BACA JUGA : Wisata air terjun di Malang memang epic gilaaa!!! Ini dia 10 coban yang wajib Wovger kunjungi!

Danau Kastoba pulau bawean

Foto : Jurnalkinchan.com

Danau ini memiliki air yang sangat jernih. Disini Wovger juga bisa berenang. Tapi karena lokasinya yang ada di bukit, untuk menuju kesini Wovger harus melintasi hutan dan tebing. Tapi worth it lah.

***

Nah itu dia beberapa tempat menarik di Pulau Bawean yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur di Bawean. Kalau kamu punya referensi wisata lainnya, silakan tinggalkan di komentar ya 🙂